KAMUS TOL LAUT 33
Fibreglass
- Serat gelas
Bahan yang dipergunakan dalam pembuatan lambung kapal
Filament
Kawat
pijar
Fire detector - Deteksi kebakaran
Peralatan
yang memberikan tangga secara otomatis tentang lokasi tempat terjadinya
kebakaran di kapal.
Fire extinguisher
Alat
pemadam api
Fire fighting ship - Kapal pemadam kebakaran
Kapal
yang dirancang untuk memadamkan kebakaran pada kapal lain di laut.
Fire hose - Selang kebakaran
Selang
air terbuat dari bahan karet dan kain yang dapat dipergunakan untuk memadamkan
kebakaran biasanya tersimpan tergulung dalam suatu kotak baca yang menempel di
dinding berikut noselnya.
Fire pump
- Pompa kebakaran
Pompa
yang dapat menyediakan dan menyalurkan air laut ke seluruh selang pemadam
kebakaran yang ada di kapal.
Fishing
port - Pelabuhan sandar kapal ikan
Pelabuhan tempat bersandarnya kapal pembawa ikan.
Flag ship - Kapal bendera
1.
Kapal yang ditetapkan oleh perusahaan
pemiliknya sebagai kapal pamer dimana selain nahkoda ditugasi juga seorang
komodor yang wajib dihormati oleh semua kapal lain.
2.
Bendera kapal, menunjukkan asal kapal
Flag staff
Tiang
bendera
FLASH - Feeder Lighter Aboard Ship
Anak dari kapal lash yang dapat mengangkut 5 sampai 8
tongkang. Flash berbentuk seperti dok apung, dengan dinding tangki yang tegak
di kiri kanan. Bila sampai pelabuhan tujuan maka tangki-tangki ini diisi air,
hingga flash ini tenggelam dan tongkangnya terapung kemudian ditarik keluar
dari dank e kapal induknya ditarik dengan kapal tunda khusus.
Floating crane - Kran apung
1.
Kran yang
dipasang diatas pontoon dan dipergunakan untuk mengangkat beban berat di laut.
2.
Kran
bongkar muat atau pengangkat berukuran besar yangt dipasang pada tongkang
khusus supaya mobil sifatnya, digunakan untuk bongkar muat berat.
Floating
dock - Dok apung
Dok yang umumya terdiri dari pontoon dasar sebagai alat
pengangkat kapal dari permukaan air, berdinding dua smping untuk memberikan
stabilitas pada pontoon dasar; dibenamkan dengan cara memasukkan air ke dalam
ruangan-ruangan tertentu di dalam dok , diangkat kembali ke permukaan air
dengan kapal diatasnya dengan cara memompa air di dalam dok itu.
Floating dock; caisson type - Dok apung tipe caisson
Jenis
dok apung yang dasar dan kedua dinding sampingnya tidak dapat di lepas.
Floating
dock; poonton type - Dok
apung tipe pontoon
Dok apung yang dinding sampingnya permanen, sedangkan
dasarnya terdiri dari pontoon-ponton yang dapat lepas ataupun permanen.
Flood
light - Lampu anjungan
Lampu yang diletakkan di anjungan kapal yang arah
sinarnya dapat diatur.
Foam extinguisher
Alat yang menghasilkan busa (Apar) untuk memadamkan api.
Foarding
agent - Biro hukum
Badan hokum yang bertugas dalam bidang penerimaan atau
penyerahan muatan kepada pengangkut untuk dikapalkan dan kegiatan lainnya yang
berhubungan dengan pengiriman barang.
Fog signal - Isyarat kabut
1.
Semboyan bunyi yang diperdengarkan
kapal dalam kabut dan memberitahu kapal lain yang mendekat tenang kondisi dan
keadaan kapal tersebut.
2.
Isyarat yang diberikan oleh kapal yang
berada dalam cuaca dan jangkauan penglihatannya sangat terbatas.
Folding hatch covers - Tutup palka baja
Tutup
palka baja yang terdiri dari dua panel beroda atau lebih yang berjalan di atas
rel sepanjang kedua sisi ambang palak, yang dirancang sedemikian rupa sehingga
apabila dibuka kedua panel itu akan terlipat dalam keadaan tegak di atas rel.
Folding metal hatch cover - Tutup palka baja terlipat
Penutup
palka benda yang bergerak di atas rel yang terdiri beberapa bagian yang tinggi
bagiannya dihubungkan dengan engsel, dikenakan dengan nama tutup palka mc
gregor.
