Thursday, January 4, 2018

ISTILAH - ISTILAH BANGUNAN KAPAL

ISTILAH - ISTILAH BANGUNAN KAPAL

Accomodation Ladder adalah tangga yang digantungkan di sisi kapal guna keperluan naik/turun, ke dan dari kapal
After Perpendicular adalah garis tegak lurus pada garis dasar, memotong tepi frame paling belakang pada akhir garis air
Afterpeak Bulkhead adalah sekat kedap air (water tight) yang berada di buritan kapal
Air Escape Hole adalah lubang pada tangki tempat udara yang tertekan dapat keluar; lubang yang dipahat di atas lantai atau pada tangki-tangki, untuk mencegah kunci angin pada pemasukan/pemuatan barang cair
Airpot adalah jendela berbentuk lingkaran dari kaca, pada lambung atau deck house, untuk penerangan atau pertukaran udara
Amidship adalah sekitar bagian tengah panjang kapal
Aperture adalah ruangan yang disediakan bagi baling-baling
Ballast Tank adalah ruangan/tangki kedap air untuk tempat air balast (air pemberat, kalau kapal berlayar kosong tanpa muatan). Catatan: ballast tank dapat dan boleh diisi muatan cair atau padat
Beam adalah suatu bagian mendatar yang melintang dan menyangga suatu geladak atau dataran. Juga: lebar kapal yang paling besar
Beam Bracket adalah plat besi segitiga, dilas atau dikeling pada ujung plat luar dan balok geladak
Bilge Pump adalah pompa untuk membuang air dari bilge bawah ruang kapal
Bilge Water adalah air yang terkumpul di dasar kapal, karena kebocoran, keringat, dll
Boat Deck adalah geladak tempat menyimpan sekoci-sekoci
Bridge Deck adalah geladak yang dibangun di anjungan
Bunker Tank adalah ruangan yang dipergunakan sebagai tempat menyimpan batu bara atau minyak bahan bakar kapal
Capstan adalah alat yang berputar dengan poros tegak, dipergunakan untuk menggulung tali penambat kapal
Cargo Batten adalah papan tebal, dipasang pada dinding dalam kapal, untuk memisahkan muatan dari badan kapal supaya jangan timbul keringat yang dapat merusak muatan
Cargo Boom adalah batang pemuat, dipergunakan untuk menaikkan dan menurunkan sling/ muatan
Cargo Hatch adalah lubang besar geladak, untuk memungkinkan muatan keluar masuk ruang muatan pada pembongkaran/pemuatan
Cargo Port adalah lubang di lambung kapal guna memuat atau membongkar muatan
Casing adalah sekat melintang kapal, untuk memisahkan bagian kapal seperti kamar mesin atau kamar ketel; juga untuk memisahkan sebagaian dari permesinan kapal seperti bagian silinder mesin
Cleat adalah alat dengan dua lengan atau tanduk, untuk mengangkat tali. Jepitan pada frame kapal untuk memasang papan pemisah muatan (lihat cargo batten)
Coaming adalah batas tegak daripada palka (Hatch Coaming) atau jendela
Collision Bulkhead adalah sekat kedap air pada haluan kapal; gunanya kalau kapal tubrukan, airnya masuk di ruangan itu dan tidak lantas masuk keruangan kapal
Compartment adalah pembagian ruangan-ruangan atau kamar-kamar kapal
Deck Bulkhead adalah geladak menerus bagian atas, dimana semua sekat kedap air yang melintang menyangganya. Geladak ini harus kedap air untuk mencegah agar ruangan yang terbuka terhadap laut tidak membanjiri ruangan di sampingnya. Freeboard Deck
Deck Shelter adalah geladak utama yang lengkap, terletak di atas geladak freeboard. Ruangan yang berada di bawah geladak shelter dapat digunakan untuk tempat muatan, walaupun ruangan itu tidak dimasukkan ke dalam perhitungann tonase kapal, karena shelter deck secara teoritis tidak kedap air (dalam praktek kalau shelterdeck ditutup seperlunya, ruangan yang bersangkutaan diperhitungkan dalam tonase kapal). Karena Shelter deck merupakan geladak terus yang paling atas, biasanya merupakan geladak yang terkuat
