Thursday, January 4, 2018

Jenis-jenis Penumpukan di Pelabuhan

Jenis-jenis Penumpukan di Pelabuhan
Jenis gudang dan lapangan penumpukan di pelabuhan didasarkan pada waktu yang dihabiskan dalam penyimpanannya, antara lain:
1.       Transit storage, diperuntukkan hanya bagi barang-barang yang memerlukan waktu singkat di pelabuhan;
2.       Long term storage, digunakan untuk barang-barang yang disebabkan oleh factor dan alsan harus tinggal lama di pelabuhan.
Berdasarkan status kepabeanan, maka status penumpukan gudang atau lapangan dapat dibagi menjadi :
1.       Daerah Lini I
a)       Daerah Pabean (Custom Area, Douane Gebied);
b)       Barang yang ditimbun di daerah ini berada dlaam pengawasan Bea dan Cukai, yang berarti masih belum melaksanakan kewajiban atas bea masuk dan pajak-pajak lainnya;
c)       Deep sea godown, transit shed, first line godown.
2.       Daerah Lini II
a)       Lokasi berada di belakang lini I, masih berada di dalam daerah pelabuhan, sudah melunasi bea masuk barang-barang yang ditumpuk tinggal menunggu pengeluaran barang saja;
b)       Barang-barang yang disebabkan oleh sesuatu (hasil penyelundupan atau statusnya sudah jelas dan tinggal menunggu pelalangan)
3.       Entreport
a)       Gudang terletak di luar pelabuhan, tetapi barang-barangnya masih berada dalam pengawasan Bea dan Cukai
b)       Entreport ini dapat dimiliki oleh pemerintah (umum) atau partikulir (swasta, khusus)
Tujuan adanya lapangan penumpukan, khususnya bagi transit storage, adalah sebagai berikut:
1.       untuk menampung ketidakseimbangan antara jumlah muatan yang dibawa oleh kapal dan yang dibawa oleh setiap kendaraan angkutan darat;
2.       untuk memenuhi formalitas administrasi;
3.       untuk melindungi muatan dari terpaan cuaca dan delay yang lain;
4.       untuk memungkinkan konsolidasi muatan.
Karena alasan tersebut di atas, transit storage terutama berperan sebagai suatu penyangga (buffer) antara operasi bongkar muat di kapal dan transportasi darat. Alasan lain bagi keberadaan transit storage adalah agar pemeriksaan pabean, pengenaan pajak impor, dan prosedur administrasi lainnya dapat diselesaikan. Sedangkan alasan utama mengapa shipper dan consignee meminta long term atau warehousing bedasarkan pertimbagnan international trade adalah sebagai berikut :
1.       mengimbangkan perbedaan-perbedaan antara permintaan dan penawaran;
2.       memenuhi kebutuhan pasar;
3.       memungkinkan persyaratan ekonomis dalam pembelian dan transportasi

4.       penyediaan fasilitas-fasilitas pokok untuk beberapa proses manufacturing.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...