ISTILAH - ISTILAH BANGUNAN KAPAL
Accomodation Ladder adalah tangga yang digantungkan di sisi kapal guna keperluan naik/turun, ke
dan dari kapal
After Perpendicular adalah garis tegak lurus pada garis dasar, memotong tepi frame paling
belakang pada akhir garis air
Afterpeak Bulkhead adalah
sekat kedap air (water tight) yang berada di buritan kapal
Air Escape Hole adalah
lubang pada tangki tempat udara yang tertekan dapat keluar; lubang yang dipahat
di atas lantai atau pada tangki-tangki, untuk mencegah kunci angin pada
pemasukan/pemuatan barang cair
Airpot adalah
jendela berbentuk lingkaran dari kaca, pada lambung atau deck house, untuk
penerangan atau pertukaran udara
Amidship adalah
sekitar bagian tengah panjang kapal
Aperture adalah
ruangan yang disediakan bagi baling-baling
Ballast Tank adalah
ruangan/tangki kedap air untuk tempat air balast (air pemberat, kalau kapal
berlayar kosong tanpa muatan). Catatan: ballast tank dapat dan boleh diisi
muatan cair atau padat
Beam adalah
suatu bagian mendatar yang melintang dan menyangga suatu geladak atau dataran.
Juga: lebar kapal yang paling besar
Beam Bracket adalah
plat besi segitiga, dilas atau dikeling pada ujung plat luar dan balok geladak
Bilge Pump adalah
pompa untuk membuang air dari bilge bawah ruang kapal
Bilge Water
adalah air yang terkumpul di dasar kapal, karena kebocoran, keringat, dll
Boat Deck adalah
geladak tempat menyimpan sekoci-sekoci
Bridge Deck adalah
geladak yang dibangun di anjungan
Bunker Tank adalah
ruangan yang dipergunakan sebagai tempat menyimpan batu bara atau minyak bahan
bakar kapal
Capstan adalah alat yang
berputar dengan poros tegak, dipergunakan untuk menggulung tali penambat kapal
Cargo Batten adalah papan
tebal, dipasang pada dinding dalam kapal, untuk memisahkan muatan dari badan
kapal supaya jangan timbul keringat yang dapat merusak muatan
Cargo Boom adalah
batang pemuat, dipergunakan untuk menaikkan dan menurunkan sling/ muatan
Cargo Hatch adalah
lubang besar geladak, untuk memungkinkan muatan keluar masuk ruang muatan pada
pembongkaran/pemuatan
Cargo Port adalah
lubang di lambung kapal guna memuat atau membongkar muatan
Casing adalah sekat
melintang kapal, untuk memisahkan bagian kapal seperti kamar mesin atau kamar
ketel; juga untuk memisahkan sebagaian dari permesinan kapal seperti bagian
silinder mesin
Cleat adalah alat
dengan dua lengan atau tanduk, untuk mengangkat tali. Jepitan pada frame kapal
untuk memasang papan pemisah muatan (lihat cargo batten)
Coaming adalah batas
tegak daripada palka (Hatch Coaming) atau jendela
Collision Bulkhead adalah sekat kedap air pada haluan kapal; gunanya kalau kapal tubrukan,
airnya masuk di ruangan itu dan tidak lantas masuk keruangan kapal
Compartment adalah
pembagian ruangan-ruangan atau kamar-kamar kapal
Deck Bulkhead adalah
geladak menerus bagian atas, dimana semua sekat kedap air yang melintang
menyangganya. Geladak ini harus kedap air untuk mencegah agar ruangan yang
terbuka terhadap laut tidak membanjiri ruangan di sampingnya. Freeboard Deck
Deck Shelter adalah
geladak utama yang lengkap, terletak di atas geladak freeboard. Ruangan yang
berada di bawah geladak shelter dapat digunakan untuk tempat muatan, walaupun
ruangan itu tidak dimasukkan ke dalam perhitungann tonase kapal, karena shelter
deck secara teoritis tidak kedap air (dalam praktek kalau shelterdeck ditutup
seperlunya, ruangan yang bersangkutaan diperhitungkan dalam tonase kapal).
