KAMUS TOL LAUT 21
Chemical
tanker = Kapal tanker yang dibuat khusus untuk transportasi bahan kimia.
Biasanya dilengkapi dengan beberapa tanki berlapis bahan stainless steel. Kapal
ini dapat membawa beberapa bahan kimia yang berbeda sekaligus, karena
masing-masing tanki memiliki sistem pipa dan pompa tersendiri untuk proses
bongkar dan muat bahan kimia.
Chuch =
Sebutan yang biasanya diberikan untuk ketua yang adil.
Classification
= Pengelompokan, klasifikasi. Setiap kapal harus memasuki komunitas klasifikasi
jenis kapal tertentu untuk kemudahan asuransi dan perekrutan tenaga kerja pada
kapal. Komunitas klasifikasi ini merupakan badan independen di bawah pengawasan
para professional perkapalan. Untuk mempertahankan klasifikasi, kapal harus
memenuhi standar dan diinspeksi oleh komunitas klasifikasi yang bersangkutan.
Clock
Calm = Cuaca laut yang sangat tenang dengan ombak yang sempurna.
Close
Aboard = Dekat, berdampingan, sangat dekat.
Colimation
=. Penjajaran yang benar pada bagian optis suatu instrumen.
Combination
carrier = Kapal yang dapat mengangkut baik kargo cair maupun serbuk atau
kering. Ada dua jenis combination carrier: ore carrier, pengangkut bijih tambang,
dan bulk-tank-ships, kapal tanki pengangkut serbuk kering.
Container
vessel = Kapal yang didesain khusus untuk membawa kontainer standar (TEU).
Biasanya disebut juga cellular container ship. Sebagian besar kapasitas
pengangkutan kargo berada pada bagian atas geladak tempat kontainer diletakkan,
atau pada ruang bersekat tertentu. Kontainer diangkut dan diturunkan dengan
derek khusus. Container ship biasanya melaju dengan cepat dan terjadwal.
Crack
on = Menjalankan kapal atau berlayar dengan kecepatan dan kemampuan penuh.
Craft =
Kapal atau beberapa kapal dengan berbagai jenis dan ukuran.
Crane
and Construction Vessel / Unit = Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam yang
memiliki perlengkapan untuk konstruksi atau perbaikan suatu instalasi. Kadang
juga menawarkan fasilitas akomodasi. Pelayanan lain yang ditawarkan adalah
fasilitas penyimpanan, suplai air, udara bertekanan dan listrik, ruang kantor,
pusat komunikasi, landasan helikopter , dan lain-lain.
Crank =
Sebutan untuk kapal yang memiliki stabilitas rendah, yang dapat disebabkan oleh
proses pembuatannya atau karena goncangan kargo yang dibawanya.
Creep =
Mencari obyek tenggelam dengan mengirimkan pencari ke dasar laut.
Crew =
Awak kapal, personel kapal selain nahkoda yang bekerja pada perahu atau kapal.
Kadang-kadang awak kapal dibedakan dengan pegawai kapal; tetapi pegawai atau
petugas kapal dapat berarti awak kapal yang legal.
Crimp =
Seseorang yang mengumpan pelaut dari kapalnya dan merampok pelaut tersebut, dan
atau memaksa pelaut untuk meninggalkan/pindah kapal.
Crude
Oil Carrier = Kapal yang didesain untuk membawa minyak mentah dalam tanki.
Contoh kapal jenis ini diantaranya Panamax (berat mati 50.001-80.000ton),
Aframax (berat mati 80.001-120.000ton), Suezmax (berat mati
120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton), dan ULCC (berat mati
350.001 atau lebih).
Cruise
= Berpesiar. Perjalanan kapal dengan beberapa arah tujuan; berlayar dengan
beberapa arah tujuan untuk kesenangan, pencarian, atau keperluan latihan.
Cruise
ship = Kapal pesiar, kapal penumpang yang membawa penumpang untuk melakukan
perjalanan wisata diantara beberapa pelabuhan tertentu, biasanya dimulai dan
diakhiri di pelabuhan yang sama. Standar akomodasi dan rekreasi kapal ini cukup
tinggi.
Culage
= Menempatkan kapal di atas dermaga untuk keperluan perbaikan.
Customary
Dispatch = Kecepatan biasa dan sering digunakan.
Cargo Damage Report.
Prinsip-Prinsip Pemuatan adalah prinsip-prinsip yang harus
diperhatikan dan dilaksanakan dalam kegiatan pemuatan. Antara lain:
Melindungi awak kapal dan buruh (safety of crew and
longshoreman).
1. Melindungi kapal (to protect the ship).
1. Melindungi kapal (to protect the ship).
2. Melindungi
muatan (to protect cargo).
3. Melakukan muat bongkar secara cepat dan
sistematis (rapit and systematic loading and discharging).
