ISTILAH-ISTILAH ILMU NAVIGASI
Admiralty List of Radio Signal adalah buku yang berisi tentang informasi-informasi dalam hal keselamatan
yang berkaitan dengan radio, ada 6 (enam) Volume, yaitu:
Volume
1 : Coast Radio Station
Volume
2 : Radio Navigational Aids Electronic Position Fixing Systems and Radio Time
Signals
Volume
3 : Radio Weather Services and Navigational Warnings
Volume
4 : Meteorological Observation Stations
Volume
5 : Global Maritime Distress and Safety System
Volume
6 : Vessel Traffic Services Port Operations and Pilot Stations
A.I.S (The Automatic
Identification System) adalah sebuah Transponder kapal
yang beroperasi di VHF band, memancarkan informasi secara rinci tentang sebuah
kapal dan pengoperasiannya
Advance adalah
jarak yang ditempuh oleh kapal, sejak kemudi disimpangkan kekanan sampai haluan
kapal berubah dari haluan semula (disebut advance 0900, 0450 dan
lain-lain).
Agone adalah
garis yang menghubungkan tempat-tempat yang nilai variasinya sama dengan nol
Air Pasang (HW = High Water)
adalah kedudukan air pada waktu gerakan naik telah berhenti dan gerakan turun
belum mulai
Air Surut (LW = Low Water)
adalah kedududkan air pada waktu gerakan turun telah berhenti dan gerakan naik
belum mulai
Air Tenang (SW = Slack Water)
adalah kedudukan air pada waktu pergantian antara gerakan naik ke gerakan turun
atau sebaliknya
Alteration of Course adalah
perubahan haluan kapal
Almanak Nautika ( Nautical
Almanak) adalah merupakan alat utama diatas kapal, khususnya untuk
penyeberangan-penyeberangan samudera, digunakan untuk menentukan tempat
kedudukan kapal dengan benda-benda angkasa. Buku ini harus diganti setiap
pergantian tahun.
Alur Laut Kepulauan Indonesia
(ALKI) = Indonesian Archipelago Sea Lane adalah alur
pelayaran yang dianjurkan atau direkomendasikan oleh pemerintah bagi
kapal-kapal yang melintasi wilayah perairan Indonesia; ketentuan menganai ALKI
yang sudah diterima oleh IMO dalam sidang MSC ke-67 tanggal 2-6 Desember 1996
adalah a. ALKI I: Selat Kariamata, Laut Jawa, dan Selat Sunda b. ALKI II: Selat
Makassar sampai Selat Lombok c. ALKI III: Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda
kemudian bercabang ke Selat Ombai, ke antara bagian timur pulau Timor dan barat
PP Leti serta ke arah PP Damar
Alur Pelayaran adalah
bagian dari perairan yang alami maupun buatan, yang dari segi kedalaman, lebar
dan hambatan pelayaran lainnya dianggap aman untuk dilayari
Ambiguity adalah
keragu-raguan
AMVER =
The Automated Mutual Assistance Vessel Rescue System adalah suatu system
pemonitoran kapal-kapal yang berlayar di daerah lepas pantai di dunia yang
bertujuan untuk memonitor dan merespone kapal-kapal yang mengalami keadaan
bahaya/darurat. AMVER dioperasikan oleh US. Coast Guard di New York sebagai
program bantuan (SAR) di daerah lepas pantai di dunia.
Area of Danger adalah
keterangan di peta yang berisi informasi-informasi daerah berbahaya, sebaiknya
jangan menutupi informasi yang ada di peta
Area to be Avoid adalah
daerah yang harus dihindari oleh semua kapal-kapal atau untuk kapal-kapal
tertentu saja, disuatu perairan
Aries, Titik adalah
sebuah titik tetap di katulistiwa angkasa dimana matahari berada pada tanggal
21 Maret
Arus
adalah gerakan air dengan arah dan kecepatan tertentu, menuju kesuatu tempat
tertentu pula.
Arus Air Pasang
adalah arus yang mulai mengalir pada waktu pasang dan terus mengalir sampai
setelah High Water
Arus Air Surut
adalah arus yang mulai mengalir pada waktu surut dan terus mengalir sampai saat
setelah Low Water
Arus Pasang (Tidal Current)
adalah gerakan air yang mendatar secara berkala, yang disebabkan oleh adanya
pasang (Tide) dan adanya surut; pasang disebabkan oleh adanya gaya tarik bulan
(selisih gaya tarik bulan terhadap suatu titik di bumi dan gaya tarik bulan
terhadap titik pusat bumi), yang menyebabkan pergerakan air laut vertikal
secara teratur
Arus Putar (Rotary Current)
adalah arus yang terjadi bila 2 (dua) buah gelombang pasang saling menyilang
arah disebabkan oleh
a. beda
arah
b. beda
phase
c. beda
kecepatan
maka arus resultantenya akan selalu berubah-ubah arah
Arus Tetap adalah arus
yang tidak dipengaruhi oleh adanya pasang naik dan pasang turun (surut)
Awak Kapal adalah orang
yang bekerja atau dipekerjakan di atas kapal atau pemilik atau operator kapal
untuk melakukan tugas di atas kapal sesuai dengan jabatan yang tercantum dalam
buku SIJIL
Azimuth adalah sebagian
busur cakrawala, dihitung dari titik utara atau selatan sesuai lintang penilik,
kearah barat atau timur sampai kelingkaran tegak yang melalui benda angkasa,
diukur dari 00 sampai 1800
Baltic Moor adalah cara sandar
kapal di dermaga, dimana dermaga tersebut kurang kuat menahan beban kapal
sehingga perlu ditahan dengan jangkar dan tali kepil dari buritan yang diikat
pada rantai jangkar seperti pada berlabuh jangkar layang-layang
Bangunan atau Instalasi adalah setiap konstruksi baik berada di atas dan atau di bawah permukaan
perairan.
