SEJARAH CONTAINER DUNIA
Transportasi laut
didunia memegang peranan yang sangat
penting , hal ini terbukti dengan berkembangnya teknologi transportasi laut
dari generasi ke generasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan
pesatnya tehnologi yang ada memicu pertumbuhan dalam berbagai bidang, bahkan
terjadi persaingan yang sangat ketat, yang dituntut untuk memberikan pelayanan
kepada para penguna jasa secara profesional, sehingga barang yang dikirim
sampai ke tujuan dengan keadaan aman, tepat waktu dan murah. Dengan berbagai
tuntutan tersebut pihak penguna jasa angkutan laut , penyedia jasa lainnya
berbenah diri demi kelancaran arus distribusi barang dan secara khusus bagai
mana cara mempermudah kegiatan bongkar muat barang. Dengan berbagai pengalaman
dan teknologi yang ada maka para penyedia jasa membuat alternatif yang effisien
dalam pelaksanaan transportasi laut , antara lain dibuatlah sistim
Containerisasi. Secara umum bahwa Container diperkenalkan pertama kali di
Amerika Serikat pada tahun 1921 oleh
sebuah perusahaan The New York Central Railway Coy yang digunakan untuk
mempermudah membawa muatan dari kota Cleveland ke Cicago dan pada saat itu
kapasitasnya hanya 3 Ton. Ternyata sistem Container tersebut dirasakan cukup
effektif dan effisien dalam kegiatan transportasi darat melalui railway. Selanjutnya
perkembangan Container terssebut diikuti oleh negara-negara Eropa dan pada
tahun 1929 perusahaan The Bristis Railway mengadopsi sistim transportasi kereta
api dengan mengunakan Container. Namun secara khusus pelaksanaan pengunaan
Container diperkenalkan pertama kali didunia transportasi angkutan laut oleh
Amerika Serikat yaitu sebuah perusahaan Marine Container yang mengangkut
peralatan perang pada saat dunia perang ke II yang ukurannya lebih kecil dari
ukuran sekarang dan kegiatan bongkar muat masih dilakukan secara konvensional. Setelah
berakhirnya perang dunia ke II, maka timbullah gagasan untuk pengunaaan
container secara komersial untuk mengurangi biaya-biaya yang timbul dalam
sistem pengangkutan yang ada baik segi effisien tempat, waktu, keamanan dan
biaya serta kecepatan bongkar muat. Dengan berbagai pertimbangan tersebut maka
Amerika Serikat dan Inggris mensponsori riset yang lebih serius tentang
container, dengan kajian yang matang dan cermat maka pada tahun 1956 diputuskan
pertama kali untuk menggunakan kapal sebagai sarana transportasi untuk
mengangkut container. Dengan modal 2 (dua) kapal yaitu kapal IDEAL X dan ALMENA
yang sebelumnya merupakan kapal Tanker murni , dimodifikasi dek atasnya
digunakan untuk memuat trailer-trailer yang mengangkut container. Dan secara
khusus pengunaan kapal full container diperkenalkan pertama kali pada tahun
1957, yaitu modifikasi sebuah kapal GATEWAY CITY yang merupakan kapal
konvesional atau Kapal memuat general cargo menjadi Kapal full container dengan
kapasitas 230 container. Dan kapal Gateway City tersebut setelah bekerja selama
20 tahun kapal di besi tuakan. Pada tahun 1957 perusahaan Pan Atlantic SteamshipCompany memperkenalkan
Sea Land Service Inc, dimana kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan crane yang
dapat membongkar/muat container dari atas kapal, kemudian diawal tahun 1959
sebuah perusahaan jasa transportasi laut di Amerika Serikat Matsong Navigation
company, mulai melayanipengiriman petikemas dari pantai barat Amerika Serikat
ke Hawai, serta memperkenalkan sistim pengangkutan on deck ( diatas palka
kapal) dan penggunaan peralatan khusus bagi penangganan barang-barang yang
dicontainerkan.
No comments:
Post a Comment