Recommended Route adalah
route yang dibuat tidak memiliki batas lebarnya alur untuk kapal-kapal yang
menggunakannya. Tetapi biasanya
diberikan tanda-tanda (Bouy) di pusatnya (di tengah garis)
Rimban (Leeway) adalah sudut antara garis haluan yang dikemudikan dan garis diagonal (yang
menunjukkan laju dan penggaruh angin)
Roundabout adalah route
yang dibuat untuk membatasi secara melingkar (circular separation zone) yang
ditetapkan batas-batasnya; traffic yang dibuat secara lingkaran dengan arah
pergerakan secara counterclokwise yang mengelilingi suatu daerah
Routering System adalah suatu sistem route yang bertujuan untuk mengurangi bahaya
kecelakaan/ pelanggaran, seperti misalnya di TSS, Inshore Traffic Zone dan Deep
Water Route
Routing Instruction adalah buku yang berisi mengenai aturan-aturan lokal secara detail tentang
alur pelayaran di TSS (Traffic Separation Scheme)
Rudder Angle Indicator adalah sebuah pesawat yang menunjukan gerakan kemudi, atau sebagai tambahan
dipasang repeaternya disamping kanan dan kiri.
Safe Speed adalah
kecepatan aman; suatu kecepatan yang bilamana mengalami suatu keadaan darurat,
kapal dapat diberhentikan dengan segera dan dalam jarak yang aman
Sailing Direction adalah buku yang dipergunakan sebagai petunjuk atau informasi mengenai
route-route pelayaran, data-data pelabuhan, bahaya-bahaya, fasilitas pelabuhan,
cuaca setempat, dll
Salvage adalah pekerjaan
untuk memberikan pertolongan terhadap kapal dan atau muatannya yang mengalami
kecelakaan kapal atau dalam keadaan bahaya di perairan termasuk mengangkut
kerangka kapal atau rintangan bawah air atau benda lainnya yang tidak secara
permanent dan tidak dimaksudkan dipasang di dasar laut
Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) adalah sarana yang terbangun atau terbentuk secara alami
yang berada di luar kapal, yang berfungsi membantu Navigator dalam menentukan
posisi dan atau haluan kapal serta memberitahukan bahaya dan atau rintangan
pelayaran untuk kepentingan keselamatan berlayar
Sarat Kapal Besar adalah kapal yang menpunyai berat benaman yang besar, maka massa kapal juga
besar.
Separation Zone or Line adalah daerah atau garis dari traffic lane, dimana kapal-kapal saling
mendekati dalam arah yang berlawanan atau mendekati arah yang berlawanan; batas
traffic lane yang dirancang untuk kapal khusus yang mendekati suatu daerah
dengan arah yang sama
Sferoid (Ellipsiode) adalah bentuk bumi yang pada kutub-kutubnya agak pipih sehingga bentuk bumi
tidak bulat penuh, yang terjadi karena memutarkan sebuah ellips di sekeliling
poros pendeknya.
Ship Maneuvering Data adalah keterangan-keterangan mengenai kemampuan sebuah kapal dalam berolah
gerak (lingkaran putar, squat)
Siderial Hour Angle (SHA) adalah sudut jam barat benda angkasa; sebagian busur katulistiwa angkasa
diukur dari titik Aries ke arah barat sampai meridian yang melalui benda
angkasa, dihitung dari 00 sampai 3600.
Sinar baringan adalah sebagian busur dari lingkaran besar yang ditarik
melalui titik pusat pedoman di kapal dengan benda yang dibaring.
Sinkronisasi adalah suatu
gejala/keadaan dimana periode olengan kapal sama dengan periode ombak yang
dapat menyebabkan kapal terbalik
Skala (peta) adalah
perbandingan antara panjang suatu garis di peta dan panjang garis tersebut di
bumi
Slip adalah perbedaan
antara kecepatan baling-baling dengan kecepatan kapal yang dinyatakan dalam
prosen (%).
SONAR (SOund NAvigation Ranging) adalah suatu sistem navigasi yang memakai energi
acoustic, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder digunakan
untuk mengukur kedalaman air dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur
kecepatan kapal
Special Publication adalah
penerbitan-penerbitan yang cocok untuk suatu daerah tertentu. Contoh English
channel passage planning guide - chart 5500, Gulf of Mexico - Shipping Safety
Fairway
Spring Line adalah
tali yang dipasang di haluan dan atau buritan yang berguna untuk
menahan/menjaga kapal agar tidak bergerak ke depan atau ke belakang. Fungsinya sama dengan Head Line dan Stern Line tetapi
spring line lebih effisien
Squat adalah penambahan
sarat kapal (terutama pada bagian buritannya) ketika kapal sedang melaju di
perairan dangkal; perubahan tekanan yang timbul jika kapal bergerak dalam air
dangkal
Standart Compass adalah alat yang di gunakan untuk menetukan arah di laut baik berupa haluan
kapal/ barinan yang prinsip kerjanya tergantung dari sifat– sifat magnet dari
sebuah magnet batang dan pengaruh medan magnet bumi.
Standart compass error adalah kesalahan penunjukan pada magnetic compass terhadap utara/selatan
bumi.
Stasiun Kapal atau Stasiun Radio Kapal adalah stasiunbergerak dalam dinas bergerak pelayaran
yang ditempatkan di kapal yang tidak tertambat secara tetap, kecuali stasiun
sekooci penolong
Stern Line adalah tali
belakang atau tali yang dipasang di buritan kapal, mengarah ke belakang
Sterring Gear Test adalah dengan full speed ahead kemudian diputar dari cikar kanan kecikar
kiri atau sebaliknya.
