ANALISA
KINERJA OPERASIONAL PELAYANAN KAPAL DAN BARANG DI PELABUHAN
Diktat kumpulan “TERMINOLOGI
dan  RUMUSAN PERFORMANSI (Kinerja)
Pelabuhan” ini, disusun dalam rangka :
-         
Partisipasi untuk dapat mengisi/memenuhi kebutuhan, perlu adanya pedoman
yang digunakan sebagai penggiring untuk menciptakan keseragaman pengertian dan
perhitungan serta dapat dijadikan alat analisis dan evaluasi untuk memantau
efektif operasional kegiatan pelayanan jasa kepelabuhan.
-     Sebagai tolok
ukur kualitas (Quality) dari pendayagunaan fasilitas pelabuhan dan waktu
pelayanan jasa kepelabuhanan (Delivery of Service) yang akhirnya akan bermuara
kepada biaya (Cost) yang wajar dan efisien.
-     Sebagai
suplementasi dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pelabuhan bagi para
peserta Sespimpelda pada Diklat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Medan.
Materi penyusunan diklat ini menggunakan referensi yang
bersumber dari surat keputusan / buku-buku dan lain-lain yang berkaitan dengan
sistim informasi manajemen pelabuhan yang diterbitkan oleh :
-     Departemen
Perhubungan
-     Direktorat
Jenderal Perhubungan Laut
-     Direksi PT
(Persero)  Pelabuhan Indonesia I
-     UNCTAD
ARRIVAL  RATE
(Rata-rata
kedatangan kapal perhari)
|  | 
Pengertian
:   Jumlah kapal yang datang dalam satu
bulan dibagi dengan jumlah hari dalam bulanyang bersangkutan.
Kegunaan   :  
Untuk mengetahui jumlah rata-rata kunjungan kapal perhari dalam suatu
periode   laporan disetiap pelabuhan
(bulanan).
| 
 | 
 Rumus        :
Rumus        :   
K
=  Kapal
H
= Hari dari bulan yang bersangkutan
Contoh     :
| 
NO | 
JENIS
  PELAYARAN | 
JUMLAH | ||||
| 
L.Negri | 
D.
  Negri | 
Non.Pel | 
Rakyat/lokal | 
Perintis | ||
| 
1 | 
3 | 
2 | 
1 | 
1 | 
- | 
7 | 
| 
2 | 
5 | 
4 | 
3 | 
- | 
2 | 
14 | 
| 
3 | 
2 | 
2 | 
1 | 
2 | 
- | 
7 | 
| 
4 | 
4 | 
1 | 
3 | 
1 | 
- | 
9 | 
| 
5 | 
4 | 
2 | 
2 | 
- | 
- | 
8 | 
| 
18 | 
11 | 
10 | 
4 | 
2 | 
45 | |
|  | 
Rata-rata
kedatangan kapal : 
       WAITING TIME
(Waktu
Tunggu)
 Pengertian
 : Jumlah waktu antara kedatangan kapal
dilokasi lego jangkar sampai kapal   
digerakkan menuju lokasi tempat bertambah dibagi jumlah kapal.
Pengertian
 : Jumlah waktu antara kedatangan kapal
dilokasi lego jangkar sampai kapal   
digerakkan menuju lokasi tempat bertambah dibagi jumlah kapal.
Kegunaan    : Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu
menunggu kapal diperairan pelabuhan 
lokasi lego jangkar sampai pelayanan pemanduan (Waiting Time Gross)
a.      
 Disebabkan faktor intern (WT.net)
b.      
 Disebabkan faktor ekstern (Post pone time)
|  | 
Rumus
:    
Jp             
= jam pelayanan pandu
Jdp           
= jam kedatangan kapal di pelabuhan
K              
= kapal (n)
WT Gross  =
( WT net + PT)
Contoh
: 
| 
No | 
Nama
  Kapal | 
Jam
  Datang | 
Jam
  Pelayanan Pandu | 
Waiting
  Gross | 
Faktor
  Penyebab | |
| 
Inter
  (net) | 
Extern
  (PT) | |||||
| 
(jdp) | 
(jp) | 
(wt.g) | 
(wn) | 
(pt) | ||
| 
1 | 
A | 
08.00 | 
10.00 | 
2 | 
2 | 
- | 
| 
2 | 
B | 
08.00 | 
10.30 | 
2.30 | 
2.30 | 
- | 
| 
3 | 
C | 
09.00 | 
13.00 | 
4 | 
1 | 
3 | 
| 
4 | 
D | 
10.00 | 
12.30 | 
2.30 | 
- | 
2.30 | 
| 
5 | 
E | 
12.00 | 
15.00 | 
3 | 
- | 
3 | 
| 
N = 5 | 
14  | 
5.30
  **) | 
8.30 | |||
                                                                (Jp-jdp)         14
            - Waktu Tunggu (WT)           
=     ---------------- =  -------- 
= 2,8  à 2.17
( 2 jam, 17 menit) 
                                                                        
n                  5 *)              
                                                                       
5,50
            -Waktu Tunggu net (WTn)     =     
--------------- = 1,1 à
1.06  ( 1 jam, 6 menit )
                                                                         
5 
                                                                      
8,50
            - Post pone Time (PT)          
=    ---------------  =  1,7 à 1.42  ( 1 jam, 42 menit )      
                                                                  5
             *)
Bilangan desimal (5 )               ** )
Bilangan Waktu (05.30) 
APPROACH
TIME / PILOT SERVICE TIME
(Waktu
antara atau waktu pemanduan)
 
