Thursday, January 4, 2018

Stowage factor

Stowage factor
Stowage factor gunanya untuk mengetahui seberapa banyak space yang akan ditempati oleh satu ton muatan. Stowage factor dikalkulasikan, disusun, dan terutama di gunakan oleh ship’s cargo officer’s. Tujuannya adalah untuk menghitung seberapa banyak space yang akan ditempati oleh setiap ton komoditi tertentu di tempat penimbunannya di dalam kapal.
Selain digunakan di kapal, stowage factor juga digunakan di lapangan penumpukan. Untuk mengalkulasi satu jenis muatan yang akan ditumpuk dalam area penumpukan adalah hal yang mudah, namun dalam perdagangan general cargo tidak dapat dihindari akan berhadapan dengan muatan-muatan yang sangat beragam “mix cargo”. Untuk menghitung holding capacity, terlebih dahulu harus diketahui stowage factor untuk barang campuran.
Cara mengalkulasi rata-rata stowage factor adalah dengan menjumlahkan semua stowage factor dari semua tipe muatan yang di tangani dan membagi total dengan jumlah tipe, yaitu dengan mengalkulasi rata-rata semua factor tersebut secara aritmatika.
Contoh:
Untuk barang campuran yang sama (dalam berat) dari bales (stowage factor 2.8 m3/t), bags (1.7), dan cartons (3,3), rata-rata stowage factor adalah 7,8 dibagi 3, yaitu 2,6. dalam praktik tentu saja proporsi tipe muatan yang berbeda sama sekali tidak mungkin menjadi sama.
Untukmendapatkan rata-rata setiap factor mix cargo, kita harus memberikan bobot setiap stowage factor dalam kaitannya dengan perbandingan jumlah tonase muatan di dalam area penumpukan. Langkah yang harus diikuti adalah sebagai berikut:
1.       Kalikan stowage factor masing-masing tipe muatan dengan perkiraan Persentase dari jumlah tonase di dalam stowage (usahakan agar presentase-presentase tersbut adalah 100%);
2.       Jumlahkan nilai-nilai pembobotan;
3.       Bagilah totalnya dengan 100 untuk mendapatkan rata-rata stowage factor.

Kelihatannaya lebih sulit dari sesungguhnya. Agar lebih jelas bagi anda, maka perhatikan contohberikut ini: Kalkulasikan rata-rata stowage factor untuk muatan-muatan berikut berdasarkan perbandingan tonase di shed/gudang sebagaimana telah ditentukan.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...