Sunday, December 31, 2017

PERKEMBANGAN PELAYARAN INTERNASIONAL .

PERKEMBANGAN PELAYARAN INTERNASIONAL .

SHIPPING CONFERENCE.
Shipping conference adalah perkumpulan atau asosiasi antar sesame perusahaan pelayaran samudera yang menjalani trayek pelayaran tetap dan teratur, untuk wilayah operasi tertentu untuk bekerjasama dalam menangani masalah-masalah, masalah tersebut antara lain :
-          Penetapan tariff angkutan pelayaran samudera.
-          Pembagian alokasi muatan diantara para anggota asosiasi (conference).
-          Penetapan syarat-syarat dan perjanjian pengangkutan yang dikehendaki untuk ditetapkan atau digunakan dalam trayek persyaratan

Adapun cara kerja shipping conference adalah
a.    Penyelenggaraan pool muatan dan keuangan.
b.    Membagi-bagikan trayek pelayaran.
c.    Pemberian konpensasi keuangan.
d.    Penggunaan fighting ship
Dalam hal pesaing menawarkan ongkos lebih murah, maka conference menyiapkan armada dengan tarif yang lebih murah dari pada pesaing
e.       Penerapan pemberian deferred rebate.
Yaitu potongan harga yang ditunda pembayarannya sampai pemilik barang memakai jasa angkut conference pada pelayaran berikutnya.

NON CONFERENCE LINER
Dalam beberapa tahun berjalan , non conference liner mulai mendesak conference liner yang ada, hal ini disebabkan oleh perkembangan petikemas baik dari segi ukuran, kegunaan, maupun kecanggihannya, disamping itu timbulnya beberapa pengangkutan perusahaan pelayaran yang bergerak sendiri dan juga munculnya konsorsium petikemas.

ALIANSI
Aliansi adalah kerjasama 2 perusahaan pelayaran atau lebih yang besar, baik dalam hal pengangkutan maupun dalam pemakaian fasilitas yang dimiliki masing-masing perusahaan, aliansi ini dimulai dari era petikemas, karena muatan mudah dipindahkan dari satu kapal ke kapal lain. Contoh Maersk line dan Sea land bekerjasama tahun 1991 berdasarkan VSA (Vessel Sharring Agreement) yang kemudian mengadakan aliansi pada tahun 1995. Mereka bekerjasama secara erat dan dapat mempergunakan kapal-kapal antara kedua perusahaan itu, meskipun begitu kebijakan komersialnya masing-masing sehingga mereka tetap kompetitip. Pada tahun 2000, Sea Land dibeli oleh Maersk Line tetapi tetap memakai nama Sea Land, Sea Land/Maersk line mempunyai armada 250 kapal lebih dengan daya total 600.000 teus, aliansi lain yang dikenal adalah Hapag-NOL-NYK-Evergreen-Llyod Triestino, MOL-Nedlloyd.

NON VESSEL OPERATING COMMON CARRIER (NVOCC)
Dengan makin berkembangnya penggunaan petikemas, maka boleh dianggap bahwa petikemas telah menjadi bagian kapal dan timbul usaha baru dinamakan NVOCC yaitu sebuah usaha perkapalan yang tidak mempunyai kapal, NVOCC telah merupakan sebuah usaha cargo consolidation yang muatannya dikumpulkan dalam petikemas yang sebetulnya lebih merupakan usaha freight forwarding, namun dengan cara penerimaan dan pengiriman barang dengan jadwal tetap karena menggunakan space charter kapal liner petikemas denga jadwal tetap. Space charter tersebut dinakan slot charter atau box time. Untuk mengirim petikemasnya NVOCC menggunakan ocean bill of lading dari carrier, sedangkan untuk para pelanggannya ditarik biaya dengan menggunakan house bill of lading, perbedaan antara freight dari petikemas yang dibayar kepada carrier dan freight yang ditarik pelanggannya merupakan pendapatan/ keuntungan NVOCC.

TRAMPER
Tramper adalah perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal-kapalnya tanpa jadwal yang tetap dan waktu singgah kepelabuhan yang tidak teratur jadwal pelayarannya berdasarkan permintaan dan penawaran. Kapal tramper biasanya disewa atas dasar tariff yang dirundinkan lebih dahulu dan biasanya dipakai kalau jumlah muatannya banyak dan sejenis, dalam hal sewa dan tarif perusahaan pelayaran dan pemilik barang biasanya berpedoman pada :
-          Biaya untuk menghasilkan jasa angkutan yang ditawarkan.
-          Persaingan antar sesama perusahaan pelayaran.

Freight dibayar sebelum kapal berangkat atau paling lambat pada waktu bill of lading diserahkan sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam charter party atau fixuter note. 

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...