KAMUS TOL LAUT 65
Skala (peta) adalah
perbandingan antara panjang suatu garis di peta dan panjang garis tersebut di
bumi
Slip adalah perbedaan
antara kecepatan baling-baling dengan kecepatan kapal yang dinyatakan dalam
prosen (%).
SONAR (SOund NAvigation Ranging) adalah suatu sistem navigasi yang memakai energi
acoustic, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder digunakan untuk
mengukur kedalaman air dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan
kapal
Special Publication adalah
penerbitan-penerbitan yang cocok untuk suatu daerah tertentu. Contoh English
channel passage planning guide - chart 5500, Gulf of Mexico - Shipping Safety
Fairway
Spring Line adalah
tali yang dipasang di haluan dan atau buritan yang berguna untuk
menahan/menjaga kapal agar tidak bergerak ke depan atau ke belakang. Fungsinya sama dengan Head Line dan Stern Line tetapi
spring line lebih effisien
Squat adalah penambahan
sarat kapal (terutama pada bagian buritannya) ketika kapal sedang melaju di
perairan dangkal; perubahan tekanan yang timbul jika kapal bergerak dalam air
dangkal
Standart Compass adalah alat yang di gunakan untuk menetukan arah di laut baik berupa haluan
kapal/ barinan yang prinsip kerjanya tergantung dari sifat– sifat magnet dari
sebuah magnet batang dan pengaruh medan magnet bumi.
Standart compass error adalah kesalahan penunjukan pada magnetic compass terhadap utara/selatan
bumi.
Stasiun Kapal atau Stasiun Radio Kapal adalah stasiunbergerak dalam dinas bergerak pelayaran
yang ditempatkan di kapal yang tidak tertambat secara tetap, kecuali stasiun
sekooci penolong
Stern Line adalah tali
belakang atau tali yang dipasang di buritan kapal, mengarah ke belakang
Sterring Gear Test adalah dengan full speed ahead kemudian diputar dari cikar kanan kecikar
kiri atau sebaliknya.
Strainded adalah kapal
kandas, kapal tidak sengaja dikandaskan dan biasanya terjadi karena kelengahan
perwira jaga dalam melaksanakan tugasnya pada waktu bertugas di anjungan
Sudut Hanyut adalah sudut
yang dibentuk antara haluan kapal dengan garis singgung yang melalui sebuah
titik pada lintasan dimana kapal berada.
Surut adalah gerakan
turun dari air laut
Tachometer adalah
sebuah pesawat yang menunjukkan putaran mesin, maju atau mundur (RPM Indicator)
Tidal Atlas adalah buku
yang berisi tentang arus pasang surut (kecepatan dan arah arus)
Tide Tables adalah buku
yang berisi tentang daftar perkiraan pasang surut di suatu pelabuhan dan
sekitarnya pada waktu tertentu dalam setahun.
Titik baringan adalah Benda yang dibaring
Titik Bujur (B) atau Longitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jajar tinggi dengan jajar yang melalui tempat duga.
Titik Lintang (L) atau Altittude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jajar tinggi dengan meridian yang melalui tampat duga.
Titik Putar adalah titik
dimana kapal berputar, titik ini
letaknya sedikit kedepan dari titik berat kapal (G), atau berada tidak jauh
dari compass platform (kapal dengan anjungan di tengah).
Titik Tinggi (H) atau Altitude Point adalah titik potong (yang terdekat tempat duga) antara
jarak tinggi dengan lingkaran besar yang melalui tempat duga dan proyeksi
bumiawi benda angkasa.
Toptal adalah alat untuk mengukur kecepatan kapal.
Topdal tangan, topdal mesin,
Topdal sal.
Track adalah
garis-garis haluan kapal
Traffic Lane adalah suatu
area dimana ditetapkan batas suatu arah lalu lintas
Traffic Separation Scheme adalah route yang dibuat untuk memisahkan alur lalu lintas yang berlawanan arah, yang ditunjukkan oleh
arah lalu lintas yang harus diikuti
Transfer adalah jarak
titik G hingga tegak lurus haluan semula, dihitung dari haluan semula, jarak
ini kira-kira 2,4 panjang kapal.
