Master Standing Order adalah petunjuk operasi kapal beserta instruksinya dari perusahaan
didasarkan atas kebijakan navigasi perusahaan yang menjadi dasar dalam
memberikan perintah maupun control di atas kapal, dibuat dalam bentuk tertulis
oleh nahkoda tidak bertentangan dengan manajemen keselamatan kapal
Mediterranean Moor adalah suatu cara mengikat kapal di dermaga yang banyak dilakukan di daerah
mediterranean; dengan cara kapal dikepil pada buritannya ke dermaga, dan haluan
dengan dua jangkar mengangkang, tali kepil diikat secara bersilangan
Membaring adalah menentukan
arah atau sudut suatu benda daari kapal menggunakan pedoman
Menentukan GMT adalah
dengan pengukuran waktu yang hanya berjalan sampai 12 jam, penunjuk waktu GMT
pagi atau sore hari perlu dihitung dengan pertolongan tanggal dan waktu di
kapal serta bujur duga posisi kapal.
Mengemudikan Kapal adalah merubah haluan kapal atau mempertahankan haluan sesuai dengan yang
dikehendaki.
Mercator Chart adalah peta
bertumbuh; peta lintang bertumbuh; peta dimana sudut-sudut yang sama dengan
semua derajah (pada bola bumi), beralih ke sebuah bidang datar (peta), tanpa
perubahan. Peta Mercator ditemukan oleh Gerard Kremer Mercator, tahun 1569
Meridian Angkasa adalah lingkaran tegak yang melalui titik utara dan titik selatan
MERSAR (Merchant Ship Search and Rescue) adalah manual untuk pelaksanaan operasi SAR bagi
kapal-kapal niaga yang ditetapkan oleh IMO yang diberlakukan pada tanggal 8
April 1993, yang kegunaannya adalah sebagai penuntun para Nahkoda yang
terlibaat dalam operasi SAR di laut, agar supaya pelaksanaannya dapat
berlangsung secara efektif, efisien, aman dan terkendali
Mil Laut (International Nautical Mile) adalah 1' (satu menit) lingkaran besar dari bumi
berbentuk bola
Muster List adalah sijil
keadaan darurat; suatu daftar yang berisikan nama dan jabatan dari crew sebuah
kapal beserta tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan untuk mengatasi
keadaan-keadaan darurat yang mungkin akan terjadi di atas kapal
Muster Station adalah suatu
tempat di geladak terbuka (biasanya di geladak sekoci) yang dipergunakan untuk
mengumpulkan semua orang yang ada di atas kapal pada waktu terjadi keadaan
darurat
Nautical Almanak adalah buku yang berisi waktu-waktu sunrise/sunset, moonrise/moonset, nilai
GHA, SHA, deviasi benda angkasa, setiap hari dalam setahun
Navigasi (Navis= a ship; Agere= to direct) adalah seni membawa/ melayarkan kapal dari satu pelabuhan
ke pelabuhan yang lain dengan aman, ekonomis dan effisien
Navigasi adalah ilmu
tentang cara menjalankan kapal laut atau kapal terbang; tindakan menepatkan
haluan kapal; pelayaran
Navigasi Astronomi adalah suatu sistem penentuan posisi kapal melalui observasi benda angkasa
seperti maahari, bulan, bintang-bintang dan planet-planet. Instrument navigasi
yang diperlukan adalah sextant, chronometer, compass dengan perhitungan tabel-tabel
Almanak Nautika.
Navtex adalah Sistim internasional otomatis untuk pendistribusian
peringatan navigasional, ramalan cuaca, dan peringatan tanda SAR, informasi
kapal yang sama.
Non Compliance With Plan adalah menyimpang dari perencanaan misalnya haluan kapal atau ketentuan
lain, karena kurang perhatian
Notice to Marine (NTM) adalah buku yang terbit setiap minggu, yang berisi tentang koreksi-koreksi
dalam sebuah peta yang diterbitkan oleh British Admiralty; digunakan untuk
mengoreksi peta setiap minggu. Peta Indonesia diterbitkan oleh Badan
Hydrography Angkatan Laut Indonesia dan buku yang digunakan dalam koreksi peta
adalah Berita Pelaut Indonesia (BPI).
Occulting adalah sifat
penerangan sebuah lampu pada buoy dimana waktu menyalanya selalu lebih besar
dari waktu gelapnya
Pancaroba (Slack Water) adalah pergantian dari arus pasang ke arus surut dan sebaliknya.
Paralak adalah perbedaan
arah dimana sebuah benda itu terlihat dari dua titik yang berlainan
Parallel Index Method adalah metode yang di gunakan untuk mengecek dan memastikan bahwa kapal
tetap berlayar pada garis haluan, serta kapal tidak hanyut kekiri maupun
kekanan sehingga terhindar dari bahaya navigasi yang ada di sekitar; garis
lintasan yang sejajar yang dapat membantu mencek terus menerus dari pergerakan
kapal yang mengikuti suatu track/lintasan yang direncanakan
Pasang (Flood) adalah
gerakan naik dari air laut
Passage Planning adalah 1. Rencana pelayaran yang akan dilalui yang meliputi pemilihan route
dan pembuatan track/haluan kapal. 2. cara untuk memperkecil bahaya dari
timbulnya kesalahan navigasi. Dengan ketatnya jadual, pengurangan awak kapal,
trayek yang cepat maka kebutuhan dari perencanaan pelayaran menjadi hal yang
sangat penting. Sumber informasi untuk passage
planning:
-
Chart catalogue
-
Navigation chart
-
Ocean passage for the world
-
Routing chart
-
pilot chart and IMO ships Routeing
-
Sailing direction / pilot book
-
List of light
-
Tide tible and tidal stream atlases
-
Notice Of Marine (Navareas, Hydrolant,
Hidropack),
-
Radio signal information (VTS and
pilot source)
-
Load line chart
-
Electronic navigation system
information
-
Radio and local warning
-
Owners and other published sources,
Manouvering data
Passage Record Book adalah
sebuah buku yang dipakai untuk menyimpan rencana-rencana pelayaran yang telah
lalu, yang dipergunakan sebagai referensi pada passage planning berikutnya.