Foot valve
Katup
dasar
Force majeure
Kehilangan
atau kerugian atas kapal muatan yang disebabkan oleh hal-hal yang tidak dapat
di cegah dengan tindakan pengamanan atau pencegahan secara bomal atau kemampuan
manusia
Forecastle
- Anjungan kapal
1.
Bagian
muka kapal. Nama berasal dari zaman kapal layar dimana disitu merupakan tempat
yang paling kuat.
2.
Bangunan
atas pendek yang terletak sepanjang haluan kapal.
3.
Bagian
muka kapal. Nama berasal dari zaman kapal layar dimana disitu merupakan tempat
yang paling kuat.
4.
Bangunan
atas pendek yang terletak sepanjang haluan kapal.
Foreign flag
Bendera
suatu Negara yang dikibarkan di kapal, yang menunjukkan bahwa kapal tidak
registrasi di Negara tersebut.
Foreman of
a gang - Mandor
Pengawas para buruh dan palka pada setiap gang
Forty Foot Equivalent Units – FEUS
Jenis
peti kemas yang berukuran 40 foot
Forward
breast line - Tros
melintang haluan
1.
Garis khayal yang memotong tegak lurus
titik potong garis perancang kapal dengan tinggi depan.
2.
Garis
tegak dengan melalui titik potong garis dengan tinggi depan.
Forward
draf - Draf depan
Jarak tegak yang di ukur pada garis tegak haluan dari
garis potong bidang paruh dengan sisi atas lunas samping ke permukaan air
Forward
draught - Sarat
haluan
Jarak tegak yang di ukur pada garis tegak depan dari
garis potong bidang paruh dengan bidang sisi atas lunas sampai ke permukaan
air.
Forward
spring - Spring depan
Tali kawat baja yang berfungsi sebagai penahan kapal agar
tidak bergerak ke depan dari posisi sandarnya, dipasang di haluan yang mengarah
ke belakang.
Fotklift
truck - Forklift truk
Kenderaan yang memiliki alat seperti garpu, yang dapat
mengangkat muatan.
Franco - Franko
Salah satu syarat penyerahan barang yang menetapkan bahwa
barang atau komoditi diserahkan penjual atau eksportir secara lengkap kepada
pembeli atau importer ditempat yang telah ditentukan.
Free alongside - Bebas biaya muatan angkut
Penjual
menanggung biaya sampai muatannya berada di samping kapal, atau kapal bebas
dari biaya angkutan muatan sampai di samping kapal.
Free alongside - Bebas
biaya muatan angkut
Penjual menanggung biaya sampai muatannya berada di
samping kapal, atau kapal bebas dari biaya angkutan muatan sampai di samping
kapal.
Freeboard - Jarak Bebas
1.
Jarak antara garis air dengan bagian
tepi bawah garis dek diukur di tengah kapal
2.
Jarak tegak yang diukur pada sisi kapal
dan pada tengah kapal dari garis air muat sampai ke sisi atas geladak lambung
timbul.
3.
Jarak tegak lurus antara batas air dan
dek atau anjungan utama kapal yang aman pada kondisi kapal dimuati penuh.
Freeboard
length - Panjang
dinding yang tidak tenggelam
Panjang kapal yang diukur berdasarkan peraturan Konvensi
Garis Muat Internasional. Dimana panjang garis air pada 85 % tinggi geladak
atau panjang dari sisi depan tinggi haluan sampai sumbu poros kemudi pada garis
air yang sama apabila ini lebih besar.
Freeboard marks - Tanda
dinding kapal tidak tenggelam
Tanda yang berupa lingkaran, garis-garis, dan huruf-huruf
pada sisi lambung kapal yang menunjukkan garis muat maksimum yang diijinkan
se3suai dengan peraturan garis muat internasional.
Free on
board - F.o.b
Penjual menjual batrangnya sampai dimuat di atas kapal.
Setelah itu maka pembeli bertanggung jawab atas barang itu. Jadi penyerahan
barang itu dianggap selesai setelah semuanya berada di atas kapal.
Free on
truck – FOT
Harga dari barang termasuk biaya pengangkutan dengan truk
untuk dikirimkan lebih lanjut serta biaya pemuatan ke truk.
Free
pilotage - Bebas ongkos pandu
Daerah atau kawasan perairan, seperti pelabuhan, selat
dank anal yang membolehkan/mengijinkan kapal memasuki daerah itu tanpa melalui
pemanduan atau tidak mewajibkan pemandu pada daerah itu.
Free Port – Pelabuhan Bebas
Merupakan pelabuhan dimana barang (traffic) melalui suatu
pelabuhan tanpa penanganan hukum dari Bea Cukai (Costum), kegiatan
eksport/import, bongkar muat, transipment tanpa beban dari Bea Cukai.
No comments:
Post a Comment