Transits = Transits Line adalah garis penuntun yang dipakai dalam melayarkan kapal, yang diambil
dari baringan benda darat dan jarak dari benda tersebut; biasanya dibuat di
peta ketika melayari suatu laur yang sempit atau dekat dengan adanya bahaya
navigasi yang lain
Transportasi Laut adalah usaha mengangkut/ memindahkan barang atau muatan atau penumpang dari
satu pelabuhan tolak ke pelabuhan tujuan dengan aman dan ekonomis
Trim adalah perbedaan
antara sarat depan dan sarat belakang, yang dikenal dengan kapal nonggak atau
nungging.
Tubrukan (Collision) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena terjadinya tubrukan
kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga, kapal dengan benda terapung lainnya
yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan
Two Way Route adalah route
yang dibuat dalam suatu bagan, dimana ditetapkan 2 (dua) arah yang berlawanan,
untuk keamanan kapal-kapal yang kesulitan bernavigasi
Under Keel Clearance adalah jarak yang aman antara lunas kapal dan dasar laut.
Unstable Situation adalah situasi krisis di atas kapal penumpang yang tidak dapat dikontrol
lagi sebagai akibat dari gagalnya penanggulangan keadaan darurat yang terjadi
di atas kapal penumpang yang dapat menimbulkan kekhawatiran atau kecemasan pada
para penumpang yang jumlahnya sangat banyak.
Utara magnet (UM) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh magnet
bumi.
Utara Pedoman adalah (UP) adalah arah utara jarum kompas karena pengaruh
magnet bumi dan magnet diatas kapal. Adanya gaya magnet diatas kapal hanya
mungkin bila kapal tersebut terbuat dari besi atau logam yang dapat
dimagnetisir.
Variasi adalah sudut
penyimpangan arah utara sejati yang ditunjukkan pedoman magnet ke arah utara
magnet
Vertuien Lurus adalah
berlabuh jangkar, dengan mempergunakan 2 jangkar dimana jarak antar kedua
jangkar cukup jauh satu sama lain, dan rantai- rantainya merupakan satu garis
lurus dan sejajar dengan arah arus.
Vertuien mengangkang adalah berlabuh jangkar, dimana kedua rantai jangkar membuat sudut tertentu
dengan kapal, garis hubung kedua jangkar membuat sudut kurang lebih 900 dengan
arah angin dan arus.
Waktu Henti adalah waktu
yang dibutuhkan kapal, mulai dari saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Waktu Menengah Greenwich adalah waktu menengah setempaat pada derajat Greenwich (GMT= GHA o menengah
± 12 jam)
Waktu Menengah Setempat (LMT) adalah waktu menengah yang menjadi dasar untuk suatu tempat, jika sudut jam
barat setempat (LHA) dihitung kearah barat mulai dari derajah tempat tersebut
maka
LMT= LHA o menengah ± 12 jam
Atau LMT= GMT + Bujur Timur dalam waktu
Atau LMT= GMT – Bujur Barat dalam waktu
Waktu Tolok adalah waktu
menengah yang berlaku bagi suatu wilayah negara dan tidak selalu sama
dengan waktu mintakad (zone time),
sehubungan dengan kepentingan lalu lintas di negara yang bersangkutan.
Waktu Wintakad adalah waktu
menengah pada derajad pertengahan zone (daerah) yang bersangkutan.
Weather Report adalah
informasi atau berita tentang cuaca
Wreck Buoy adalah
sebuah buoy yang menunjukkan adanya kerangka kapal, biasanya tidak bisa
langsung terikat di atas kerangka tersebut karena ada resiko cara pengikatan
buoy atau kondisi perairan dangkal diatas kerangka kapal; dengan pertimbangan
itulah diharapkan Navigator untuk tidak sepenuhnya percaya pada posisi bouy
tersebut dan berlayar dengan jarak yang aman dengan buoy
Zawal Benda Angkasa adalah sebagaian busur dari lingkaran deklinasi KU-KS dihitung dari
katulistiwa angkasa hingga kedudukan benda angkasa.
Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEE) adalah jalur diluar dan berbatasan dengan wilayah laut
Indoesia sebagaimana ditetapkan berdsarkan Undang-Undang yang berlaku tentang
perairan Indonesia yang meliputi dasar laut, tanah di bawahnya dan air di
atasnya dengan batas terluar 200 mil laut diukur dari garis pangkal laut
wilayah Indonesia
No comments:
Post a Comment