KAMUS TOL LAUT 38
Isohaline
- Isohaline
Garis pada peta yang menyatakan dua atau lebih wilayah
laut yang mempunyai kadar garam yang sama.
Isolated danger buoy - Pelampung bahaya tertentu
Pelampung
yang ditempatkan atau di labuhkan di daerah daerah terpencil di laut lepas,
yang mempunyai perairan yang dapat dilayari sekelilingnya.
Jettison of Cargo adalah pembuangan muatan ke laut dengan tujuan supaya kapal menjadi ringan
dan mudah dikendalikan dalam laut yang bergolak
Jacob’s ladder, Jackladder
Tangga
yakub
Jetfoil - Jetfoil
Sayap
air dari kapal jetfoil
Jetty - Dermaga
Tempat
bertambatnya kapal-kapal kecil yang mempunyai bentuk bangunan yang menjorok ke
air.
Jetty Head Kepala Jetty
Flatform
pada sisi laut dari jetty .
Joint, butt
Tempat
sambungan
Joint venture
Gabungan
dari dua atau lebih perusahaan atau Negara
untuk menghasilkan keuntungan bersama atas suatu proyek tertentu.
Just in time
1.
Istilah dalam ilmu ekonomi, prinsip
pengawasan produk dan inventaris, yang mengawasi aliran bahan baku, komponen,
dan bahan penolong lainnya dengan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan, sehingga
dapat menghemat biaya penyimpanan (gudang).
2.
Merupakan
sistem penghantaran barang dalam logistik berdasarkan pengelola yang baik,
pengendalian dan menggunakan sistem informasi untuk mengurangi kelebihan
persediaan dan sistem produksi.
Kapal Tanker adalah kapal
pengengkut minyak curah yang konstruksi bangunan kapal berupa tangki-tangki
minyak, dilengkapi pipa-pipa pemuatan atau pembongkaran.
Kelembaban Relatif atau Lembab Nisbi adalah perbandingan antara kelembaban udara (e) dan
kelembaban udara jenuh (E.max) dalam satuan persen, pada volume dan temperatur
pada saat itu.
Kelembaban Udara atau Kebasahan Udara adalah banyaknya uap aiar yang terkandung dalam udara
pada volume dan temperatur pada saat itu. Simbolnya adalah e.
Kelembaban Udara Jenuh adalah banyaknya uap air maksimum yang dapat dikandung oleh udara pada
volume dan temperatur saat itu. Simbolnya adalah E.max.
Keringat Kapal adalah air,
uap air, keringat, yang menempel pada bagian besi kapal, hal ini terjadi karena
udara didalam ruang palka lebih panas dari pada udara luar. Misalnya kapal berlayar
dari daerah tropis (panas) ke daerak dingin (proses penguapan). Keringat ini
dapat menyebabkan kerusakan muatan
Keringat Muatan adalah air, uap air, keringat, yang menempel pada bagian besi kapal, hal
ini terjadi karena udara yang dikandung oleh muatan lebih dingin dari pada
udara luar. Misalnya kapal berlayar dari daerah dingin ke daerah panas (proses
pengembunan). Keringat ini dapat menyebabkan kerusakan muatan.
Keseimbangan adalah
kemampuan sebuah kapal untuk kembali ke kedudukan tegak setelah mendapat
senget/miring karena mendapat gaya dari luar kapal (ombak, angin, arus, dll).
Kesyahbandaran adalah
instansi pemerintah yang bertugas sebagai penegak hukum dibidang ketertiban
bandar dan keselamatan pelayaran dengan memeriksa dokumen kapal yang berkaitan
dengan safety of ship, serta mengeluarkan sertifikat-sertifikat sesuai
wewenang-wewenang yang dimiliki berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Kognossement adalah
konosemen; lihat Bill of Lading
Kondensasi adalah
proses perubahan uap air menjadi air, hal ini terjadi jika udara jenuh
terpenuhi.
Kongesti adalah
bertimbun-timbunnya barang dipelabuhan yang melebihi kapasitas maksimum
Kawasan industri
Kawasan
tempat pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana
penunjang yang dikembangkan dan dikelola oleh Perusahaan Kawasan Industri yang
telah memiliki izin usaha kawasan industri
Kawasan Pabean
Kawasan
dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut Bandar udara atau tempat lain
yang ditetapkan untuk lalu lintas barang.
Kawasan
Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET)
Wilayah geografis dengan batas-batas tertentu yang
memenuhi persyaratan;a. memiliki potensi untuk cepat tumbuh; dan atau b.
mempunyai sector unggulan; yang dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi di
wilayah sekitarnya; dan atau c.
memerlukan dana investasi yang besar bagi pengembangannya.
Kedge
Jangkar kecil
Keel
Lunas
Keelson - Lunas tegak
1.
penumpu
yang tegak lurus pada alas kapal sebelah dalam dan membujur dari haluan sampai
buritan pada kapal beralas tunggal disebut penumpu alas palka kapal dengan alas
ganda; merupakan komponen yang kuat yang membujur sepanjang kapal.
2.
bagian
lunas kapal yang memanjang dan duduk vertical di atas lunas; lunas tegak.
3.
penumpu
yang tegak lurus pada alas kapal sebelah dalam dan membujur dari haluan sampai
buritan pada kapal beralas tunggal disebut penumpu alas palka kapal dengan alas
ganda; merupakan komponen yang kuat yang membujur sepanjang kapal.
4.
bagian
lunas kapal yang memanjang dan duduk vertical di atas lunas; lunas tegak.
Keringanan Bea Masuk
Pengurangan
sebagian pembayaran bea masuk yang diwajibkan sebagaimana yang dimaksud oleh
ketentuan yang berlaku.
