Thursday, January 4, 2018

DOKUMEN DOKUMEN MUATAN

DOKUMEN DOKUMEN MUATAN
1.       Shipping order adalah surat perintah yang dikeluarkan oleh perusahaan pelayaran atau agen yang ditujukan kepada nahkoda atau perwira kapal untuk memuat barang yang tertera pada shipping order tersebut.
2.       Cargo Manifest adalah daftar perincian semua partai barang / muatan yang berada diatas kapal atau kumpulan daftar B/L di dalam cargo manifest tercantum :
a.       Nomor B/L
b.       Merek dan jenis barang beserta jumlahnya
c.       Nama pengirim (shipper)
d.       Nama penerima (consignee)
3.       Bill of lading
Setiap penerima barang (consignee) barang yang diangku diatas kapal yang tiba dipelabuhan harus membuktikan kepemilikannya dengan B/L yang dikeluarkan oleh pengusaha kapal atau agennya yang mengangkut barang bersangkutan di pelabuhan pemuatan.
Fungsi B/L
a.       Sebagai tanda terima yang sah barang diatas kapal dan dipelabuhan pemuatan
b.       Sebagai tanda perjanjian pengangkutan antara pengirim dan pengangkut (carrier), sebagai sarat yang tercantumdalam B/L tersebut, lazimnya ditandatangani oleh semua pihak yang membuat perjanjian, tetapi B/L hanya ditandatangani oleh pihak penggangkut.
c.       Sebagai tanda bukti pemilik barang (ownership)
2.       Mate Receipt (resi mualim) yaitu surat tanda terima sementara diatas kapal oleh perwira kapal, dengan mate ini pengirim barang ditukar dengan barang yang diterima secara sah, yaitu berupa B/L dari perusahaan pelayaran.
3.       Delivery Order (D/O)
Setiap penerima barang yang diangkut oleh kapal yang tiba di pelabuhan dapat menerima barangnya setelah terlebih dahulu memperoleh delivery order (D/O) dari perusahaan pelayaran pemilik kapal yang mengangkut barang tersebut atau agen di pelabuhan tujuan, delivery order (D/O) dapat diperoleh dengan cara menukarkan B/L ke perusahaan pelayaran atau agen pengangkutan kapal.
Dokumen dokumen khusus yang berkaitan dengan pembongkaran muatan kapal yaitu
1.       Cargo manifest adalah daftar muatan yang diangkut diatas kapal
2.       Daftar muatan khusus ( special cargo list)
3.       Bill of lading adalah suatu dokumen dimana perusahaan pelayaran atau kapal menyatakan bahwa ia telah menerima barang-barang yang tercantum dalam B/L dan kemudian diangkut ke suatu pelabuhan yang telah ditentukan.
4.       Daftar muatan palka (Hatch list)
5.       Daftar barang barang berbahaya ( Dangerous cargo list)
6.       Daftar bongkar muat kapal (ships cargo discharging List)

7.       Stowage plan adalah gambaran irisan memanjang sebuah kapal, dimana tercantum penempatan setiap muatan dengan data-datanya bagi setiap pelabuhan tujuan.maksud dari pemuatan stowage plan adalah untuk memudahkan stevedore dipelabuhan tujuan dam membuat rencana kerja agar pembongkaran muatan dilakukan dengan cepat 

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...