KAMUS TOL LAUT 20
Consignee adalah nama lain dari importer atau penerima barang.
Istilah ini akan selalu dipakai sebagai pengganti kata importer / penerima
barang / pembeli.
Closing Time ( C/T ) adalah waktu ditutupnya pemasukan / penumpukan barang di
UTPK atau warehouse.
C.I.F adalah Cost
Insurance & Freight adalah system
pembelian barang dimana Biaya Pengiriman, Asuransi dan Harga barang dibayarkan
sebelum kapal berangkat / di pelabuhan muat
C & F adalah Cost and
Freight adalah system pembelian
barang dimana Biaya Pengiriman dan Harga Barang di bayarkan di pelabuhan muat
namun asuransi menjadi tanggungan Penerima Barang.
Certificate of
Origin adalah Sertifikat Asal
Barang. Diterbitkan oleh DISPERINDAG kepada exporter. Kegunaannya adalah
sebagai bukti keaslian barang dari Negara Asal yang tertera pada
Bill Of Lading
Commercial Invoice adalah Daftar Nilai / Harga Barang yang tercantum dalam Packing
List. Commercial Invoice ini berisikan nilai barang per item dan total nilai
barang. Bill Of Lading, Packing List dan Commercial Invoice adalah bagian yang
tidak terpisahkan dalam proses Export dan Import atau bisa dikatakan ketiga
dokumen ini adalah 1 set dokumen Export / Import.
Customs Clearance adalah proses administrasi pengiriman dan atau pengeluaran
barang ke / dari Pelabuhan muat / Bongkar yang berhubungan dengan Kepabeanan
dan administrasi pemerintahan.
CHIEF TALLY : penyusun rencana pelaksanaan dan pengendalian
perhitungan fisik, pencatatan dan survey kondisi barang pada setiap pergerakan
b/m dan dokumentasi serta membuat laporan periodik.
COMMANDING HATCH :palka yang menentukan dimana palka
tersebut memiliki isi kerja yang paling banyak dan paling mungkin mempengaruhi
waktu awal atas waktu kerja yang menyeluruh.
CLEANING : pekerjaan membersihkan palka kapal.
CHIEF TALLY:
penyusun rencana pelaksanaan dan pengendalian perhitungan fisik,
pencatatan dan survey kondisi barang pada setiap pergerakan b/m dan dokumentasi
serta membuat laporan periodik.
CFS
(Container Freight Station)
Gudang tempat stuffing dan stripping container
COC
(Carrier Own Container)
Container milik carrier atau armada pelayaran/pengangkutan
Customs
Respon (Cusres) adalah Dokumen UN / EDIFACT yang dikirim oleh Direktorat
Jenderal Bea dan Cukai sebagai respon terhadap Dokumen yang telah diterima
sebelumnya.
Cukai adalah pungutan negara atau cukai
terhadap barang import tertentu, cukai yang harus di bayar adalah:
a. Hasil perkalian harga dasar
(jumlah nilai pabean dan bea masuk) dengan tarif cukai; atau
b.Hasil perkalian harga jual eceran BKC
dengan tarif cukai; atau
c. Hasil perkalian jumlah BKC
dengan tarif cukai.
Cable =
Istilah unit kelautan untuk menyatakan jarak yang bernilai sekitar 1/10 mil
atau 608 kaki atau 200 yard.
Calving
= Menghancurkan atau memisahkan bongkahan es dari glasier atau gunung es.
Camber
= Bagian geladak yang melengkung untuk menahan air; bagian standar dari geladak
luar yang berukuran sekitar 1/50 lebar kapal.
Camel =
Cekungan di bawah kapal yang terbuat dari logam atau kayu yang diisi air. Saat
airnya terpompa keluar, bagian ini akan dapat mengangkat kapal. Merupakan alat
penting untuk tindakan penyelamatan. Biasanya dioperasikan secara berpasangan.
Telah digunakan di Rotterdam pada tahun 1690; istilah untuk tindakan pengangkatan
kapal.
Can
Hooks = Dua pengait datar yang dapat bergerak bebas pada tali rantai atau
kabel. Pengait ini terletak di bagian bawah tong kosong sehingga berat tong
tersebut hanya pada rantai atau kabel yang akan mencegah pengait terlepas.
Capesize
= Kapal yang terlalu besar untuk melewati Terusan Suez dari Teluk Arab,
sehingga terpaksa melewati Tanjung Harapan, dengan berat mati sekitar
80.000-175.000 ton.
Captain
= Pangkat dalam Angkatan Laut di antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal
pedagang/kapal biasa yang memberi perintah di kapal.
Careen
= Mengatur posisi kapal sehingga sebagian besar bagian bawahnya berada di atas
air, untuk keperluan perbaikan atau penambahan bahan anti-karat. Biasanya
dilakukan pada kapal kecil.
Carry
on = Melanjutkan pelayaran dengan layar terkembang karena kondisi angin yang
memburuk.
Catching
up Rope = Tali ringan pada pelampung untuk menahan kapal saat pemasangan
jangkar.
Catenary
= Rantai panjang pada bagian tengah tali pengeret untuk mengurangi tekanan yang
mendadak; beban apapun yang dipasang pada tambang kapal untuk mengurangi
tekanan; lengkungan yang terbentuk oleh rantai yang menggantung pada dua titik.
Cat's
Skin = Angin sepoi-sepoi yang hangat pada permukaan laut.
Charter
= Penyewaan kapal dengan selang waktu dan jarak pelayaran atau paket perjalanan
tertentu.
Charter
party = Kontrak antara pemilik kapal dan penyewa, dengan syarat dan ketentuan
detail setiap tanggungjawab pada transaksi.
Charterer
= Pihak yang menyewa kapal dari pemilik kapal.
Check =
Mengendurkan tali sedikit, kemudian mematikan ikatan tali tersebut.
Checking
= Mengendurkan tali sedikit dengan hati-hati dan teliti.
No comments:
Post a Comment