Monday, January 1, 2018

KAMUS TOL LAUT 18

KAMUS TOL LAUT 18
Carrier as charterer of ship: 
adalah perusahaan pengangkutan yang menyewa kapal dan mengoperasikan kapal sewaan
adalah Carriage Paid To (CPT):  term penyerahan perdagangan khusus untuk pengangkutan multimoda. Penjual berkewajiban menanggung seluruh biaya pengangkutan dan menentukan sendiri pengangkut yang akan membawabarang-barang hingga sampai di suatu tempat tujuan di negara importir.
Carriage Insurance Paid To (CIP): 
adalah Pada terms penyerahan perdagangan ini, kewajiban penjual pada dasarnya sama dengan terms CPT hanya saja ditambah dengan kewajiban menutup asuransi pengangkutan.
Charter party : 
adalah perjanjian sewa-menyewa antara pemilik kapal dengan pihak yang mencarternya
Collection: 
adalah metode pembayaran dengan cara menitipkan dokumen komersial (commercial documents) atau dokumen keuangan (financial documents) kepada pihak bank yang selanjutnya akan melakukan penagihan kepada importir di luar negeri
Common Carrier: Jasa pengangkutan publik
Consignment: metode pembayaran secara konsinyasi
Consignee
adalah pihak yang ditunjuk oleh shipper untuk menerima barang yang diangkut di pelabuhan tujuan

Cost and Freght (CFR)
adalah term penyerahan perdagangan dimana penjual menyerahkan barang setelah barang melewati batas pagar kapal dipelabuhan pengapalan dalam keadaan sudah mendapat ijin ekspor, tetapi biaya pengangkutan sampai ke pelabuhan tujuan tetap menjadi kewajiban penjual
Cost insurance and freight (CIF)
adalah term penyerahan perdagangan dimana penjual menyerahkan barang setelah barang melewati batas pagar kapal dipelabuhan pengapalan dalam keadaan sudah mendapat ijin ekspor, biaya pengangkutan dan asuransi pengangkutan sampai ke pelabuhan tujuan tetap menjadi kewajiban penjual
Collect : mengumpulkan, menagih
Commercial Invoice (invoice) Commercial invoice
adalah merupakan dokumen nota/ faktur penjualan barang ekpor/impor.Diterbitkan oleh penjual/ eksportir/ pengirim barang. Di dalam commercial invoice ini wajib mencantumkan : nomer dan tanggal dokumen commercial invoice, nama pembeli/ importir/ penerima barang/ consignee/ applicant, nama barang, harga per unit (dijual berdasarkan, pcs/ kgm/ cbm/ dozen/ lainnya), harga total seluruh barang, cara penyerahan barang (FOB, CNF, CIF / lainnya) Hal-hal diatas perlu ditulis didalam commercial invoice, adapun informasi lain dapat disertakan seperti : nama kapal/ pesawat, no container, tempat muat dan bongkar dsb. Commercial invoice ini juga digunakan sebagai dasar untuk menghitung pajak / pungutan negara.
Consignee : Consignee
adalah penerima barang yang tertulis di dalam dokumen perjalanan, biasanya di Bill of Lading, Air way bill, maupun dokumen transportasi lainnya. Consignee bisa dikatakan sebagai pembeli / buyer / importer. Sedang dalam L/C lazim disebut sebagai Applicant (pihak yang mengajukan permohonan L/C kepada bank penerbit)
Collect : Dibayar kemudian / belakangan Commercial Invoice : Dokumen faktur penjualan / Nota barang
Container Free Station : Lapangan/ tempat penumpukan bukan/ bebas container
Consignee : Penerima barang
Consignment : Pembayaran transaksi yang dibayarkan setelah barang terjual (titip jual , konsinyasi)
Container : Kontainer / Peti kemas
CABIN : kamar dari crew ataupun officer.
COURSE : arah dari kapal dimana berlayar.
CREW AREA : bagian atau area kapal yang menjadi akses dari crew.
CREW BAR : suatu tempat yang disediakan untuk para crew yang ingin berinteraksi dengan sesame crew dengan fasilitas minuman,music ataupun yang lainnya.
CREW I.D. : kartu identitas crew yang di sediakan perusahaan sebagai tanda pengenal dan akses keluar / masuk crew.
CREW MESS : restaurant yang diperuntukkan bagi crew.
CRUISE STAFF DEPARTMENT : suatu department yang berada di bawah hotel department yang bertanggung jawab dalam setiap aktivitas dan events untuk tamu.

CUSTOMS : petugas pelabuhan yang berwenang atau yang ebrtanggung jawab dalam setiap perputaran bahan supplies.service dari setiap Negara.
CUSTOMS MANIFEST : daftar dari barang pribadi dari masing-masing crew.
CALM            : Catenary Anchor Leg Mooring
CBM               : Conventional Buoy Mooring
CDC                : Certain Dangerous Cargo
CHA               : Competent Harbour Authority
COTP             : Captain of the Port
CVTS              : Co-operative Vessel Traffic System
CHAIN LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA JANGKAR.
CARGO HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).
Catalogue of Charts & Books (B.A dan Indonesia)
 Chronometer
Constructive total loss adalah kapal atau muatan yang rusak, dimana biaya untuk menyelamatkan atau memperbaiki akan melebihi nilai harga muatan/kapal tersebut.
ti rugi yang diajukan oleh penerima barang, karena barangnya rusak, kurang.

Tracer adalah pengusutan terhadap muatan-muatan yang rusak atau hilang/kurang, dengan cara menghubungi kapal dan pelabuhan-pelabuhan lain yang disinggahi.

Cargo outturn report adalah laporan hasil kegiatan muat bongkar barang di pelabuhan.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...