KAMUS TOL LAUT 25
Displacement = Berat benaman adalah adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu, atau hasil
penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan Dead Weight
Disponent Owners adalah pencharter yang menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari
ship's owner
Dock Water Allowance (DWA) adalah perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air
laut, atau sebaliknya.
Down adalah suatu
keadaan dimana kapal dimuati hingga mencapaai sarat maksimum yang diijinkan.
Draught adalah
draft; benaman; jarak dari lunas sampai garis air
Dry Container adalah
(peti kemas untuk barang kering dalam bentuk umum). Peti kemas dari jenis ini
digunakan antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau "general
cargo" dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan
peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga cukup
menjamin keamanan barang itu sendiri
Due diligence adalah
klausul dalam The Huge Rules article III yang menyatakan tentang kewajiban
carrier sebelum dilakukan pemuatan wajib menyiapkan ruang muatan (dilakukan
pembersihan palka), kapalnya di buat layak laut (melengkapi alat-alat
keselamatan, melengkapi certifikat dan dokumen kapal, menyediakan perbekalan
yang cukup,dll)
Dunnage adalah
1. sesuatu yang ditempatkan antar muatan, atau antara muatan dan lantai/dinding
palka kapal, yang berfungsi sebagai penopang muatan untuk melindungi muatan.
2. terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah muatan supaya
jangan beradu/bersentuhan satu sama lain
Dunnage Tetap adalah
Dunnage yang sudah dipasang diatas kapal sejak kapal dibangun, dan dunnage ini
sifatnya tetap tidak boleh dilepas dari posisinya. Biasanya dipasang pada
gading-gading, pada sekat kedap air, pada lantai ruang palka, pada rangka kayu
yang menutupi pilar-pilar dan pipa-pipa dalam ruang palka (wooden cashing)
Dunnage Tidak Tetap adalah dunnage yang disiapkan dikapal sesuai dengan jenis dan sifat muatan
yang akan dimuat, pada umunya berupa papan kayu, sasak, kepang, plastik, kayu
balok, net nylon, kertas dll.
Dwelling Time adalah
rata-rata tiap ton atau meter kubik atau peti kemas yang ditumpuk selama satu
bulan.
Daerah Lingkungan Kerja Pelabuhan (DLKR)
Wilayah perairan dan daratan pada pelabuhan umum yang
digunakan secara langsung untuk kegiatan kepelabuhanan.
Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKP)
Wilayah perairan disekeliling daerah lingkungan kerja
perairan pelabuhan umum yang digunakan untuk menjamin keselamatan pelayaran.
Daftar Rekapitulasi PEB/PEBT
Daftar yang dibuat oleh pengangkut yang berisi kumpulan
Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan/atau Pemberitahuan Ekspor Barang Tertentu
(PEBT) dari barang ekspor yang diangkut terus dan/atau diangkut lanjut ke
tempat lain dalam daerah Pabean.
Daily
Harian
Daily supply tank - Tangki persediaan sehari-hari
Tangki
air tawar yang ditempatkan pada ketinggian yang cukup di kapal untuk keperluan
memasak dan minum sehari-hari.
Damage
Kerusakan
Danger buoy - Pelampung tanda bahaya
Pelampung yang menandakan adanya karang, kedangkalan,
atau bahaya-bahaya navigasi lainnya.
Dangerous cargo - Muatan berbahaya
Semua jenis muatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kapal
atau membahayakan jiwa manusia; juga merupakan sumber bahaya bagi muatan
lainnya; dalam konvensi solas dicantumkan, meliputi barang-barang yang mudah
meledak, menyala atau terbakar, beracun, radioaktif, dan korosif.
Data Base Management System (DBMS)
Program yang mengizinkan pengguna untuk menyimpan dan
mengambil data dengan cepat. Fungsi utamanya adalah melayani dan interface
antara data base, pengguna dan aplikasi yang digunakan.
Deadweight/DWT - Bobot mati
Bobot mati kapal yang terdiri dari bahan bakar, air,
peralatan tetap dan muatannya. Jadi bukan beratnya muatan saja. Jadi bila
seluruh kapal weightnya umpamanya 5000 ton maka muatan yang dapat diangkut
ialah sebanyak 5000 ton dikurangi bahan bakar, dan lain-lain tadi.
Deck - Geladak
Geladak, dek; -awning, tenda dek; bridge-, geladak yang
setinggi anjungan atau geladak pertama diatas geladak utama; bulkhead-, geladak
sekat, geladak tertinggi yangterletak di ujung atas dari semua sekat-sekat
kedap air yang melintang; flush-, geladak rata dimana tidak terdapat bangunan
atas; freeboard-, geladak lambung timbul; main-, geladak utama; orlop-, geladak
pendek (dalam suatu kompartimen); poop-, geladak butiran; quarter-, geladak
penggal; raised-, geladak yang ditinggikan; second-, geladak di bawah geladak
utama atau geladak kedua; shelter-, geladak atas, geladak tenda; super
structure-, geladak bangunan atas yang pertama di atas geladak utama; tween-,
geladak antara; weather-, geladak cuaca; well-, geladak sumur atau geladak
diantara dua bangunan atas; continous-, geladak jalan terus.
Deck Cargo - Dek Kargo
Pengangkutan kargo yang diletakkan pada dek kapal bukan
dibawah dek kapal.
Deck load capacity - Beban maksimum geladak
Kemampuan geladak maksimum menahan muatan.
Declination - Deklinasi
Sebagian busur lingkaran jam dihitung dari benda angkasa
sampai khatulistiwa.
Deck passenger - Dek penumpang
Penumpang kapal yang tidak tinggal di dalam kamar (kabin)
semua pelayaran; pada umumnya mereka di atas geladak cuaca atau pada geladak
lainnya yang disediakan untuk penumpang geladak.
No comments:
Post a Comment