Deck, Freeboard adalah A. geladak yang diambil sebagai dasar untuk mengukur lambung timbul kapal.
B. geladak kedap air: juga disebut geladak sekatan (Bulkhead Deck).
Deck, Main adalah geladak utama atau geladak freeboard
Double Bottom adalah ruangan-ruangan pada dasar kapal antara dasar luar dengan dasar dalam; dipergunakan sebagai tangki balast, minyak, air tawar
Draft / Draught adalah kedalaman (depth); jarak dari lunas sampai garis air; titik terbawah kapal di bawah permukaan air bila kapal terapung
Draft Marks adalah nomor-nomor atau angka-angka yang dicat pada bagian luar kapal yang menunjukkan kedalaman draft kapal bila angka tertentu berada pada garis air
Dry Dock adalah galangan, tempat untuk menaruh kapal dalam keadaan luar bebas dari air, waktu dibangun atau direparasi. Ada tiga jenisnya:
§  Graving Dock = lubang yang digali dengan terusan dengan sebuah pintu untuk menahan air setelah air di pompa ke luar dari lubang
§  Floating Dock = bangunan yang berongga yang dibenamkan ke dalam air untuk menampung kapal, setelah air dipompa ke luar. Dock beserta kapal didalamnya mengapung
§  Marine Railway = suatu penyangga dimana kapal yang berada di atasnya ditarik keluar air melalui sepasang rel, ke atas daratan (untuk direparasi, dll)
Escape Trunk adalah bumbung tegak lurus, biasanya terletak di ujung gang, untuk memungkinkan awak kapal atau siapapun yang terjebak dalam gang dapat meloloskan diri melalui bumbung itu
Expansion Trunk adalah bagian atas tangker, dipergunakan untuk memberi kesempatan minyak memuai bila suhu naik dan kontraksi kalau dingin, tanpa adanya permukaan bebas (yang dapat membebaskan stabilitas kapal)
Fore aand Aft adalah segaris dengan panjangnya kapal; membujur kapal
Fore Peak adalah tangki atau ruangan sempit di haluan kapal bagian bawah, di muka collision bulkhead. Kadang-kadang digunakan sebagai tempat muatan cair
Galley adalah kamar masak atau dapur kapal
Hatcth Beam adalah balok yang diangkat, untuk menyangga tutup palka (pada kapal-kapal modern tutup palka diperbuat dari logam yang menutup/ membukanya dilakukan secara otomatis)
Hogging adalah tegangan kapal yang dapat mengakibatkan haluan dan buritan kapal lebih rendah dari pada bagian tengahnya
Hold adalah (a). ruangan-ruangan dibawah geladak yang disediakan untuk tempat muatan
(b). tempat muatan yang paling bawah
Length Over-all adalah panjang diukur dari ujung paling depan sampai ujung paling belakang
Overboard adalah keluar, melalui pinggir kapal ke dalam air laut (seruan "Man Over Board) berarti: ada orang yang tercebur ke laut
Sagging adalah perubahan bentuk kapal akibat pembagian berat di bagian depan dan belakang yang lebih besar
Scantlings adalah ukuran frame, girder, plat-plat dan lain-lain bagian yang terdapat pada kapal. Bagi kapal-kapal dagang ukuran itu ditetapkan oleh peraturan klasifikasi
Scuttle adalah lubang kecil, biasanya bulat dan pada umumnya terdapat di geladak, sebagai jalan/lubang untuk keluarnya air laut kembali ke luar
Skeg adalah perkakas serupa siriip ikan pada dasar kapal

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...