CY : Container Yard adalah lapangan tempat container-container yang
akan dimuat kekapal ataupun sehabisdibongkar dari kapal ditumpuk/disusun
menunggu pemuatanataupun pengambilan oleh importir.
CFS (Container Freight
Station) : Gudang tempat dimanabarang dari dalam
container LCL dibongkar dan disimpan.e.Container Terminal adalah
terminal/dermaga tempat kapal-kapal container bersandar dan
membongkar/memuatcontainer. Terminal ini dilengkapi dengan crane khususuntuk
container yang disebut QC (Quay Crane) atau CC(Container Crane), atau GC
(Gantry Crane).
Closing time atau COT
(Cut Off Time): batas waktu
dimanacontainer ekspor tidak diperbolehkan lagi masuk CY.
Consignee : yang menerima barang.
CAR PALLET |
FLAT CONTAINER UNTUK MENGANGKUT MOBIL.
|
CARDINAL POINTS.
|
MATA ANGIN.
|
CARGO HANDLING GEAR
|
ALAT-ALAT MUAT BONGKAR.
|
CARGO LINER
|
KAPAL PENGANGKUT MUATAN BERTRAYEK TETAP.
|
CARGO PLAN
|
RENCANA MUATAN.
|
CARGO PORT
|
PINTU MUATAN.
|
CARGO RUNNER
|
TALI MUAT.
|
CARGO SHIP
SAFETY CERTIFICATE
|
SERTIFIKAT
KESELEMATAN KAPAL BARANG.
|
CARGO
SPACE
|
RUANGAN
MUATAN.
|
CARGO
SURVEY
|
SURVAI
UNTUK MENGETAHUI KEADAAN KUANTITAS DAN KUALITAS MUATAN KAPAL.
|
CARGO
TANK
|
TANGKI
MUATAN, YAITU TANGKI ATAU RUANGAN DI KAPAL YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENGANGKUT
MUATAN CAIR DALAM BENTUK CURAH.
|
CARGODORING
|
BIAYA
PENERIMAAN MUATAN DIPINTU GUDANG.
|
CARRIER
OWNED CONTAINER
|
PETIKEMAS
YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN PELAYARAN.
|
CASH
AFTER DELIVERY
|
TUNAI
SETELAH PENYERAHAN ( BARANG ).
|
CASH
ON DELIVERY
|
TUNAI
PADA WAKTU DISERAHKAN.
|
CATTLE
CONTAINER
|
PETIKEMAS
UNTUK MEMUAT HEWAN.
|
CELL
GUIDE
|
SISTEM
PEMBAGIAN PALKA PADA PETIKEMAS MENJADI BAGIAN-BAGIAN UNTUK PENAMPUNGAN
PETIKEMAS.
|
CELLULAR
VESSEL
|
KAPAL
PETIKEMAS.
|
CERTIFICATE
OF INSPECTION
|
SERTIFIKAT
PEMERIKSAAN.
|
CERTIFICATE
OF ORIGIN
|
KETERANGAN
YANG MENYATAKAN ASAL-USUL BARANG.
|
CERTIFICATE
OF REGISTRY
|
SERTIFIKAT
TANDA KEBANGSAAN, SERTIFIKAT PENDAFTARAN.
|
CHARTER
PARTY
|
PERSETUJUAN
SEWA MENYEWA KAPAL.
|
CHARTER
PAY DUES
|
PENYEWA
MEMBAYAR BEA.
|
CLAIMS
PAYABLE ABROAD
|
TUNTUTAN
DAPAT DIBAYAR DILUAR NEGERI.
|
CLASS
EXTENSION SURVEY
|
SURVAI
UNTUK MENDAPATKAN PERPANJANGAN KELAS KAPAL SELAMA 6-12 BULAN, UNTUK MEMENUHI
KETENTUAN BADAN KLASIFIKASI KAPAL.
|
CLASS
RENEWAL SURVEY
|
SURVAI
YANG DILAKUKAN OLEH BADAN KLASIFIKASI KAPAL TERHADAP SELURUH LAMBUNG ATAU
MESIN KAPAL SETIAP 4 TAHUN UNTUK MEMPEROLEH PEMBAHARUAN KELAS KAPAL.
|
CLEAN
B/L
|
KONOSEMEN
BERSIH YAITU KONOSEMEN YANG TIDAK MENGANDUNG CATATAN CELAAN.
|
CLEAN
L/C
|
ADALAH
L/C YANG TIDAK DISERTAI DENGAN DOKUMEN-DOKUMEN.
|
CLIP
ON UNITS
|
MESIN
PENDINGIN PORTABLE UNTUK INSULATED CONTAINER.
|
CLOSED
CONTAINER
|
PETIKEMAS
YANG HANYA DAPAT DIISI DARI SATU PINTU.
|
COLLAPSIBLE
CONTAINER
|
PETIKEMAS
YANG DAPAT DILIHAT.
|
No comments:
Post a Comment