Thursday, January 4, 2018

ISTILAH ILMU NAVIGASI -5

Recommended Route adalah route yang dibuat tidak memiliki batas lebarnya alur untuk kapal-kapal yang menggunakannya. Tetapi biasanya diberikan tanda-tanda (Bouy) di pusatnya (di tengah garis)
Rimban (Leeway) adalah sudut antara garis haluan yang dikemudikan dan garis diagonal (yang menunjukkan laju dan penggaruh angin)
Roundabout adalah route yang dibuat untuk membatasi secara melingkar (circular separation zone) yang ditetapkan batas-batasnya; traffic yang dibuat secara lingkaran dengan arah pergerakan secara counterclokwise yang mengelilingi suatu daerah
Routering System adalah suatu sistem route yang bertujuan untuk mengurangi bahaya kecelakaan/ pelanggaran, seperti misalnya di TSS, Inshore Traffic Zone dan Deep Water Route
Routing Instruction adalah buku yang berisi mengenai aturan-aturan lokal secara detail tentang alur pelayaran di TSS (Traffic Separation Scheme)
Rudder Angle Indicator adalah sebuah pesawat yang menunjukan gerakan kemudi, atau sebagai tambahan dipasang repeaternya disamping kanan dan kiri.
Safe Speed adalah kecepatan aman; suatu kecepatan yang bilamana mengalami suatu keadaan darurat, kapal dapat diberhentikan dengan segera dan dalam jarak yang aman
Sailing Direction adalah buku yang dipergunakan sebagai petunjuk atau informasi mengenai route-route pelayaran, data-data pelabuhan, bahaya-bahaya, fasilitas pelabuhan, cuaca setempat, dll
Salvage adalah pekerjaan untuk memberikan pertolongan terhadap kapal dan atau muatannya yang mengalami kecelakaan kapal atau dalam keadaan bahaya di perairan termasuk mengangkut kerangka kapal atau rintangan bawah air atau benda lainnya yang tidak secara permanent dan tidak dimaksudkan dipasang di dasar laut
Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) adalah sarana yang terbangun atau terbentuk secara alami yang berada di luar kapal, yang berfungsi membantu Navigator dalam menentukan posisi dan atau haluan kapal serta memberitahukan bahaya dan atau rintangan pelayaran untuk kepentingan keselamatan berlayar
Sarat Kapal Besar adalah kapal yang menpunyai berat benaman yang besar, maka massa kapal juga besar.
Separation Zone or Line adalah daerah atau garis dari traffic lane, dimana kapal-kapal saling mendekati dalam arah yang berlawanan atau mendekati arah yang berlawanan; batas traffic lane yang dirancang untuk kapal khusus yang mendekati suatu daerah dengan arah yang sama
Sferoid (Ellipsiode) adalah bentuk bumi yang pada kutub-kutubnya agak pipih sehingga bentuk bumi tidak bulat penuh, yang terjadi karena memutarkan sebuah ellips di sekeliling poros pendeknya.
Ship Maneuvering Data adalah keterangan-keterangan mengenai kemampuan sebuah kapal dalam berolah gerak (lingkaran putar, squat)
Siderial Hour Angle (SHA) adalah sudut jam barat benda angkasa; sebagian busur katulistiwa angkasa diukur dari titik Aries ke arah barat sampai meridian yang melalui benda angkasa, dihitung dari 00 sampai 3600.
Sinar baringan adalah sebagian busur dari lingkaran besar yang ditarik melalui titik pusat pedoman di kapal dengan benda yang dibaring.
Sinkronisasi adalah suatu gejala/keadaan dimana periode olengan kapal sama dengan periode ombak yang dapat menyebabkan kapal terbalik
Skala (peta) adalah perbandingan antara panjang suatu garis di peta dan panjang garis tersebut di bumi
Slip adalah perbedaan antara kecepatan baling-baling dengan kecepatan kapal yang dinyatakan dalam prosen (%).
SONAR (SOund NAvigation Ranging) adalah suatu sistem navigasi yang memakai energi acoustic, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder digunakan untuk mengukur kedalaman air dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal
Special Publication adalah penerbitan-penerbitan yang cocok untuk suatu daerah tertentu. Contoh English channel passage planning guide - chart 5500, Gulf of Mexico - Shipping Safety Fairway
Spring Line adalah tali yang dipasang di haluan dan atau buritan yang berguna untuk menahan/menjaga kapal agar tidak bergerak ke depan atau ke belakang. Fungsinya sama dengan Head Line dan Stern Line tetapi spring line lebih effisien
Squat adalah penambahan sarat kapal (terutama pada bagian buritannya) ketika kapal sedang melaju di perairan dangkal; perubahan tekanan yang timbul jika kapal bergerak dalam air dangkal
Standart Compass adalah alat yang di gunakan untuk menetukan arah di laut baik berupa haluan kapal/ barinan yang prinsip kerjanya tergantung dari sifat– sifat magnet dari sebuah magnet batang dan pengaruh medan magnet bumi.  
Standart compass error adalah kesalahan penunjukan pada magnetic compass terhadap utara/selatan bumi.
Stasiun Kapal atau Stasiun Radio Kapal adalah stasiunbergerak dalam dinas bergerak pelayaran yang ditempatkan di kapal yang tidak tertambat secara tetap, kecuali stasiun sekooci penolong
Stern Line adalah tali belakang atau tali yang dipasang di buritan kapal, mengarah ke belakang
