Thursday, January 4, 2018

RECEIVING AND DELIVERY OPERATION

RECEIVING AND DELIVERY OPERATION
Pengertian Receiving adalah Kegiatan penerimaan barang digudang atau disisi dermaga dari luar pelabuhan, sedangkan Delivery adalah kegiatan pengiriman barang dari gudang/lapangan/ dari kapal disisi dermaga dibawa keluar pelabuhan untuk dikirim ke penerima barang, dan Kegiatan receiving dan delivery adalah rangkaian atau aktivitas terakhir dalam operasi dermaga (berth operation) dan merupkan mata rantai yang penting antara pelabuhan dan importer serta ekportir di daerah belakang (hinterland). Dari empat kegiatan yang ada dalam aktivitas di dermaga, kegiatan ini merupakan yang paling sulit dikendalikan, karena keberhasilan operasi tidak semata-mata tergantung pada pihak Terminal Operator sendiri, namun ada pihak lain yang terkait seperti transportasi operator, freight forwarding, Port Otority, Bea dan Cukai, Karantina, instansi terkait lainnya  dan pihak keamanan yang ada di pelabuhan. Sedang diluar pelabuhan akses jalan (jalan raya, kereta api dan angkutan sungai pedalaman ) dan keamanan sangat dominan dalam kelancaran pelaksanaan receiving dan Delivery. Di Negara maju keberhasilan receiving/delivery sangat dipengaruhi atau ditopang oleh keberhasilan sistim transportasi antara lain :
1.       Roadways transportation system ( angkutan jalan raya)
2.       Railways Transportation ( angkutan kereta api)
3.       Inland Waterways Transportation ( angkutan sungai pedalaman)

OPERASI LANGSUNG
Muatan operasi langsung adalah penyerahan dan penerimaan barang berlangsung di sisi dermaga. Adapun aktivitas-aktivitas dalam operasi langsung adalah sebagai berikut :
1)       Kendaraan datang disisi dermaga atau sisi kapal.
2)       Muatan dari kapal dimuat di tuck atau dan muatan dari truck  dimuatkan ke kapal.
3)       Truck yang sudah kosong keluar  dari sisi kapal atau dermaga ke luar pelabuhan.

OPERASI TIDAK LANGSUNG
Muatan rute tidak langsung adalah operasi penyerahan atau peneriman barang berlangsung di sisi darat pintu gudang atau lapangan penumpukan. Adapun aktivitas kegiatan tidak langsung meliputi :
1)       Penempatan kendaraan angkutan darat di jalur pemuatan di gudang transit atau di tempat penyerahan dilapangan penumpukan.
2)       Pemindahan muatan antara kendaraan dan penumpukan atau sebaliknya dari penumpukan ke kendaraan.
3)       Penyelesaian prosedur dokumen, kemudian kendaraan meninggalkan tempat penumpukan.
Untuk meningkatkan kinerja operasi receiving atau dilevery, langkah-langkah yang diambil oleh menejemen operasi adalah
1)       Aturlah seefektif mungkin kedatangan dan keberangkatan alat angkut di pelabuhan.
2)       Awasi dengan ketat gerakan alat angkut tersebut saat berada di pelabuhan, terutama ked an dari area B/M dan tempat penyerahan di dermaga.
3)       Koordinasikan secara seksama semua prosedur dan penyelesaian administrasi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan operasi.

4)       Alokasikan buruh dan peralatan dengan pasti sesuai kebutuhan tempat penyerahan dan penerimaan barang.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...