Thursday, January 4, 2018

ISTILAH NAVIGASI-2

Buoy Moorings adalah buoy atau pelampung yang dipakai untuk mengikat kapal sehingga buoy tersebut harus terikat dengan kuat di dasar laut dengan menggunakan rantai dan pemberat seperti beton yang tenggelam atau jangkar. Biasanya panjang rantai yang dipakai adalah 3 kali kedalaman air sehingga memungkinkan bouy tersebut bergerak bebas sesuai gerakan yang mempengaruhinya, karena hal itulah posisi sebuah buoy dikatakan "POSITION APPROXIMATE", dan setelah beberapa tahun Chain Buoy harus segera diganti
Buoyant Beacon adalah sebuah rambu yang mengapung dengan pemberat berada di dasar laut yang dihubungkan dengan pipa-pipa, dilengkapi dengan BOUYANT CHAMBER. Walaupun cuaca buruk atau adanya arus kuat beacon seperti ini bisa tetap tegak karena diatur gerakannya oleh "Buoyant Chamber"
Byliggen adalah cara melayarkan kapal dengan pelan dan arah angin/ombak membentuk sudut antara 3 - 4 surat dimuka arah melintang
Catalogue of Chart and Publication adalah buku yang berisi tentang nomor-nomor peta di daerah tertentu mulai dari skala besar dan skala kecil, yang diperlukan ketika akan membuat rencana pelayaran (Passage Planning) dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain; serta berisi informasi yang lain yang berguna dalam pelayaran
Communication Breakdown adalah kelemahan dalam berkomunikasi baik internal maupun eksternal karena kemampuan bahasa atau pengetahuan tentang prosedur yang kurang
Crisis Management adalah senior level strategy (siasat yang lebih tinggi) dalam mengatasi situasi emergency yang sudah tidak dapat diatasi lagi, dimana dalam mengatasinya dibutuhkan waktu yang lama
Chronometer adalah suatu alat/jam yang peka untuk menunjukkan jam greenwich dan digunakan sebagai penunjuk waktu yang teliti diatas kapal, juga merupakan unsur pokok dalam perhitungan penentuan tempat kedudukan kapal dengan benda benda angkasa.
Cuaca Buruk adalah keadaan laut yang buruk, yang disebabkan oleh angin, ombak dan lain-lain
Datum adalah posisi paling mendekati dari target yang akan diselamatkan yang telah diperhitungkan kemungkinan adanya drift (hanyut)
Deep Water Route adalah rpute yang dibuat dengan batas-batas tertentu, yang telah disurvey dengan teliti terhadap kedalaman dan bahaya rintangan pelayaran yang tertera di peta laut
Deklinasi (zawal) adalah sebagian busur lingkaran deklinasi, dihitung dari katulistiwa angkasa kearah utara atau selatan hingga benda angkasa tersebut
Delayed Action Situation adalah situasi keadaan darurat yaitu adanya orang jatuh ke laut, dimana kejadian tersebut dilaporkan oleh saksi mata yang melihatnya, ke anjungan beberapa waktu setelah orang tersebut jatuh sehingga tindakan menolongnya tidak segera dilaksanakan
Derajah adalah lingkaran-lingkaran besar yang melaui kutub utara dan kutub selatan
Derajah Nol adalah derajah pertama, lingakaran bujur yang melalui kota Greenwich
Deviasi adalah sudut penyimpangan yang dibentuk oleh Utara Magnet dan Utara pedoman. Cara menentukan deviasi pedoman di kapal yaitu dengan membandingkan arah penunjukan pedoman di kapal dengan penunjukan sejati. Hp – Hs = salah tunjuk, atau salah tunjuk = V + D
Deviasi Positip adalah apabila arah utara pedoman (Up) berada disebelah timur/kanan dari arah utara magnetis (Um).