Konsolidasi Barang Ekspor
Penggabungan
beberapa pengiriman barang ekspor dari beberapa eksportir dengan menggunakan
beberapa pemberitahuan ekspor dalam satu peti kemas.
LASH (Lighter A board Ship) adalah
kapal besar (kapal induk), memuat tongkang-tongkang yang sudah diisi muatan;
jenis kapal yang mampu mengangkut muatan berupa lighter (tongkang = barges).
Layak Laut adalah keadaan kapal yang memenuhi persyaratan
keselamatan pelayaran, pencegahan pencemaran perairan dari kapal, pengawakan
pemuatan, kesehatan dan kesejahteraan awak kapal serta penumpang dan status
hukum kapal untuk berlayar di perairan tertentu.
Laydays adalah
1. Kelonggaran/tenggang waktu yang diberikan kepada kapal untuk memenuhi
pemuatan.
2.
Waktu dimana pencharter dapat melaksanakan pemuatan dan pembongkaran tanpa
biaya ekstra. Late Time
LCL ( Less than Container Load) adalah
container yang berisi muatan milik beberapa shipper.
Letter of Credit adalah
kredit yang dibuka oleh importir, untuk membayar harga barang yang diimpornya
Letter of Indemnity adalah
surat jaminan, dibuat oleh shippper dimana dinyatakan bahwa shipper bertanggung
jawab atas kerusakan/cacat yang disebutkan dalam surat tersebut
Lien Clause adalah
syarat penahanan; shipowner berhak menahan muatan kalau charter lalai membayar
sewa. Sebaliknya, charter berhak menahan kapal kalau shipowner melakukan
tindakan yang melanggar perjanjian yang telah disepakati
Light Cargo (Muatan Ringan) adalah
muatan yang SF-nya > 40 cuft/longton atau > 1,16 m3/ton,
misalnya kopi, beras, semen, kapas, rotan, dll.
Light Displacement adalah berat benaman kapal kosong.
Light Load Line (LLL) adalah garis air kapal kosong
Light Ship (berat kapal kosong) adalah berat badan kapal ditambah inventaris tetap.
Lighterage adalah usaha
jasa dalam bidang angkutan barang, yang mengangkut muatan dari darat ke
kapal-kapal yang berlabuh atau sebaliknya dari kapal ke darat.
Liner Service adalah
dinas pelayaran dengan route tetap dan teratur
Liquified Natural Gas (LNG) adalah gas alam yang dicairkan
Liquified Petroleum Gas (LPG) adalah gas minyak bumi yang dicairkan
Loaded Displacement adalah berat benaman kapal pada sarat maksimum.
Loadline Certificate adalah sertifikat yang menetapkan minimum dan maksimum lambung kapal boleh
timbul dipermukaan air
Locker adalah ruangan
kecil di kapal (biasanya pada tween deck) yang diperkuat dengan terali besi dan
di gembok; tempat menyimpan muatan berharga tinggi
Log Carrier adalah kapal
khusus pengangkut kayu balok
Long Hatch adalah
keterlambatan muat bongkar karena terlambat disalah satu palka. (muatan yang
seharusnya dibongkar disuatu pelabuhan, tertindih oleh muatan yang untuk
pelabuhan berikutnya).
Long Lengt Rates adalah tarif yang dikenakan untuk
barang-barang yang panjang tiap kolinya melebihi batas panjang yang telah
ditetapkan.
Longlenght Cargo adalah muatang yang panjangnya melebihi
jangka mulut palka (hatch coaming).
Land Load
Port
Otorita Pelabuhan mengelolan tanah dan lokasi operasional
pelabuhan, termasuk konstruksi dan pengembangan infrastruktur dasar pelabuhan.
Otorita Pelabuhan mengizinkan swasta atau pembeli untuk menyediakan dan
mengoperasikan infrastruktur lainnya dan peralatan untuk pelayanan kapal dan
barang. Otorita Pelabuhan melaksanakan peraturan otoritas publik terkait
pelayanan infrastruktur dasar, penyerahan lahan ke operator, kebijakan dan
keamanan, peraturan dan pengembangan pelabuhan.
Land mark
- Rambu darat
Rambu pelayaran yang berada di darat
Landing boats
Sekoci
pendarat
Landing ship - Pendaratan
kapal
Kapal yang haluannya dapat dikandaskan di tepi pantai dan
digunakan untuk menurunkan pasukan, kendaraan dan lain-lain melalui pintu rampa
di haluan.
Lashing; hell rope - Tali tumit
1.
tali yang digunakan untuk mengikat
muatan atau mengikat barang menjadi satu, supaya tidak bergeser.
2.
Cara
memperkuat atau menahan muatan dengan mempergunakan tali agar tidak bergerak
atau bergeser dari tempatnya, terutama untuk muatan/ barang bergerak.
Last port of call - Pelabuhan singgah terakhir
Pelabuhan
yang disinggahi terakhir dalam rangkaian pelabuhan dari permulaan pelayaran
atau tujuan pelayaran dalam rute trayek tetap.
Lateral
buoyage system - System
pelampung lateral
1.
System
pelampung yang dipakai untuk navigasi pantai dan perairan sempit yang bias
dilayari.
2.
System
pelampung yang membeda-bedakan warna merah untuk pelampung sisi kiri dan warna
hijau untuk pelampung sisi kanan bila dating dari arah laut yang digunakan di
perairan sempit.
Lattitude
- Lintang
Busur derajat yang melalui suatu tempat, yang diukur dari
khatulistiwa sampai tempat tersebut.
Launching
ways - Jalan peluncuran
Landasan miring di tepi laut atau perairan yang ujung
bawahnya berada di bawah permukaan air dan digunakan untuk meluncurkan kapal ke
air setelah selesai dibangun.
No comments:
Post a Comment