Sterring Gear Test adalah dengan full speed ahead kemudian diputar dari cikar kanan kecikar kiri atau sebaliknya.
Strainded adalah kapal kandas, kapal tidak sengaja dikandaskan dan biasanya terjadi karena kelengahan perwira jaga dalam melaksanakan tugasnya pada waktu bertugas di anjungan
Sudut Hanyut adalah sudut yang dibentuk antara haluan kapal dengan garis singgung yang melalui sebuah titik pada lintasan dimana kapal berada.
Surut adalah gerakan turun dari air laut
Tachometer adalah sebuah pesawat yang menunjukkan putaran mesin, maju atau mundur (RPM Indicator)
Tidal Atlas adalah buku yang berisi tentang arus pasang surut (kecepatan dan arah arus)
Tide Tables adalah buku yang berisi tentang daftar perkiraan pasang surut di suatu pelabuhan dan sekitarnya pada waktu tertentu dalam setahun.
Titik baringan adalah Benda yang dibaring
Titik Bujur (B) atau Longitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jajar tinggi dengan jajar yang melalui tempat duga.
Titik Lintang (L) atau Altittude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jajar tinggi dengan meridian yang melalui tampat duga.
Titik Putar adalah titik dimana kapal berputar, titik  ini letaknya sedikit kedepan dari titik berat kapal (G), atau berada tidak jauh dari compass platform (kapal dengan anjungan di tengah).
Titik Tinggi (H) atau Altitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jarak tinggi dengan lingkaran besar yang melalui tempat duga dan proyeksi bumiawi benda angkasa.
Toptal adalah alat untuk mengukur kecepatan kapal.
      Topdal tangan, topdal mesin, Topdal sal.
Track adalah garis-garis haluan kapal
Traffic Lane adalah suatu area dimana ditetapkan batas suatu arah lalu lintas
Traffic Separation Scheme adalah route yang dibuat untuk memisahkan alur lalu lintas  yang berlawanan arah, yang ditunjukkan oleh arah lalu lintas yang harus diikuti
Transfer adalah jarak titik G hingga tegak lurus haluan semula, dihitung dari haluan semula, jarak ini kira-kira 2,4 panjang kapal.
Transits = Transits Line adalah garis penuntun yang dipakai dalam melayarkan kapal, yang diambil dari baringan benda darat dan jarak dari benda tersebut; biasanya dibuat di peta ketika melayari suatu laur yang sempit atau dekat dengan adanya bahaya navigasi yang lain
Transportasi Laut adalah usaha mengangkut/ memindahkan barang atau muatan atau penumpang dari satu pelabuhan tolak ke pelabuhan tujuan dengan aman dan ekonomis
Trim adalah perbedaan antara sarat depan dan sarat belakang, yang dikenal dengan kapal nonggak atau nungging.
Tubrukan (Collision) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena terjadinya tubrukan kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga, kapal dengan benda terapung lainnya yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan
Two Way Route adalah route yang dibuat dalam suatu bagan, dimana ditetapkan 2 (dua) arah yang berlawanan, untuk keamanan kapal-kapal yang kesulitan bernavigasi
Under Keel Clearance adalah jarak yang aman antara lunas kapal dan dasar laut.
Unstable Situation adalah situasi krisis di atas kapal penumpang yang tidak dapat dikontrol lagi sebagai akibat dari gagalnya penanggulangan keadaan darurat yang terjadi di atas kapal penumpang yang dapat menimbulkan kekhawatiran atau kecemasan pada para penumpang yang jumlahnya sangat banyak.
Utara magnet (UM) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet bumi.
Utara Pedoman adalah (UP) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet bumi dan magnet diatas kapal. Adanya gaya magnet diatas kapal hanya mungkin bila kapal tersebut terbuat dari besi atau logam yang dapat dimagnetisir.
Variasi adalah sudut penyimpangan arah utara sejati yang ditunjukkan pedoman magnet ke arah utara magnet
Vertuien Lurus adalah berlabuh jangkar, dengan mempergunakan 2 jangkar dimana jarak antar kedua jangkar cukup jauh satu sama lain, dan rantai- rantainya merupakan satu garis lurus dan sejajar dengan arah arus.
Vertuien mengangkang adalah berlabuh jangkar, dimana kedua rantai jangkar membuat sudut tertentu dengan kapal, garis hubung kedua jangkar membuat sudut kurang lebih 900 dengan arah angin dan arus. 
Waktu Henti adalah waktu yang dibutuhkan kapal, mulai dari saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Waktu Menengah Greenwich adalah waktu menengah setempaat pada derajat Greenwich (GMT= GHA o menengah ± 12 jam)
Waktu Menengah Setempat (LMT) adalah waktu menengah yang menjadi dasar untuk suatu tempat, jika sudut jam barat setempat (LHA) dihitung kearah barat mulai dari derajah tempat tersebut maka
LMT= LHA o menengah ± 12 jam
Atau LMT= GMT + Bujur Timur dalam waktu
Atau LMT= GMT – Bujur Barat dalam waktu
Waktu Tolok adalah waktu menengah yang berlaku bagi suatu wilayah negara dan tidak selalu sama dengan  waktu mintakad (zone time), sehubungan dengan kepentingan lalu lintas di negara yang bersangkutan.

Waktu Wintakad adalah waktu menengah pada derajad pertengahan zone (daerah) yang bersangkutan.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...