Deviasi negatip adalah apabila arah utara pedoman (Up) berada disebelah barat/kiri darai arah Utara magnetis (Um)
Diamater Akhir adalah diameter dari lingkaran putar setelah kapal berputar dengan lingkaran putar yang bertitik tepat.
Diameter Taktis adalah jarak yang dihitung dari haluan semula sampai garis yang melalui sebuah titik yang berada 1800 dari haluan semula.
Distant Tables adalah buku yang berisi mengenai jarak antara pelabuhan-pelabuhan
Distraction adalah kebingungan atau kelabilan berfikir dan bertindak karena keletihan (Fatigue), bekerja terlalu berat, keadaan darurat atau sering karena kurang perhatian atau peduli terhadap keadaan lingkungan
Duduk Pengukur Waktu adalah selisih waktu antara ppw dan GMT atau selisih waktu yang harus dijabarkan pada ppw untuk mendapat GMT.
Electronic Chart adalah suatu potret elextronic pada layar yang kelihatan seperti peta diatas kertas.
Emergency Ahead adalah dengan speed full astern, mesin stop kemudian maju penuh sampai kapal berhenti dan akan bergerak maju.
Emergency Astern adalah dengan mesin full ahead, stop kemudian full astern sampai kapal berhenti diair dan akan bergerak mundur.
Emergency Planning adalah rencana penanggulangan keadaan darurat yang dibuat pada insiden level yang membutuhkan respon dengan segera dan perhatian khusus agar tidak menimbulkan situasi krisis di atas kapal (situasi yang lebih tak terkendali)
Emergency Situation adalah suatu keadaab di luar keadaan normal yang terjadi di atas kapal yang mempunyai tingkat kecenderungan akan dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan dimana kapal berada
Error Compass adalah kesalahan penunjukan arah utara/ selatan pada compass terhadap utara /selatan bumi.
Flashing adalah sifat penerangan sebuah lampu pada buoy yang menyala hidup dan mati pada interval yang tetap, dimana waktu menyalanya lebih kecil dari waktu gelapnya
Garis batas tanggal internasional adalah garis yang berada pada bujur 1800 E/W dan mempunyai selisih waktu ± 12 jam terhadap GMT.
Garis batas tanggal Nautika adalah garis yang menggunakan tepat bujur1800 Timur/Barat, setiap kapal atau kapal udara yang melewati garis ini harus merubah tanggalnya satu hari jika berlayar dari bujur Timur ke bujur Barat maka hari mundur satu hari dan jika berlayar dari dari bujur Barat ke bujur Timur hari maju 1 hari.
Garis batas tanggal Sipil adalah garis yang arahnya dibelokkan jika melewati daratan, misalnya Siberia Timur sampai laut Bering memakai “tanggal Asia” kepulauan Fiji memakai “tanggal Asia” kepulauan Aleut memakai “tanggal USA”.
Garis baringan adalah garis lurus dipeta laut yang ditarik titik baringan berlawanan dengan baringan sejati
Garis Batas Tanggal Sipil adalah yaitu garis bujur 1800
Garis Tinggi adalah sebuah garis lurus dipeta yang merupakan sebagian dari lengkung tinggi, dilukis pada titik tinggi tegak lurus terhadap arah Azimuth benda angkasa.
Gelombang Berdiri (Standing Waves) adalah gelombang berjalan yang dipantulkan oleh tebing yang tinggi atau 2 buah gelombang yang saling membentur tepat berhadapan. Disebut gelombang berdiri karena poros panjang akan tegak berdiri sejajar tebing. Kecepatan arus maksimum pada kedudukan air menengah, kecepatan nol pada saat HW dan LW
Gelombang Berjalan (Progressive Waves) adalah suatu gelombang pasang yang tidaka mengalami suatu rintangan apapun di lautan lepas. Rumus  Kecepatan (V) :V = Ö g.h
      dimana  g  =  percepatan gravitasi;    h  = kedalaman air. Kecepatan arus = 0 (Nol), terjadi pada saat kedudukan air menengah, dan kecepatan maksimum terjadi pada saat High Water dan Low Water.