Baringan adalah sudut antara sinar baringan dan salah stu arah (Utara (up,
Um, US).
Baringan sejati (Bs) adalah sudut yang dibentuk oleh arah utara sejati (Us)
dengan garis baringan.
Baringan magnetis (Bm) adalah sudut yang dibentuk oleh arah utara magnetis
(Um) dengan garis baringan.
Baringan pedoman (Bp) adalah sudut yang dibentuk oleh arah utara pedoman
(Up) dengan garis baringan
BS = BM + Variasi
BM = BP + Deviasi
BS = BP + Variasi + Deviasi
Baringan Relatif adalahsudut diantara garis haluan dan garis baringan,
dihitung dari arah haluan kapal ke arah kiri kapal atau kanan tergantung dimana
letak benda baringan itu terhadap haluan kapal
Beached adalah kandas
yang disengaja untuk tujuan penyelamatan
Beacon (Rambu) adalah
suatu alat bantu navigasi visual yang lokasinya tetap; Beacon yang dilengkapi
lampu disebut "LIGHTS" sedangkan Beacon yang tidak dilengkapi lampu
disebut "DAY BEACON"
Berita Pelaut Indonesia (BPI) adalah suatu penerbitan mingguan yang berisi informasi tentang perubahan,
perbaikan, tambahan yang berkaitan dengan data di peta laut atau buku-buku
navigasi
Berlabuh cara layang –layang adalah berlabuh dengan menggunakan satu jangkar, sebab kegiatan bongkar
muat dilakukan hanya pada satu sisi lambung kapal karena arus yang kuat.
Berlabuh Jangkar adalah menjatuhkan jangkar kedalam air hingga mencapai dasar laut dan makan
didasar laut, dengan maksud agar kapal tidak hanyut dan kapal diam.
Breast Line adalah tali
melintang; tali yang digunakan untuk menjaga agar kapal tidak bergerak menjauhi
dermaga
Bridge Order Book adalah buku yang berisi perintah nahkoda kepada mualim jaga pada malam hari
yang berisi hal-hal yang harus dilakukan mualim jaga dan harus ditanda tangani
sebelum melaksanakan tugas jaga
Bridge Procedure Guide adalah buku yang berisi tentang prosedur/petunjuk/aturan ketika
melaksanakan jaga di anjungan; juga berisi cek list untuk macam-macam prosedur
pada waktu kapal berlayar (coasting) dan berlayar dengan pandu
Broaching To adalah suatu
keadaan kapal dimana bagian haluan kapal masuk kedalam ombak dan bagian buritan
kapal terangkat tinggi sehingga kemudi tidak effektif lagi sehingga kapal akan
merewang dengan hebat. Pada saat kapal turun dari lembah gelombang, olengan
kapal akan bertambah besar sehingga kapal akan bertambah senget dan dapat
terbalik karenanya
Bujur adalah bujur
terkecil pada katulistiwa dihitung dari derajah nol sampai derajah yang melalui
tempat itu. Bujur dihitung melalui dari derajah nol ke timur atau ke barat dari
00 samapai 1800
Bujur Senama adalah apabila dua buah titik dibumi kedua-duanya terletak
pada bujur timur atau bujur barat.
Bujur tak senama adalah apabila dua buah titik yang satu terletak dibujur
barat dan yang lain terletak dibujur timur atau yang satu terletak dibujur
timur dan yang lain terletak dibujur barat titik itu.
Bujur Astronomi adalah sebagian busur lingkaran ekliptika, dihitung dari titik Aries dengan
arah yang sama terhadap peredaran tahunan Matahari, sampai pada tititk proyeksi
benda angkasa di ekliptika
Bujur Proyeksi Bumiawi adalah GHA benda angkasa.
Bujur Proyeksi Bumiawi adalah sebagai busur dari equator bumi dihitung kearah Barat dari meridian
Greenwich.
Buku Petunjuk Pelayaran adalah buku kepanduan bahari yang berisi petunjuk atau
keterangan-keterangan yang dipergunakan bagi para pelaut agar navigasi dapat
dilakukan dengan selamat
Bulatan Angkasa adalah sebuah bulatan dimana bumi sebagai pusat, dengan radius tertentu dan
semua benda-benda angkasa di proyeksikan padanya
Bumi adalah suatu
benda yang bergerak bebas di luar angkasa dan berbentuk seperti bola, yang
mengitari serta berputar pada porosnya satu kali putaran dalam jangka waktu 23
jam 56 menit 4 detik
Buoy / Pelampung adalah alat bantu navigasi yang terapung, guna menandai alur pelayaran,
beting (shoal), rintangan-rintangan dan memberi peringatan terhadap adanya
bahaya di perairan; digunakannya Buoy karena untuk memasang tanda yang permanen
akan sangat mahal, mengingat kedalaman perairan
Buoy Moorings adalah buoy atau
pelampung yang dipakai untuk mengikat kapal sehingga buoy tersebut harus
terikat dengan kuat di dasar laut dengan menggunakan rantai dan pemberat
seperti beton yang tenggelam atau jangkar. Biasanya panjang rantai yang dipakai
adalah 3 kali kedalaman air sehingga memungkinkan bouy tersebut bergerak bebas
sesuai gerakan yang mempengaruhinya,
No comments:
Post a Comment