 
Pengertian   :  
Jumlah waktu antara yang terpakai untuk kapal bergerak dari lokasi lego
jangkar sampai ikat tali di tambatan dan sebaliknya dibagi jumlah kapal.
Kegunaan    :  
Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan pemanduan dalam suatu
periode laporan disetiap pelabuhan (bulanan)
| 
 | 
 
                        
Rumus        :
                        Jt = Jam tambat
                        Jp= Jam pelayanan pandu
                        K= Kapal
Contoh
:
| 
No  | 
Nama kapal | 
Jam
  Pandu naik | 
Jam
  Bertambat | 
Waktu
  Pelayanan Pemanduan | 
| 
(Jp) | 
(Jt) | 
(Jt-Jp) | ||
| 
1 | 
A | 
08.00 | 
09.00 | 
00.30 | 
| 
2 | 
B | 
08.30 | 
09.30 | 
01.00 | 
| 
3 | 
C | 
09.00 | 
10.15 | 
01.15 | 
| 
4 | 
D | 
10.00 | 
11.30 | 
01.30 | 
| 
5 | 
E | 
11.00 | 
12.00 | 
01.00 | 
| 
dst | 
05.15 | 
|  | 
Aprroach Time   
    SERVICE TIME
(Waktu
Pelayanan)
 
 
Pengertian  : 
Jumlah waktu antara bertambat dan keberangkatan untuk semua kapal dibagi
dengan jumlah kapal.
Kegunaan  : 
Untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan kapal selama berada
di  tambatan dalam waktu periode laporan
bulanan.
                        (Service Time    = Berth Time/ BT)
| 
 | 
Rumus        :   
                        Jb  =  Jam
berangkat ( last line )
Jt   =  Jam
mulai bertambat (first line )
K   =  Kapal
Contoh      : 
| 
No | 
Nama
  Kapal | 
Jam
  Bertambat | 
Jam
  Berangkat | 
Jam
  di dermaga | 
| 
(Jt) | 
(Jb) | 
(Jb-Jt) | ||
| 
1 | 
A | 
09.00 | 
19.00 | 
10.00 | 
| 
2 | 
B | 
09.30 | 
20.30 | 
11.30 | 
| 
3 | 
C | 
10.15 | 
20.15 | 
10.00 | 
| 
4 | 
D | 
11.30 | 
16.30 | 
05.00 | 
| 
5 | 
E | 
12.00 | 
19.00 | 
07.00 | 
| 
43.30 | 
| 
 | 

 Service Time
Service Time  
      TIME OF SHIP BERTHED
(Waktu-waktu
selama ditambatan)
 
 | 
Pengertian     | 
: | 
Jumlah waktu selama
  bertambat baik bekerja maupun tidak bekerja untuk semua kapal selama
  ditambatan dibagi jimlah kapal ( dapat diartikan sama dengan service time) | |
| 
Kegunaan   | 
: | 
untuk
  mengetahui jumlah rata-rata waktu pelayanan kapal selama berada ditambatan
  baik bekerja (produktive) maupun mengganggur (Idle dan Not) ditambatan dalam
  periode laporan / bulanan. | |
| 
Penjelasan | 
: | 
NOT | 
Non
  Operation Time, yaitu waktu selama kapal di tambatan, direncanakan tidak bekerja
  misalnya ; jam makan, waktu tidak bekerja malam hari, kerja hanya s.d 2
  shift. | 
| 
BWT | 
Berth
  Working Time yaitu waktu bekerja yang direncanakan untuk melaksanakan
  kegiatan bongkar muat | ||
| 
IT | 
Idle Time yaitu waktu mengganggur
  selama jam kerja (BWT) disebabkan antara lain hujan, menunggu muatan,
  dokumen, derek kapal rusak dan lain-lain. | ||
| 
Effective
  Time yaitu waktu yang benar-benar bekerja (operasi) didalam waktu yang
  direncanakan untuk kegiatan bongkar muat (BWT). | |||
Skema
waktu didarat (selama ditambatan)
| 
Service Time / Berth Time | ||
| 
Not Operation Time (NOT) | 
Berth Working Time (BET) | |
| 
Idle Time 
(IT) | 
Effective Time (ET) 
(Operation Time) | |
TURN ROUND TIME
(Waktu Kapal
dipelabuhan)
 
 | 
Pengertian     | 
: | 
Waktu gilir (turn
  around time) jumlah waktu antara kedatangan dan keberangkaytan untuk semua
  kapal dibagi dengan jumlah kapal | 
| 
Kegunaan   | 
: | 
Untuk mengetahui jumlah rata-rata
  waktu pelayanan kapal di pelabuhan, sejak kedatangan kapal sampai dengan
  kapal meninggalkan pelabuhan dalam suatu periode laporan/ bulanan. | 
| 
 | 
Rumus     : 
Jbp = Jam berangkat dari
Pelabuhan
Jdp = Jam datang di pelabuhan
K 
= Kapal
Contoh
:
| 
No
   | 
Nama
  kapal | 
Jam
  datang | 
Jam
  berangkat | 
Jam
  dipelabuhan | 
| 
(Jd) | 
(Jb) | 
(Jb-Jd) | ||
| 
1 | 
A | 
08.00 | 
20.30 | 
12.30 | 
| 
2 | 
B | 
08.30 | 
22.00 | 
13.30 | 
| 
3 | 
C | 
09.00 | 
23.00 | 
14.00 | 
| 
4 | 
D | 
09.30 | 
23.30 | 
14.00 | 
| 
5 | 
E | 
10.00 | 
24.00 | 
14.00 | 
| 
dst | 
68.00 | 
| 
 | 

 Trun
Round Time :
Trun
Round Time :   
 
 
No comments:
Post a Comment