Monday, January 1, 2018

KAMUS TOL LAUT 17

KAMUS TOL LAUT 17
Crew - Awak
Anak buah atau pekerja yang bekerja di kapal
Cross-section - Potongan melintang
Potongan untuk melihat penampang melintang.
Cross bearing  - Bantalan silang
Baringan silang
Cruiser -  Kapal penjelajah
Kapal perang dengan daya tembak dan kecepatan tinggi tetapi dengan pelapis baja pelindung yang ringan
Custom - Beacukai
1.        Pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakterisitk yang ditetapkan oleh ketentuan yang berlaku.
2.        Kepabeanan, lembaga pemerintah yang mempunyai kekuasaan dan wewenang untuk mengatur aliran masuk  dan keluar barang-barang serta pemungutan bea masuk impor dan pajak ekspor.
Custom duties - Bea pabean
Ongkos atau bea-bea yang harus dibayarkan kepada duane.

Customs duty
Bea yang dikenakan dan dipungut oleh petugas  kepabeanan dalam melaksanakan peraturan kepabeanan atas barang impor.
Customs tariff - Tarif Bea Masuk
Suatu daftar pengenaan bea masuk yang dikenakan oleh pemerintah atas barang impor atau ekspor.
Cut off, switch off, turn off
Memutuskan hubungan
Current tables - Tabel arus
Tabel yang berisi data-data yang dipakai untuk prakiraan harian mengenai waktu, kecepatan, atu kekuatan arus.
Custom made - Pesanan
Dibangun atau dibuat sesuai dengan pesanan atau keinginan pemesan
Customs - Beacukai
Instansi pemerintah yang memungut pajak/bea masuk
Custom duties - Bea pabean
Ongkos atau bea-bea yang harus dibayarkan kepada duane.
Custom entry - Daftar rincian barang
Daftar yang diberikan kepada pejabat bea cukai oleh importer atau pengirim barang, yang tercantum beratnya, nilai dan perincian barang-barang yang akan dibongkar atau dimuat.
Cymatologi - Ilmu tentang ombak
Consignee adalah Importeer atau si Penerima barang.
Nama dan alamat lengkap Consignee harus tertulis jelas didalam dokumen2 seperti : Bill Of Lading, Packing List, Commercial Invoice, COO, PEB ( Pemberitahuan Export Barang) , PIB ( Pemberitahuan Import Barang ketika Importir mengurus proses pengeluaran barang dari Pelabuhan) .
CFS : Container Freight Station
yaitu mode pengiriman dari Gudang LCL Negara asal sampai ke Gudang LCL Negara tujuan. CFS-CFS menandakan bahwa mode pengiriman barang tersebut dengan cara LCL.
CY : Container Yard
yaitu mode pengiriman dari Tempat Penumpukan Peti Kemas Negara asal sampai ke Tempat Penumpukan Peti Kemas Negara tujuan. CY-CY menandakan mode pengiriman barang tersebut secara FCL.
Commercial Invoice : Daftar rincian barang mendetail yang berisikan nama Shipper, Consignee, Notify Party, Nama Vessel & Voy, Nilai Invoice per Item barang maupun total keseluruhan, Jumlah barang.
C.I.F : Cost Insurrance & Freight. Metode Pembayaran di Pelabuhan Muat. Artinya, sebelum melakukan pengiriman barang tersebut sudah di lunasi oleh
Consignee. Dan biaya asuransi maupun ongkos kirim sudah di bayar oleh Shipper di Pelabuhan Muat.
C.& .F : Cost & Freight. Metode Pembayaran yg tidak jauh berbeda dengan C.I.F, tetapi dalam kasus C & F, pihak Shipper tidak membayar asuransi / tidak mengasuransi kan barang tersebut.
Closing Time : Tenggat waktu normal yang di perbolehkan bagi cargo / barang yang masuk ke tempat penimbunan sementara seperti gudang CFS atau UTPK ( Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas)
Catatan : Tiap-tiap Shipping Schedule selalu mencantumkan tanggal dan waktu closing time. Dan jika cargo masuk ke tempat penimbunan sementara itu melewati dari waktu Closing Time yang telah ditetapkan maka pihak shipper akan dikenakan sanksi / denda.
Certificate of Insurance : Sertifikat Asuransi. ( Certificate of import cargo insurance.) 
Open Stack ( O/S ) 
adalah waktu dibukanya container / barang boleh di tempatkan di UTPK atau warehouse
Closing Time ( C/T ) 
adalah waktu ditutupnya pemasukan / penumpukan barang di UTPK atau warehouse.
C.I.F adalah Cost Insurance & Freight adalah system pembelian barang dimana Biaya Pengiriman, Asuransi dan Harga barang dibayarkan sebelum kapal berangkat / di pelabuhan muat

C & F adalah Cost and Freight 
adalah system pembelian barang dimana Biaya Pengiriman dan Harga Barang di bayarkan di pelabuhan muat namun asuransi menjadi tanggungan Penerima Barang.
Certificate of Origin 
adalah Sertifikat Asal Barang. Diterbitkan oleh DISPERINDAG kepada exporter. Kegunaannya adalah sebagai bukti keaslian barang dari Negara Asal yang tertera  pada Bill Of Lading
Comemrcial Invoice 
adalah Daftar Nilai / Harga Barang yang tercantum dalam Packing List. Commercial Invoice ini berisikan nilai barang per item dan total nilai barang. Bill
Of Lading, Packing List dan Commercial Invoice adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses Export dan Import atau bisa dikatakan ketiga dokumen ini adalah 1 set dokumen Export / Import.
Customs Clearance 
adalah proses administrasi pengiriman dan atau pengeluaran barang ke / dari Pelabuhan muat / Bongkar yang berhubungan dengan Kepabeanan dan administrasi pemerintahan.
Carrier as ship owner: 

adalah perusahaan pengangkutan yang mengoperasikan kapal miliknya sendiri

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...