Karena Shelter deck merupakan geladak terus yang paling atas, biasanya
merupakan geladak yang terkuat
Deck, Freeboard adalah A. geladak yang diambil sebagai dasar untuk mengukur lambung timbul
kapal.
B. geladak kedap air: juga disebut geladak sekatan
(Bulkhead Deck).
Deck, Main adalah
geladak utama atau geladak freeboard
Double Bottom adalah
ruangan-ruangan pada dasar kapal antara dasar luar dengan dasar dalam;
dipergunakan sebagai tangki balast, minyak, air tawar
Draft / Draught adalah kedalaman (depth); jarak dari lunas sampai garis air; titik terbawah
kapal di bawah permukaan air bila kapal terapung
Draft Marks adalah
nomor-nomor atau angka-angka yang dicat pada bagian luar kapal yang menunjukkan
kedalaman draft kapal bila angka tertentu berada pada garis air
Dry Dock adalah galangan,
tempat untuk menaruh kapal dalam keadaan luar bebas dari air, waktu dibangun
atau direparasi. Ada tiga jenisnya:
§ Graving
Dock = lubang yang digali dengan terusan dengan sebuah pintu untuk menahan air
setelah air di pompa ke luar dari lubang
§ Floating
Dock = bangunan yang berongga yang dibenamkan ke dalam air untuk menampung
kapal, setelah air dipompa ke luar. Dock beserta kapal didalamnya mengapung
§ Marine
Railway = suatu penyangga dimana kapal yang berada di atasnya ditarik keluar
air melalui sepasang rel, ke atas daratan (untuk direparasi, dll)
Escape Trunk adalah
bumbung tegak lurus, biasanya terletak di ujung gang, untuk memungkinkan awak
kapal atau siapapun yang terjebak dalam gang dapat meloloskan diri melalui
bumbung itu
Expansion Trunk adalah
bagian atas tangker, dipergunakan untuk memberi kesempatan minyak memuai bila
suhu naik dan kontraksi kalau dingin, tanpa adanya permukaan bebas (yang dapat
membebaskan stabilitas kapal)
Fore aand Aft adalah
segaris dengan panjangnya kapal; membujur kapal
Fore Peak adalah
tangki atau ruangan sempit di haluan kapal bagian bawah, di muka collision
bulkhead. Kadang-kadang digunakan sebagai tempat muatan cair
Galley adalah
kamar masak atau dapur kapal
Hatcth Beam adalah
balok yang diangkat, untuk menyangga tutup palka (pada kapal-kapal modern tutup
palka diperbuat dari logam yang menutup/ membukanya dilakukan secara otomatis)
Hogging adalah
tegangan kapal yang dapat mengakibatkan haluan dan buritan kapal lebih rendah
dari pada bagian tengahnya
Hold adalah
(a). ruangan-ruangan dibawah geladak yang disediakan untuk tempat muatan
(b). tempat muatan yang paling bawah
Length Over-all adalah panjang diukur dari ujung paling depan sampai ujung paling belakang
Overboard adalah
keluar, melalui pinggir kapal ke dalam air laut (seruan "Man Over Board)
berarti: ada orang yang tercebur ke laut
Sagging adalah perubahan
bentuk kapal akibat pembagian berat di bagian depan dan belakang yang lebih
besar
Scantlings adalah
ukuran frame, girder, plat-plat dan lain-lain bagian yang terdapat pada kapal.
Bagi kapal-kapal dagang ukuran itu ditetapkan oleh peraturan klasifikasi
Scuttle adalah lubang
kecil, biasanya bulat dan pada umumnya terdapat di geladak, sebagai
jalan/lubang untuk keluarnya air laut kembali ke luar
Skeg adalah perkakas
serupa siriip ikan pada dasar kapal
No comments:
Post a Comment