Saturday, December 30, 2017

SEJARAH CONTAINER DI INDONESIA

SEJARAH CONTAINER DI INDONESIA
Dengan pertimbangan-pertimbangan ekonomis, keamanan dan kecepatan bongkar muat tersebut maka secara umum container diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1972 , namun belum mendapat respon oleh perusahaan pelayaran secara serius.Dan baru tahun 1975 sebuah maskapai pelayaran milik Pemerintah yaitu PT Djakarta Lloyd membeli 2 (dua) buah kapal semi container yaitu kapal KM. JATI MULIA DAN KM. JATIWAGI yang merupakan rombakan kapal kapal-kapal konvensional. Seiring kemajuan transportasi laut maka pada tahun 1981 PT Gesuri Lloyd membeli 2 (dua) buah kapal yaitu kapal GANDA GAMA dan GANDA BHAKTI, kedua kapal tersebut adalah kapal serbaguna yang dapat memuat general cargo dan dapat juga memuat container dan disebut juga kapal semi container

JENIS-JENIS CONTAINER
Sebelum mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis container , marilah terlebih  dahului membuat kesepakat bersama tentang pengertian container itu sendiri sehingga kita dapat memahami secara mendalam tentang container itu sendiri. Gambaran umum , bahwa setiap barang baik padat , cair  maupun gas memerlukan tempat, ruangan atau wadah yang dapat dipakai untuk mempermudah sistem pengangkutan sampai tujuan dengan aman, lancar dan tanpa mengalami suatu penyusutan sampai tujuan. Seacara umum pengertian container adalah tempat atau wadah yang dapat digunakan untuk memuat barang dengan aman.  Dan wadah tersebut dapat berupa: 
a.       kotak dari kardus, kayu ataupun besi
b.       Botol
c.       Drum dan lainnya.

Setelah memahami pengertian container , tentunya kita akan mengenal container lebih jauh sehingga diharapkan mampu mengenal betul keberadaan container didunia transportasi. Container keberadaannya sangat membantu di dunia transportasi, banyak hal yang menjadi pertimbangan kita untuk mengunakan container sebagai saranan, adapun keuntungan kita mengunakan container adalah sebagai berikut :

1.       kecepatan bongkar muat tinggi
2.       tidak terjadi double handling.
3.       Penggunaan tenaga kerja hemat.
4.       Bias untuk angkutan door to door dengan intermodal transportasi.
5.       Kondisi kemasan asli, tidak perlu memenuhi standar.
6.       Dapat dilakukan pengawasan dengan sistim komputer
7.       kerusakan dan kehilangan barang sangat kecil
8.       kapal sandar didermaga dapat dipersingkat, sehingga mengurangi biaya dipelabuhan
9.       birth working time atau working ratio kapal dapat di tingkatkan.
10.   Mengurangi biaya packing karena tidak membutuhkan standar packing yang khusus, dan kuat
Walaupun container sangat menguntungkan bagi kita , ternyata keberadaan container juga menimbulkan masalah dibelakangnya adapun masalah yang ada setelah diterapkan pemakaian container adalah sebagai berikut :
1.       Diperlukan organisasi yang lebih luas dalam sistem bongkar muat container
2.       Timbulnya perusahaan-perusahan besar dalam transportasi laut untuk monopoli
3.       Kapal hanya akan masuk ke pelabuhan yang memiliki sarana  bongkar muat container
4.       Dibutuhkan dana yang besar untuk membangun pelabuhan container serta sarananya
5.       Dibutuhkan SDM yang proffesional terutama skill operator
6.       Dengan tenaga kerja yang sedikit akan timbul masalah pengangguran.
7.       Perubahan organisasi serta perubahan tata kerja dalam sistim transpor dan bongkar muat.
8.       Timbul perusahan perusahaan raksasa dalam sistim transpor yang mengakibatkan minopoli.
9.       Port of call kapal petikemas terbatas hanya pada pelabuhan yang memiliki sarana untuk bongkar muat petikemas

Dengan memperhatikan keuntungan dan masalah yang timbul marilah kita mengenal secara mendalam tentang  Type dan jenis-jenis container .
1.       container ditinjau dari bahan yang digunakan dalam pembuatan dapat dibedakan menjadi :
a.       steel container
b.       alumuniun container
c.       fiberglass container
d.       plywood container
e.       dan bahan lainnya
2.       container ditinjau dari segi kegunaan atau muatan
a.       general cargo container ( closed container) adalah petikemas yang memiliki bentuk tertutup dengan sebuah pintu dibelakang untuk memasukkan/mengeluarkan muatan, serta digunakan untuk mengangkat muatan umum, petikemas yang termasuk dalam general cargo container adalah
-          General Purpose Container digunakan untuk mengangkut muatan umum.
-          Open side Container, petikemas yang bagian sampinya dapat dibuka untuk memasukan dan mengeluarkan barang yang karena ukuran atau beratnya lebih mudah dimasukkan atau dikeluarkan melalui samping petikemas.
-          Open Top Container adalah petikemas yang bagian atasnya dapat dibuka agar barang dapat dimasukkan atau dikeluarkan lewat atas. Tipe petikemas ini diperlukan untuk mengangkut barang-barang berat yang hanya dapat dimasukkan lewat atas dengan menggunakan Derek ( crane).
-          Dry Bulk Container adalah petikemas yang digunakan khusus untuk mengangkut muatan berbentuk curah kering yang tidak dikemas, dimana terdapatlubang-lubang pada bagian atas serta bawahnya sebagai jalan masuk dan keluarnya muatan.
b.       thermal cargo yang terdiri dari :
-          reffer container/Refrigerated
container ini digunakan untuk mengangkut muatan yang dibekukan atau muatan pendingin, yang dilengkapi mesin pendingin atau refrigerator), untuk barang-barang yang mudah busuk, seperti sayur, daging atau buah-buahan.
-          Heated container adalah petikemas yang dilengkapi dengan mesin pemanas agar udara didalam petikemas dapat diatur pada suhu panas yang dingin.
-          insulated container adalah petikemas yang dinding bagian dalamnya diberi isolasi agar udara dingin didalamnya tidak merembes keluar.
c.       special container adalah petikemas yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, seperti petikemas untuk muatan ternak atau muatan kendaraan.
d.       tank container adalah petikemas yang bentuknya menyerupai thanki yang terbuat dari besi baja dan digunakan untuk mengakut barang-barang curah cair. Contoh bahan kiama, gas, CPO dll.
e.       Platform Container adalah petikemas yang terdiri dari lantai dasar, petikemas ini terdiri dari
-     flat rack container adalah petikemas yang terdiri dari lantai dasar dengan dinding pada ujungnya, flat rack dapat dibagi atas fixed end type dan collapsible type, untuk memudahkan saat diangkut dalam keadaan kosong, container ini berbentuk rak terbuka disisi samping dan atas terbuka, yang biasanya digunakan untuk memuat alat-alat berat atau kendaraan berat atau alat-alat proyek atau container yang hanya terdiri dari geladak dan dinding depan belakang guna memungkinan mengangkatnya menggunakan container spreader
-     platform based container adalah petikemas yang hanya terdiri dari lantai dasar saja dan apabila diperlukan dapat dipasang sinding disebut juga artificial deck.
                container ini hanya berbentuk flat yang ukurannya standar container dan biasanya digunakan untuk barang-barang berat misalnya besi batangan , tiang pancang dsb.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...