Monday, January 1, 2018

KAMUS TOL LAUT 65

KAMUS TOL LAUT 65
Skala (peta) adalah perbandingan antara panjang suatu garis di peta dan panjang garis tersebut di bumi
Slip adalah perbedaan antara kecepatan baling-baling dengan kecepatan kapal yang dinyatakan dalam prosen (%).
SONAR (SOund NAvigation Ranging) adalah suatu sistem navigasi yang memakai energi acoustic, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder digunakan untuk mengukur kedalaman air dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal
Special Publication adalah penerbitan-penerbitan yang cocok untuk suatu daerah tertentu. Contoh English channel passage planning guide - chart 5500, Gulf of Mexico - Shipping Safety Fairway
Spring Line adalah tali yang dipasang di haluan dan atau buritan yang berguna untuk menahan/menjaga kapal agar tidak bergerak ke depan atau ke belakang. Fungsinya sama dengan Head Line dan Stern Line tetapi spring line lebih effisien
Squat adalah penambahan sarat kapal (terutama pada bagian buritannya) ketika kapal sedang melaju di perairan dangkal; perubahan tekanan yang timbul jika kapal bergerak dalam air dangkal
Standart Compass adalah alat yang di gunakan untuk menetukan arah di laut baik berupa haluan kapal/ barinan yang prinsip kerjanya tergantung dari sifat– sifat magnet dari sebuah magnet batang dan pengaruh medan magnet bumi.  
Standart compass error adalah kesalahan penunjukan pada magnetic compass terhadap utara/selatan bumi.
Stasiun Kapal atau Stasiun Radio Kapal adalah stasiunbergerak dalam dinas bergerak pelayaran yang ditempatkan di kapal yang tidak tertambat secara tetap, kecuali stasiun sekooci penolong
Stern Line adalah tali belakang atau tali yang dipasang di buritan kapal, mengarah ke belakang
Sterring Gear Test adalah dengan full speed ahead kemudian diputar dari cikar kanan kecikar kiri atau sebaliknya.
Strainded adalah kapal kandas, kapal tidak sengaja dikandaskan dan biasanya terjadi karena kelengahan perwira jaga dalam melaksanakan tugasnya pada waktu bertugas di anjungan
Sudut Hanyut adalah sudut yang dibentuk antara haluan kapal dengan garis singgung yang melalui sebuah titik pada lintasan dimana kapal berada.
Surut adalah gerakan turun dari air laut
Tachometer adalah sebuah pesawat yang menunjukkan putaran mesin, maju atau mundur (RPM Indicator)
Tidal Atlas adalah buku yang berisi tentang arus pasang surut (kecepatan dan arah arus)
Tide Tables adalah buku yang berisi tentang daftar perkiraan pasang surut di suatu pelabuhan dan sekitarnya pada waktu tertentu dalam setahun.
Titik baringan adalah Benda yang dibaring
Titik Bujur (B) atau Longitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jajar tinggi dengan jajar yang melalui tempat duga.
Titik Lintang (L) atau Altittude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jajar tinggi dengan meridian yang melalui tampat duga.
Titik Putar adalah titik dimana kapal berputar, titik  ini letaknya sedikit kedepan dari titik berat kapal (G), atau berada tidak jauh dari compass platform (kapal dengan anjungan di tengah).
Titik Tinggi (H) atau Altitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara jarak tinggi dengan lingkaran besar yang melalui tempat duga dan proyeksi bumiawi benda angkasa.
Toptal adalah alat untuk mengukur kecepatan kapal.
      Topdal tangan, topdal mesin, Topdal sal.
Track adalah garis-garis haluan kapal
Traffic Lane adalah suatu area dimana ditetapkan batas suatu arah lalu lintas
Traffic Separation Scheme adalah route yang dibuat untuk memisahkan alur lalu lintas  yang berlawanan arah, yang ditunjukkan oleh arah lalu lintas yang harus diikuti
Transfer adalah jarak titik G hingga tegak lurus haluan semula, dihitung dari haluan semula, jarak ini kira-kira 2,4 panjang kapal.
