ANALISA
KINERJA OPERASIONAL PELAYANAN KAPAL DAN BARANG DI PELABUHAN
Diktat kumpulan “TERMINOLOGI
dan RUMUSAN PERFORMANSI (Kinerja)
Pelabuhan” ini, disusun dalam rangka :
-
Partisipasi untuk dapat mengisi/memenuhi kebutuhan, perlu adanya pedoman
yang digunakan sebagai penggiring untuk menciptakan keseragaman pengertian dan
perhitungan serta dapat dijadikan alat analisis dan evaluasi untuk memantau
efektif operasional kegiatan pelayanan jasa kepelabuhan.
- Sebagai tolok
ukur kualitas (Quality) dari pendayagunaan fasilitas pelabuhan dan waktu
pelayanan jasa kepelabuhanan (Delivery of Service) yang akhirnya akan bermuara
kepada biaya (Cost) yang wajar dan efisien.
- Sebagai
suplementasi dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pelabuhan bagi para
peserta Sespimpelda pada Diklat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Medan.
Materi penyusunan diklat ini menggunakan referensi yang
bersumber dari surat keputusan / buku-buku dan lain-lain yang berkaitan dengan
sistim informasi manajemen pelabuhan yang diterbitkan oleh :
- Departemen
Perhubungan
- Direktorat
Jenderal Perhubungan Laut
- Direksi PT
(Persero) Pelabuhan Indonesia I
- UNCTAD
ARRIVAL RATE
(Rata-rata
kedatangan kapal perhari)
Pengertian
: Jumlah kapal yang datang dalam satu
bulan dibagi dengan jumlah hari dalam bulanyang bersangkutan.
Kegunaan :
Untuk mengetahui jumlah rata-rata kunjungan kapal perhari dalam suatu
periode laporan disetiap pelabuhan
(bulanan).
|
Rumus :
K
= Kapal
H
= Hari dari bulan yang bersangkutan
Contoh :
NO
|
JENIS
PELAYARAN
|
JUMLAH
|
||||
L.Negri
|
D.
Negri
|
Non.Pel
|
Rakyat/lokal
|
Perintis
|
||
1
|
3
|
2
|
1
|
1
|
-
|
7
|
2
|
5
|
4
|
3
|
-
|
2
|
14
|
3
|
2
|
2
|
1
|
2
|
-
|
7
|
4
|
4
|
1
|
3
|
1
|
-
|
9
|
5
|
4
|
2
|
2
|
-
|
-
|
8
|
18
|
11
|
10
|
4
|
2
|
45
|
Rata-rata
kedatangan kapal :
WAITING TIME
(Waktu
Tunggu)
Pengertian
: Jumlah waktu antara kedatangan kapal
dilokasi lego jangkar sampai kapal
digerakkan menuju lokasi tempat bertambah dibagi jumlah kapal.
Kegunaan : Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu
menunggu kapal diperairan pelabuhan
lokasi lego jangkar sampai pelayanan pemanduan (Waiting Time Gross)
a.
Disebabkan faktor intern (WT.net)
b.
Disebabkan faktor ekstern (Post pone time)
Rumus
:
Jp
= jam pelayanan pandu
Jdp
= jam kedatangan kapal di pelabuhan
K
= kapal (n)
WT Gross =
( WT net + PT)
Contoh
:
No
|
Nama
Kapal
|
Jam
Datang
|
Jam
Pelayanan Pandu
|
Waiting
Gross
|
Faktor
Penyebab
|
|
Inter
(net)
|
Extern
(PT)
|
|||||
(jdp)
|
(jp)
|
(wt.g)
|
(wn)
|
(pt)
|
||
1
|
A
|
08.00
|
10.00
|
2
|
2
|
-
|
2
|
B
|
08.00
|
10.30
|
2.30
|
2.30
|
-
|
3
|
C
|
09.00
|
13.00
|
4
|
1
|
3
|
4
|
D
|
10.00
|
12.30
|
2.30
|
-
|
2.30
|
5
|
E
|
12.00
|
15.00
|
3
|
-
|
3
|
N = 5
|
14
|
5.30
**)
|
8.30
|
(Jp-jdp) 14
- Waktu Tunggu (WT)
= ---------------- = --------
= 2,8 à 2.17
( 2 jam, 17 menit)
n 5 *)
5,50
-Waktu Tunggu net (WTn) =
--------------- = 1,1 à
1.06 ( 1 jam, 6 menit )
5
8,50
- Post pone Time (PT)
= --------------- = 1,7 à 1.42 ( 1 jam, 42 menit )
5
*)
Bilangan desimal (5 ) ** )
Bilangan Waktu (05.30)
APPROACH
TIME / PILOT SERVICE TIME
(Waktu
antara atau waktu pemanduan)
Pengertian :
Jumlah waktu antara yang terpakai untuk kapal bergerak dari lokasi lego
jangkar sampai ikat tali di tambatan dan sebaliknya dibagi jumlah kapal.
