Monday, January 1, 2018

KAMUS TOL LAUT 25

KAMUS TOL LAUT 25
Displacement = Berat benaman adalah adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu, atau hasil penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan Dead Weight
Disponent Owners adalah pencharter yang menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari ship's owner
Dock Water Allowance (DWA) adalah perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air laut, atau sebaliknya.
Down adalah suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga mencapaai sarat maksimum yang diijinkan.
Draught adalah draft; benaman; jarak dari lunas sampai garis air
Dry Container adalah (peti kemas untuk barang kering dalam bentuk umum). Peti kemas dari jenis ini digunakan antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau "general cargo" dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga cukup menjamin keamanan barang itu sendiri
Due diligence adalah klausul dalam The Huge Rules article III yang menyatakan tentang kewajiban carrier sebelum dilakukan pemuatan wajib menyiapkan ruang muatan (dilakukan pembersihan palka), kapalnya di buat layak laut (melengkapi alat-alat keselamatan, melengkapi certifikat dan dokumen kapal, menyediakan perbekalan yang cukup,dll)
Dunnage adalah 1. sesuatu yang ditempatkan antar muatan, atau antara muatan dan lantai/dinding palka kapal, yang berfungsi sebagai penopang muatan untuk melindungi muatan.
2. terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah muatan supaya jangan beradu/bersentuhan satu sama lain
Dunnage Tetap adalah Dunnage yang sudah dipasang diatas kapal sejak kapal dibangun, dan dunnage ini sifatnya tetap tidak boleh dilepas dari posisinya. Biasanya dipasang pada gading-gading, pada sekat kedap air, pada lantai ruang palka, pada rangka kayu yang menutupi pilar-pilar dan pipa-pipa dalam ruang palka (wooden cashing)
Dunnage Tidak Tetap adalah dunnage yang disiapkan dikapal sesuai dengan jenis dan sifat muatan yang akan dimuat, pada umunya berupa papan kayu, sasak, kepang, plastik, kayu balok, net nylon, kertas dll.
Dwelling Time adalah rata-rata tiap ton atau meter kubik atau peti kemas yang ditumpuk selama satu bulan.
Daerah Lingkungan Kerja Pelabuhan (DLKR)
Wilayah perairan dan daratan pada pelabuhan umum yang digunakan secara langsung untuk kegiatan kepelabuhanan.
Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKP)
Wilayah perairan disekeliling daerah lingkungan kerja perairan pelabuhan umum yang digunakan untuk menjamin keselamatan pelayaran.
Daftar Rekapitulasi PEB/PEBT
Daftar yang dibuat oleh pengangkut yang berisi kumpulan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan/atau Pemberitahuan Ekspor Barang Tertentu (PEBT) dari barang ekspor yang diangkut terus dan/atau diangkut lanjut ke tempat lain dalam daerah Pabean.
Daily
Harian
Daily supply tank - Tangki persediaan sehari-hari
Tangki air tawar yang ditempatkan pada ketinggian yang cukup di kapal untuk keperluan memasak dan minum sehari-hari.
Damage
Kerusakan
Danger buoy - Pelampung tanda bahaya
Pelampung yang menandakan adanya karang, kedangkalan, atau bahaya-bahaya navigasi lainnya.
Dangerous cargo - Muatan berbahaya
Semua jenis muatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kapal atau membahayakan jiwa manusia; juga merupakan sumber bahaya bagi muatan lainnya; dalam konvensi solas dicantumkan, meliputi barang-barang yang mudah meledak, menyala atau terbakar, beracun, radioaktif, dan korosif.
Data Base Management System (DBMS)
Program yang mengizinkan pengguna untuk menyimpan dan mengambil data dengan cepat. Fungsi utamanya adalah melayani dan interface antara data base, pengguna dan aplikasi yang digunakan.
Deadweight/DWT - Bobot mati
Bobot mati kapal yang terdiri dari bahan bakar, air, peralatan tetap dan muatannya. Jadi bukan beratnya muatan saja. Jadi bila seluruh kapal weightnya umpamanya 5000 ton maka muatan yang dapat diangkut ialah sebanyak 5000 ton dikurangi bahan bakar, dan lain-lain tadi.

Deck - Geladak
Geladak, dek; -awning, tenda dek; bridge-, geladak yang setinggi anjungan atau geladak pertama diatas geladak utama; bulkhead-, geladak sekat, geladak tertinggi yangterletak di ujung atas dari semua sekat-sekat kedap air yang melintang; flush-, geladak rata dimana tidak terdapat bangunan atas; freeboard-, geladak lambung timbul; main-, geladak utama; orlop-, geladak pendek (dalam suatu kompartimen); poop-, geladak butiran; quarter-, geladak penggal; raised-, geladak yang ditinggikan; second-, geladak di bawah geladak utama atau geladak kedua; shelter-, geladak atas, geladak tenda; super structure-, geladak bangunan atas yang pertama di atas geladak utama; tween-, geladak antara; weather-, geladak cuaca; well-, geladak sumur atau geladak diantara dua bangunan atas; continous-, geladak jalan terus.
Deck Cargo - Dek Kargo
Pengangkutan kargo yang diletakkan pada dek kapal bukan dibawah dek kapal.
Deck load capacity - Beban maksimum geladak
Kemampuan geladak maksimum menahan muatan.
Declination  - Deklinasi
Sebagian busur lingkaran jam dihitung dari benda angkasa sampai khatulistiwa.
Deck passenger - Dek penumpang

Penumpang kapal yang tidak tinggal di dalam kamar (kabin) semua pelayaran; pada umumnya mereka di atas geladak cuaca atau pada geladak lainnya yang disediakan untuk penumpang geladak.

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...