Transits = Transits Line adalah garis penuntun yang dipakai dalam melayarkan kapal, yang diambil dari baringan benda darat dan jarak dari benda tersebut; biasanya dibuat di peta ketika melayari suatu laur yang sempit atau dekat dengan adanya bahaya navigasi yang lain
Transportasi Laut adalah usaha mengangkut/ memindahkan barang atau muatan atau penumpang dari satu pelabuhan tolak ke pelabuhan tujuan dengan aman dan ekonomis
Trim adalah perbedaan antara sarat depan dan sarat belakang, yang dikenal dengan kapal nonggak atau nungging.
Tubrukan (Collision) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena terjadinya tubrukan kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga, kapal dengan benda terapung lainnya yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan
Two Way Route adalah route yang dibuat dalam suatu bagan, dimana ditetapkan 2 (dua) arah yang berlawanan, untuk keamanan kapal-kapal yang kesulitan bernavigasi
Under Keel Clearance adalah jarak yang aman antara lunas kapal dan dasar laut.
Unstable Situation adalah situasi krisis di atas kapal penumpang yang tidak dapat dikontrol lagi sebagai akibat dari gagalnya penanggulangan keadaan darurat yang terjadi di atas kapal penumpang yang dapat menimbulkan kekhawatiran atau kecemasan pada para penumpang yang jumlahnya sangat banyak.
Utara magnet (UM) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet bumi.
Utara Pedoman adalah (UP) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet bumi dan magnet diatas kapal. Adanya gaya magnet diatas kapal hanya mungkin bila kapal tersebut terbuat dari besi atau logam yang dapat dimagnetisir.
Variasi adalah sudut penyimpangan arah utara sejati yang ditunjukkan pedoman magnet ke arah utara magnet
Vertuien Lurus adalah berlabuh jangkar, dengan mempergunakan 2 jangkar dimana jarak antar kedua jangkar cukup jauh satu sama lain, dan rantai- rantainya merupakan satu garis lurus dan sejajar dengan arah arus.
Vertuien mengangkang adalah berlabuh jangkar, dimana kedua rantai jangkar membuat sudut tertentu dengan kapal, garis hubung kedua jangkar membuat sudut kurang lebih 900 dengan arah angin dan arus. 
Waktu Henti adalah waktu yang dibutuhkan kapal, mulai dari saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Waktu Menengah Greenwich adalah waktu menengah setempaat pada derajat Greenwich (GMT= GHA o menengah ± 12 jam)
Waktu Menengah Setempat (LMT) adalah waktu menengah yang menjadi dasar untuk suatu tempat, jika sudut jam barat setempat (LHA) dihitung kearah barat mulai dari derajah tempat tersebut maka
LMT= LHA o menengah ± 12 jam
Atau LMT= GMT + Bujur Timur dalam waktu
Atau LMT= GMT – Bujur Barat dalam waktu
Waktu Tolok adalah waktu menengah yang berlaku bagi suatu wilayah negara dan tidak selalu sama dengan  waktu mintakad (zone time), sehubungan dengan kepentingan lalu lintas di negara yang bersangkutan.
Waktu Wintakad adalah waktu menengah pada derajad pertengahan zone (daerah) yang bersangkutan.
Weather Report adalah informasi atau berita tentang cuaca
Wreck Buoy adalah sebuah buoy yang menunjukkan adanya kerangka kapal, biasanya tidak bisa langsung terikat di atas kerangka tersebut karena ada resiko cara pengikatan buoy atau kondisi perairan dangkal diatas kerangka kapal; dengan pertimbangan itulah diharapkan Navigator untuk tidak sepenuhnya percaya pada posisi bouy tersebut dan berlayar dengan jarak yang aman dengan buoy
Zawal Benda Angkasa adalah sebagaian busur dari lingkaran deklinasi KU-KS dihitung dari katulistiwa angkasa hingga kedudukan benda angkasa.

Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEE) adalah jalur diluar dan berbatasan dengan wilayah laut Indoesia sebagaimana ditetapkan berdsarkan Undang-Undang yang berlaku tentang perairan Indonesia yang meliputi dasar laut, tanah di bawahnya dan air di atasnya dengan batas terluar 200 mil laut diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...