Geographical Range adalah jarak atau jangkauan sebuah lampu yang tergantung pada jarak tinggi mata Navigator ke cakrawala + jarak tinggi lampu ke cakrawala
GHA Benda Angkasa adalah sebagian busur dari katulistiwa angkasa dihitung dari meridian Greenwich hingga benda angkasa.
GPS (Global Positioning Systim) adalah alat sistim navigasai satelit yang berfungsi dengan baik. Sistim ini menggunakan 24 jam satelit yang mengirim sinyal gelombang makro ke bumi digunakan untuk menentukan posisi kecepatan , arah dan waktu.
GMDSS ( The Global Maritime Distress Safety System adalah kesepakatan internasional pada prosedur keamanan, jenis perlengkapan, dan protokol komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan untuk menolong bahaya kapal, boat dan pesawat.
Globe (Bola Bumi) adalah bola, yang mana letak berbagai titik pada permukaan bumi satu sama lain diberikan dalam perbandingan yang sebenarnya; sebuah bulatan yang melukisikan bumi dengan skala kecil
Greenwich Hour Angle (GHA) adalah sudut jam barat Greenwich, adalah sebagian busur katulistiwa angkasa diukur dari meridian angkasa Greenwich ke arah barat sampai meridian angkasa yang melalui benda angkasa dihitung dari 00 sampai 3600
Gyro Compass adalah pedoman yang di gunakan untuk menentukan arah di laut baik berupa haluan kapal atau baringan yang mengguna-kan prinsip pedoman gasing (gyroscope ) dan menggunakan tenaga listrik.
Gyro Error adalah kesalahan penunjukan pada system gyro terhadap arah utara/selatan bumi.
Haluan (garis pada peta) adalah garis lurus di peta yang ditarik dan direncanakan untuk di lalui kapal.
Haluan magnetis (Hm) adalah sudut antara garis lunas kapal dengan garis U-S magnetis, atau sudut yang dibentuk oleh arah utara magnetis (Hm) dengan haluan kapal (Um dan Hk)
Haluan Pedoman adalah
a.       Haluan yang ditunjukkan oleh mawar pedoman di kapal.
b.       Arah pedoman dari garis Horisontal yang terletak pada bidang lunas dan tinggi muka yang mengarah ke muka kapal.
c.       Sudut antara garis lunas dan garis utara/selatan di kapal (garis yang melalui titik utara dan titik selatan dan mawar pedoman di kapal di bawah pengaruh magnetisme bumi bersama – sama dengan magnetisme kapal)
d.       Haluan Sejati dikurangi Sembir
e.       Haluan Magnet dikurangi Deviasi
Haluan Sejati adalah haluan yang ditunjukkan oleh arah utara-selatan sejati; haluan magnetis + variasi; haluan pedoman + sembir
Haluan yang dikemudikan adalah haluan yang ada pada steering (kemudi) kompas.
Haluan yang dilayari adalah haluan yang dilalui kapal sesungguhnya.
Head Line adalah tali depan atau tali yang dipasang di haluan kapal, yang mengarah ke depan
IALA (International Association of Lighthouse Authorities) adalah suatu organisasi non-pemerintah yang anggotanya diwakili oleh masyarakat seluruh dunia yang berkecimpung dalam bidang Sarana Bantu Navigasi Pelayaran
IALA Maritime Bouyage System adalah sistem pelampungan Maritim IALA; ditetapkan 2 (dua) region yaitu region A dan region B

Ilmu Pelayaran adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengajarkan untuk melayarkan kapal dari suatu tempat ke tempat lain dengan aman, cepat, effisien dan ekonomis serta selamat sampai tujuan. Ilmu pelayaran (ilmu navigasi) dibagi menjadi 3 (macam) diantaranya: ilmu pelayaran datar, ilmu pelayaran astronomis, ilmu pelayaran elektronik

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...