Kegunaan :
Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan pemanduan dalam suatu
periode laporan disetiap pelabuhan (bulanan)
|
Rumus :
Jt = Jam tambat
Jp= Jam pelayanan pandu
K= Kapal
Contoh
:
No
|
Nama kapal
|
Jam
Pandu naik
|
Jam
Bertambat
|
Waktu
Pelayanan Pemanduan
|
(Jp)
|
(Jt)
|
(Jt-Jp)
|
||
1
|
A
|
08.00
|
09.00
|
00.30
|
2
|
B
|
08.30
|
09.30
|
01.00
|
3
|
C
|
09.00
|
10.15
|
01.15
|
4
|
D
|
10.00
|
11.30
|
01.30
|
5
|
E
|
11.00
|
12.00
|
01.00
|
dst
|
05.15
|
Aprroach Time
SERVICE TIME
(Waktu
Pelayanan)
Pengertian :
Jumlah waktu antara bertambat dan keberangkatan untuk semua kapal dibagi
dengan jumlah kapal.
Kegunaan :
Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan kapal selama berada
di tambatan dalam waktu periode laporan
bulanan.
(Service Time = Berth Time/ BT)
|
Rumus :
Jb = Jam
berangkat ( last line )
Jt = Jam
mulai bertambat (first line )
K = Kapal
Contoh :
No
|
Nama
Kapal
|
Jam
Bertambat
|
Jam
Berangkat
|
Jam
di dermaga
|
(Jt)
|
(Jb)
|
(Jb-Jt)
|
||
1
|
A
|
09.00
|
19.00
|
10.00
|
2
|
B
|
09.30
|
20.30
|
11.30
|
3
|
C
|
10.15
|
20.15
|
10.00
|
4
|
D
|
11.30
|
16.30
|
05.00
|
5
|
E
|
12.00
|
19.00
|
07.00
|
43.30
|
|
Service Time
TIME OF SHIP BERTHED
(Waktu-waktu
selama ditambatan)
Pengertian
|
:
|
Jumlah waktu selama
bertambat baik bekerja maupun tidak bekerja untuk semua kapal selama
ditambatan dibagi jimlah kapal ( dapat diartikan sama dengan service time)
|
|
Kegunaan
|
:
|
untuk
mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan kapal selama berada ditambatan
baik bekerja (produktive) maupun mengganggur (Idle dan Not) ditambatan dalam
periode laporan / bulanan.
|
|
Penjelasan
|
:
|
NOT
|
Non
Operation Time, yaitu waktu selama kapal di tambatan, direncanakan tidak bekerja
misalnya ; jam makan, waktu tidak bekerja malam hari, kerja hanya s.d 2
shift.
|
BWT
|
Berth
Working Time yaitu waktu bekerja yang direncanakan untuk melaksanakan
kegiatan bongkar muat
|
||
IT
|
Idle Time yaitu waktu mengganggur
selama jam kerja (BWT) disebabkan antara lain hujan, menunggu muatan,
dokumen, derek kapal rusak dan lain-lain.
|
||
Effective
Time yaitu waktu yang benar-benar bekerja (operasi) didalam waktu yang
direncanakan untuk kegiatan bongkar muat (BWT).
|
|||
Skema
waktu didarat (selama ditambatan)
Service Time / Berth Time
|
||
Not Operation Time (NOT)
|
Berth Working Time (BET)
|
|
Idle Time
(IT)
|
Effective Time (ET)
(Operation Time)
|
TURN ROUND TIME
(Waktu Kapal
dipelabuhan)
Pengertian
|
:
|
Waktu gilir (turn
around time) jumlah waktu antara kedatangan dan keberangkaytan untuk semua
kapal dibagi dengan jumlah kapal
|
Kegunaan
|
:
|
Untuk mengetahui jumlah rata-rata
waktu pelayanan kapal di pelabuhan, sejak kedatangan kapal sampai dengan
kapal meninggalkan pelabuhan dalam suatu periode laporan/ bulanan.
|
|
Rumus :
Jbp = Jam berangkat dari
Pelabuhan
Jdp = Jam datang di pelabuhan
K
= Kapal
Contoh
:
No
|
Nama
kapal
|
Jam
datang
|
Jam
berangkat
|
Jam
dipelabuhan
|
(Jd)
|
(Jb)
|
(Jb-Jd)
|
||
1
|
A
|
08.00
|
20.30
|
12.30
|
2
|
B
|
08.30
|
22.00
|
13.30
|
3
|
C
|
09.00
|
23.00
|
14.00
|
4
|
D
|
09.30
|
23.30
|
14.00
|
5
|
E
|
10.00
|
24.00
|
14.00
|
dst
|
68.00
|
|
Trun
Round Time :
No comments:
Post a Comment