Strainded adalah kapal
kandas, kapal tidak sengaja dikandaskan dan biasanya terjadi karena kelengahan
perwira jaga dalam melaksanakan tugasnya pada waktu bertugas di anjungan
Sudut Hanyut adalah sudut
yang dibentuk antara haluan kapal dengan garis singgung yang melalui sebuah
titik pada lintasan dimana kapal berada.
Surut adalah gerakan
turun dari air laut
Tachometer adalah
sebuah pesawat yang menunjukkan putaran mesin, maju atau mundur (RPM Indicator)
Tidal Atlas adalah buku
yang berisi tentang arus pasang surut (kecepatan dan arah arus)
Tide Tables adalah buku
yang berisi tentang daftar perkiraan pasang surut di suatu pelabuhan dan
sekitarnya pada waktu tertentu dalam setahun.
Titik baringan adalah Benda yang dibaring
Titik Bujur (B) atau Longitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jajar tinggi dengan jajar yang melalui tempat duga.
Titik Lintang (L) atau Altittude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jajar tinggi dengan meridian yang melalui tampat duga.
Titik Putar adalah titik
dimana kapal berputar, titik ini
letaknya sedikit kedepan dari titik berat kapal (G), atau berada tidak jauh
dari compass platform (kapal dengan anjungan di tengah).
Titik Tinggi (H) atau Altitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jarak tinggi dengan lingkaran besar yang melalui tempat duga dan proyeksi
bumiawi benda angkasa.
Toptal adalah alat untuk mengukur kecepatan kapal.
Topdal tangan, topdal mesin,
Topdal sal.
Track adalah
garis-garis haluan kapal
Traffic Lane adalah suatu
area dimana ditetapkan batas suatu arah lalu lintas
Traffic Separation Scheme adalah route yang dibuat untuk memisahkan alur lalu lintas yang berlawanan arah, yang ditunjukkan oleh
arah lalu lintas yang harus diikuti
Transfer adalah jarak
titik G hingga tegak lurus haluan semula, dihitung dari haluan semula, jarak ini
kira-kira 2,4 panjang kapal.
Transits = Transits Line adalah garis penuntun yang dipakai dalam melayarkan kapal, yang diambil
dari baringan benda darat dan jarak dari benda tersebut; biasanya dibuat di
peta ketika melayari suatu laur yang sempit atau dekat dengan adanya bahaya
navigasi yang lain
Transportasi Laut adalah usaha mengangkut/ memindahkan barang atau muatan atau penumpang dari
satu pelabuhan tolak ke pelabuhan tujuan dengan aman dan ekonomis
Trim adalah perbedaan
antara sarat depan dan sarat belakang, yang dikenal dengan kapal nonggak atau
nungging.
Tubrukan (Collision) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena terjadinya tubrukan
kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga, kapal dengan benda terapung lainnya
yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan
Two Way Route adalah route
yang dibuat dalam suatu bagan, dimana ditetapkan 2 (dua) arah yang berlawanan,
untuk keamanan kapal-kapal yang kesulitan bernavigasi
Under Keel Clearance adalah jarak yang aman antara lunas kapal dan dasar laut.
Unstable Situation adalah situasi krisis di atas kapal penumpang yang tidak dapat dikontrol
lagi sebagai akibat dari gagalnya penanggulangan keadaan darurat yang terjadi
di atas kapal penumpang yang dapat menimbulkan kekhawatiran atau kecemasan pada
para penumpang yang jumlahnya sangat banyak.
Utara magnet (UM) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet
bumi.
Utara Pedoman adalah (UP) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh
magnet bumi dan magnet diatas kapal. Adanya gaya magnet diatas kapal hanya
mungkin bila kapal tersebut terbuat dari besi atau logam yang dapat
dimagnetisir.
Variasi adalah sudut
penyimpangan arah utara sejati yang ditunjukkan pedoman magnet ke arah utara
magnet
Vertuien Lurus adalah
berlabuh jangkar, dengan mempergunakan 2 jangkar dimana jarak antar kedua
jangkar cukup jauh satu sama lain, dan rantai- rantainya merupakan satu garis
lurus dan sejajar dengan arah arus.
Vertuien mengangkang adalah berlabuh jangkar, dimana kedua rantai jangkar membuat sudut tertentu
dengan kapal, garis hubung kedua jangkar membuat sudut kurang lebih 900 dengan
arah angin dan arus.
Waktu Henti adalah waktu
yang dibutuhkan kapal, mulai dari saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Waktu Menengah Greenwich adalah waktu menengah setempaat pada derajat Greenwich (GMT= GHA o menengah
± 12 jam)
Waktu Menengah Setempat (LMT) adalah waktu menengah yang menjadi dasar untuk suatu tempat, jika sudut jam
barat setempat (LHA) dihitung kearah barat mulai dari derajah tempat tersebut
maka
LMT= LHA o menengah ± 12 jam
Atau LMT= GMT + Bujur Timur dalam waktu
Atau LMT= GMT – Bujur Barat dalam waktu
Waktu Tolok adalah waktu
menengah yang berlaku bagi suatu wilayah negara dan tidak selalu sama
dengan waktu mintakad (zone time), sehubungan
dengan kepentingan lalu lintas di negara yang bersangkutan.
Waktu Wintakad adalah waktu
menengah pada derajad pertengahan zone (daerah) yang bersangkutan.
No comments:
Post a Comment