KAMUS TOL LAUT 10
Buoy dues
- Uang rambu
Retribusi yang di kenakan kepada kapal-kapal untuk memelihara
rambu-rambu pada alur lalulintas laut.
Bureau Veritas - Biro Klasifikasi Perancis
1.
Biro pengawasan pembuatan kapal dan
soal-soal maritime lainnya.
2.
Badan
pemeriksa dan pengklasifikasian dunia usaha angkutan laut Prancis.
Bus-bar - Bus bar
Pelat penghubung yang bersifat konduktor
By gravity
Akibat
gaya berat
B.B
Certificate yang menyatakan bahwa Nahkoda telah menyimpan
log book dan daftar abk pada kantor pusat perusahaan.
Cancelling Date adalah
batas dimulainya pen-charteran, apabila pada hari itu belum dimulai
pencharteran maka dianggap gugur (tanggal pembatalan); hari terakhir dimana
kapal harus datang kepada pencharter untuk memulai pemuatan
Capacity Plan adalah
suatu bagan kapal yang berisi data-data tentang kapasitas ruang muat, daya
angkut, ukuran palka dan tangki, deadweight scale, free board, titik berat
tangki/palka, dll.
Cargo adalah
muatan kapal
Cargo and Port Distribution List adalah
daftar yang berisi urut-urutan pelabuhan muat dan bongkar sesuai route kapal.
Cargo Batten adalah
papan tebal dipasang sekeliling bagian dalam dinding kapal, untuk melindungi
muatan dari sentuhan langsung dengan tubuh kapal
Cargo Booking List adalah
suatu daftar pemesanan ruangan kapal untuk dimuati komoditas tertentu.
Cargo Deadweight adalah
kemampuan/kapasitas kapal mengangkut muatan; cadangan bobot kapal yang tersedia
bagi muatan
Cargo Handling adalah
muat bongkar, segala sesuatu mengenai pemindahan muatan dari gudang ke kapal,
ke atas truk dan sebaliknya
Cargo High Paying adalah
muatan yang menghasilkan uang tambang tinggi
Cargo Homogenous adalah
muatan sejenis, dibungkus yang dikapalkan dalam jumlah besar sekaligus
Cargo Manifest adalah
daftar perincian semua barang yang berada di kapal baik yang dibongkar maupun
yang akan diterusakan untuk pelabuhan lain dimana dalam cargo manifest
tercantum : nama B/L, Merk dan jenis barang serta jumlahnya, nama pengirim dan
nama penerima. Cargo Manifest diperlukan untuk kepentingan Bea Cukai
Cargo Outturn Down adalah
suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh dan mencapai
sarat maksimum yang diijinkan.
Cargo Reefer adalah
refrigerated cargo; muatan yang dikapalkan dalam keadaan dingin
Carrier (pengangkut barang) adalah adalah pengangkut atau perusahaan
pelayaran yang melaksanakan pengangkutan barang dari pelabuhan muat untuk
diangkut ke pelabuhan tujuan dengan kapal.
Carrier Tarif adalah susunan tarif yang disusun oleh
pengangkut di dalam suatu daftar untuk ber-bagai pelayaran yang dijalankan oleh
kapal-kapal yang dioperasikannya.
Cattle Attendant adalah mengawal ternak yang diangkut dengan kapal
Causa Proxima adalah
penyebab kerugian (penyebab yang dekat)
Causa Remota adalah
penyebab yang jauh, yang tidak langsung mengakibatkan kerugian
Certificate of Registry adalah
sertifikat tanda kebangsaan kapal
CFS (Container Freight Station) adalah
tempat dimana muatan dimuat ke dalam container stuffing (suffing) atau muatan
dikeluarkan dari container (stripping). Lapangan penumpukan peti kemas yang
berisi "muatan LCL"; muatan tersebut segera dikeluarkan dari peti
kemas dan ditimbun dalam gudang diepzee perusahaan pelayaran yang bersangkutan
dan peti kemasnya dikembalikan ke kapal. Bila importir tidak menghendaki
muatannya dikeluarkan dari peti kemas, dia harus mengajukan permohonan khusus
ke perusahaan pelayaran yang bersangkutan. Dalam hal tersebut importir akan
dibebani sewa peti kemas dan biaya-biaya "Un-Stuffing"
Charter Party adalah
surat perjanjian charter
Charterer adalah
penyewa kapal; pencharter
Charterer's Broker adalah
orang perantara yang bekerja untuk kepentingan penyewa kapal
Claim adalah
tuntutan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan muatan; tuntutan ganti rugi
yang diajukan oleh penerima barang, karena barangnya rusak, kurang.
Claim Contaterings Bewijs (CCB) adalah
tanda bukti kerusakan; dokumen penyaksian kerusakan; survey report
Claim Except adalah
klaim atas kekurangan penerimaan collie muatan
No comments:
Post a Comment