Saturday, December 30, 2017

SEJARAH CONTAINER DUNIA

SEJARAH CONTAINER DUNIA

Transportasi laut didunia  memegang peranan yang sangat penting , hal ini terbukti dengan berkembangnya teknologi transportasi laut dari generasi ke generasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan pesatnya tehnologi yang ada memicu pertumbuhan dalam berbagai bidang, bahkan terjadi persaingan yang sangat ketat, yang dituntut untuk memberikan pelayanan kepada para penguna jasa secara profesional, sehingga barang yang dikirim sampai ke tujuan dengan keadaan aman, tepat waktu dan murah. Dengan berbagai tuntutan tersebut pihak penguna jasa angkutan laut , penyedia jasa lainnya berbenah diri demi kelancaran arus distribusi barang dan secara khusus bagai mana cara mempermudah kegiatan bongkar muat barang. Dengan berbagai pengalaman dan teknologi yang ada maka para penyedia jasa membuat alternatif yang effisien dalam pelaksanaan transportasi laut , antara lain dibuatlah sistim Containerisasi. Secara umum bahwa Container diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1921  oleh sebuah perusahaan The New York Central Railway Coy yang digunakan untuk mempermudah membawa muatan dari kota Cleveland ke Cicago dan pada saat itu kapasitasnya hanya 3 Ton. Ternyata sistem Container tersebut dirasakan cukup effektif dan effisien dalam kegiatan transportasi darat melalui railway. Selanjutnya perkembangan Container terssebut diikuti oleh negara-negara Eropa dan pada tahun 1929 perusahaan The Bristis Railway mengadopsi sistim transportasi kereta api dengan mengunakan Container. Namun secara khusus pelaksanaan pengunaan Container diperkenalkan pertama kali didunia transportasi angkutan laut oleh Amerika Serikat yaitu sebuah perusahaan Marine Container yang mengangkut peralatan perang pada saat dunia perang ke II yang ukurannya lebih kecil dari ukuran sekarang dan kegiatan bongkar muat masih dilakukan secara konvensional. Setelah berakhirnya perang dunia ke II, maka timbullah gagasan untuk pengunaaan container secara komersial untuk mengurangi biaya-biaya yang timbul dalam sistem pengangkutan yang ada baik segi effisien tempat, waktu, keamanan dan biaya serta kecepatan bongkar muat. Dengan berbagai pertimbangan tersebut maka Amerika Serikat dan Inggris mensponsori riset yang lebih serius tentang container, dengan kajian yang matang dan cermat maka pada tahun 1956 diputuskan pertama kali untuk menggunakan kapal sebagai sarana transportasi untuk mengangkut container. Dengan modal 2 (dua) kapal yaitu kapal IDEAL X dan ALMENA yang sebelumnya merupakan kapal Tanker murni , dimodifikasi dek atasnya digunakan untuk memuat trailer-trailer yang mengangkut container. Dan secara khusus pengunaan kapal full container diperkenalkan pertama kali pada tahun 1957, yaitu modifikasi sebuah kapal GATEWAY CITY yang merupakan kapal konvesional atau Kapal memuat general cargo menjadi Kapal full container dengan kapasitas 230 container. Dan kapal Gateway City tersebut setelah bekerja selama 20 tahun kapal di besi tuakan. Pada tahun 1957 perusahaan  Pan Atlantic SteamshipCompany memperkenalkan Sea Land Service Inc, dimana kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan crane yang dapat membongkar/muat container dari atas kapal, kemudian diawal tahun 1959 sebuah perusahaan jasa transportasi laut di Amerika Serikat Matsong Navigation company, mulai melayanipengiriman petikemas dari pantai barat Amerika Serikat ke Hawai, serta memperkenalkan sistim pengangkutan on deck ( diatas palka kapal) dan penggunaan peralatan khusus bagi penangganan barang-barang yang dicontainerkan. 

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...