Pedoman gasing (Gyro-Compas)
adalah alat untu penunjuk arah yang menggunakan peralatan listrik.
Pekerjaan Bawah Air adalah
pekerjaan yang berhubungang dengan instalasi, konstruksi atau kapal, yang
dilakukan di bawah air atau pekerjaan di bawah air yang bersifat khusus
Pelaut adalah
setiap orang yang mempunyai kualifikasi keahlian atau keterampilan sebagai awak
kapal
Peta laut ( Nautical Chart)
adalah gambar peta yang merupakan alat utama untuk menyeberangkan kapal dari
satu tempat ke tempat lain.
Pemanduan adalah
kegiatan Pandu dalam membantu Nahkoda kapal, agar navigasi dapat dilaksanakan
dengan selamat, tertib dan lancar dengan memberikan informasi tentang keadaan
perairan setempat yang penting, demi keselamatan kapal dan lingkungan
Pemanfaatan Bahan Bakar adalah
sewaktu mengolah gerak kapal dipelabuhan atau perairan sempit, lazimnya
digunakan minyak ringan dan apabila Nahkoda menganggap kapal bisa full away
maka bahan bakar diganti dengan minyak berat.
Pencemaran (Pollution)
adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena terjadinya tumpahan minyak
yang melebihi 15 PPM sehingga dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan
lingkungan
Pengerukan adalah
pekerjaan mengubah bentuk dasar perairan untuk mencapai kedalaman yang
dikehendaki atau untuk mengambil dasar laut yang dipergunakan untuk keperluan
tertentu
Pengukur Waktu adalah
petunjuk pengukur waktu (ppw) di kapal menggunakan Cronometer dan waktu yang
ditunjuk adalah GMT alat ini dipakai pada observasi benda angkasa untuk
mencatat waktu observasi secara akurat.
Perairan Indonesia
adalah laut teritorial Indonesia beserta perairan kepulauan dan perairan
pedalamannya
Perbedaan Bujur adalah
busur pada katulistiwa antara derajah-derajah melalui 2 buah tempat
Perbedaan Lintang
adalah busur derajah antara jajar melalui 2 buah tempat.
Perum adalah alat untuk mengukur
dalamnya laut. Perum tangan, perum mesin, perum
gema.
Peta adalah
gambaran bumi atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar
Pivoting Point (titik putar) adalah
sebuah titik dimana kapal berputar, titik ini letaknya sedikit kedepan dari
titik berat kapal G, atau berada tidak jauh dari compass platform (kapal dengan
anjungan di tengah).
Pooped adalah
suatu keadaan dimana bagian buritan kapal akan disapu oleh gelombang susulan,
sehingga kapal sulit dikemudikan dan dapat menimbulkan kerusakan. Prooped
terjadi bila kecepatan kapal > kecepatan gelombang
Poros Bumi adalah
garis menengah bola, keliling dimana bumi berputar dalam satu hari atau sebuah
garis melaui pusat bumi yang juga sebagai sumbu putar bumi. Poros bumi memotong permukaan bumi pada dua tempat yaitu
kutub utara dan kutub selatan
Position Fixing adalah kegiatan penentuan posisi di laut; penentuan posisi ini dapat
menggunakan baringan benda darat atau dengan melakukan penembakan beberapa
benda angkasa atau dengan metode elektronik yang lain (GPS, baringan radio)
Precautionary Area adalah route dengan batas-batas yang ditentukan dimana kapal-kapal harus
bernavigasi dengan extra hati-hati
Precessi adalah
penyimpangan kedudukan Gyroscope yang disebabkan oleh pengaruh gaya dari luar,
arah penyimpangannya tegak lurus terhadap gaya yang mempengaruhinya
Procedural Violation adalah pelanggaran prosedural misalnya mengambil LANE yang salah pada TSS
ataupun melanggar Collision Regulations
Proyeksi Bumiawi dan Jajar Tinggi adalah
a.
Tempat kedudukan semua penilik di bumi yang pada saat yang sama dari benda
angkasa yang sama mendapat tinggisejati yang sama.
b.
Sebuah lingkaran di bumi dengan proyeksi bumiawi sebagai titik pusatnya dan
jarak puncak sejati (n = 900 – ts) sebagai jari-jarinya.
Radio Warnings adalah suatu
informasi atau berita yang berisi peringatan agar kapal berhati-hati dalam
bernavigasi di periaran yang tersebut dalam berita; berisi mengenai kondisi
cuaca, navigasi, keadaan traffic, berita bahaya, dll, yang berkaitan dengan
keselamatan pelayaran.
Radar ( Radio Dectection and Ranging) adalah suatu sistim yang digunakan
untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat
dan hujan
Rambat Lurus adalah
sebagian busur katulistiwa angkasa yang dihitung dari titik Aries kearah
berlawanan dengan gerakan harian maya, sampai ke titik kaki benda angkasa
Rangka Peta adalah
susunan dari derajah-derajah dan jajar-jajar dimana peta itu dilukiskan di
dalamnya
Recommended Direction of Traffic
Flow
adalah arah lalu lintas kapal yang diijinkan dan dianjurkan
No comments:
Post a Comment