KINERJA
OPERASIONAL PELABUHAN
Dalam
mengukur tingkat keberhasilan pelayanan terhadap pengguna jasa kepelabuhanan,
terlebih dahulu mengadakan analisa, seberapa jauh realisasi hasil kerja operasional
pelabuhan, yang diukur berdasarkan kinerja operasional pelabuhan, berdasarkan
realisasi kegiatan yang ada dalam pelabuhan.
Untuk
mengukur tingkat keberhasilan suatu pekerjaan diperlukan suatu data, dimana
data sangat penting bagi analisa dan evaluasi untuk mengetahui tingkat
keberhasilan suatu pekerjaan. Data berarti sesuatu yang diketahui atau
dianggap, dengan demikian ini berarti bahwa data dapat memberikan gambaran
tentang suatu keadaan dan persoalan. Jika dikaitkan dengan masalah manajemen, maka data bisa dipergunakan untuk
:
-
Dasar suatu perencanaan
-
Alat Pengendalian
-
Dasar Evaluasi
Untuk lebih
memperjelas , maka kita akan mengambil suatu kesimpulan pengertian kinerja
operasional pelabuhan. Kinerja operasional pelabuhan adalah merupakan out put
dari tingkat keberhasilan pelayanan kapal , barang dan peralatan pelabuhan
dalam suatu periode tertentu yang dinyatakan dalam suatu ukuran waktu (jam) ,
satuan berat (ton) dan rata-rata perbandingan (persentase) atau satuan lainnya.
Fungsi kinerja operasional
di pelabuhan ;
(1)
Sebagai alat analisa untuk kepentingan
manajemen dalam mengelola pelabuhan
(2)
Menentukan perencanaan operasional
(3)
Pengembangan pelabuhan
(4)
Menetapkan kebijakan ( terutama untuk peningkatan / pelayanan )
Tujuan diadakan kinerja operasional pelabuhan adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan
produktivitas dan effisiensi penggunaan fasilitas / peralatan pelabuhan pada
periode tertentu (bulanan, triwulanan atau tahunan) Dengan melihat data yang ada pada perusahaan dibawah ini diuraikan istilah atau cara
menganalisa perhitungan kinerja operasional pelabuhan.
No comments:
Post a Comment