Thursday, January 4, 2018

KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN

KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN
Dalam mengukur tingkat keberhasilan pelayanan terhadap pengguna jasa kepelabuhanan, terlebih dahulu mengadakan analisa, seberapa jauh realisasi hasil kerja operasional pelabuhan, yang diukur berdasarkan kinerja operasional pelabuhan, berdasarkan realisasi kegiatan yang ada dalam pelabuhan.
Untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu pekerjaan diperlukan suatu data, dimana data sangat penting bagi analisa dan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu pekerjaan. Data berarti sesuatu yang diketahui atau dianggap, dengan demikian ini berarti bahwa data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan dan persoalan. Jika dikaitkan dengan masalah manajemen, maka data bisa dipergunakan untuk :
-          Dasar suatu perencanaan
-          Alat Pengendalian
-          Dasar Evaluasi
Untuk lebih memperjelas , maka kita akan mengambil suatu kesimpulan pengertian kinerja operasional pelabuhan. Kinerja operasional pelabuhan adalah merupakan out put dari tingkat keberhasilan pelayanan kapal , barang dan peralatan pelabuhan dalam suatu periode tertentu yang dinyatakan dalam suatu ukuran waktu (jam) , satuan berat (ton) dan rata-rata perbandingan (persentase) atau satuan lainnya.
Fungsi kinerja operasional di pelabuhan ;
(1)     Sebagai alat analisa untuk kepentingan manajemen dalam mengelola pelabuhan
(2)     Menentukan perencanaan operasional
(3)     Pengembangan pelabuhan
(4)     Menetapkan kebijakan ( terutama untuk peningkatan / pelayanan )

Tujuan diadakan kinerja operasional pelabuhan adalah  untuk mengetahui tingkat keberhasilan produktivitas dan effisiensi penggunaan fasilitas / peralatan pelabuhan pada periode tertentu (bulanan, triwulanan atau tahunan) Dengan melihat data yang ada pada perusahaan  dibawah ini diuraikan istilah atau cara menganalisa perhitungan kinerja operasional pelabuhan.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...