KAMUS TOL LAUT 39
Lembaga
Arbitrase
Badan yang dipilih oleh para pihak yang bersengketa untuk
memberikan keputusan mengenai sengketa tertentu; lembaga tersebut juga dapat
memberikan pendapat yang mengikat mengenai suatu hubungan hokum tertentu dalam
hal belum timbul sengketa.
Lembaga
Pembiayaan ekspor (LPE)
Lembaga yang dibentuk oleh pemerintah yang difungsikan
sebagai sumber pembiayaan untuk fasilitas kredit ekspor dalam bentuk modal
kerja pra-pengapalan.
Length of bulb - Panjangnya pintu masuk
Panjang
yang diukur dari garis tegak depan sampai pada bagian tempat garis aliran masuk
dengan garis bujur kapal.
Lereng
butiran
Rampa yang dipasang pada buritan kapal; bendingkan dengan
rampa.
Letter of indemnity - Surat jaminan
Surat
yang membebaskan si pemegang surat tersebut dari pertanggungan jawab dari suatu
kemungkinan yang terjadi. Surat
tersebut dapat diberikan terhadap dokumen yang hilang dsb, yang berlaku atas
kepercayaan.
Length of waterline - Panjang garis air
Panjang
yang diukur dari sebelah linggi haluan sampai ujung belakang linggi
baling-baling pada garis air perencanaan.
Length
Over All – LOA
Panjang
kapal laut secara keseluruhan
Less Than Container Load – LCL - Kontainer Tak Padat Muat
1.
Kontainer yang diisi tidak penuh dan
nantinya akan dikonsolidasi di pelabuhan lain.
2.
Peti kemas tidak padat muat. Adakalanya
sebuah peti kemas tidak terisi penuh sehingga harus disatukan dengan barang
lain di pelabuhan muat berikutnya.
3.
Kargo yang tidak penuh dalam satu
container sehingga disatukan dengan kargo yang lain untuk tujuan yang sama.
Letter of Credit, L/C - Surat Hutang
Suatu
surat yang diterbitkan oleh sebuah bank devisa yang menyatakan komitmennya
untuk membayarkan sejumlah uang kepada pemasok/penjual/eksportir atas
permintaan pembeli/importir (nasabahnya), melalui bank lain di Negara
pemasok/penjual/eksportir sesuai dengan persyaratan dan kondisi tertentu.
Life buoy - Pelampung penolong
1.
Pelampung yang dirancang secara khusus
untuk dapat dilemparkan ke laut dalam penyelamatan jiwa di laut.
2.
Pelampung
yang dilengkapi dengan penerangan.
Life draught
Sarat
kecil
Life jacket - Baju pelampung
Jeket
yang dikenakan oleh awak kapal dan penumpang untuk mengapungkan diri di dalam
air pada waktu kapal berada dalam keadaan darurat.
Life line - Tali penolong
1.
Tali yang terpasang pada lambung
sekoci/ rakit yang dilengkapi dengan pengapung dan berpungsi sebagai tempat
pegangan bagi orang yang akan naik sekoci.
2.
Tali yang diikat pada laberang sekoci
sebagai tempat pegangan penumpang sekoci pada waktu sekoci diarea.
Life raft - Rakit penolong
Rakit
yang dipergunakan untuk menyelamatkan jiwa awak kapal dan penumpang pada waktu
kapal tenggelam.
Light signal
Isyarat
lampu
Lighthouse
Mercu
suar, menara api
Lighter A Board Ship - L.A.S.H.
Kapal yang mengangkut tongkang-tongkang yang penuh dengan
muatan. Biasanya
juga di campur dengan membawa sejumlah container.
Lighter carrier - Kapal pengangkut tongkang
Kapal
yang dirancang untuk mengangkut tongkang-tongkang yang berisi muatan dalam
jumlah yang besar, yang diturunkan atau diangkut di luar pelabuhan dengan
maksut untuk mempercepat waktu bongkar muat; termasuk dalam jenis kapal ini,
yaitu kapal LASB.
Lighter on board - Lapal lash
Kapal
yang dirancang untuk membuat tongkang-tongkang yang berisi muatan, sehingga
muatan kapal tersebut adalah kemasan berbentuk tongkang.
Line haul
Pelayaran
langsung antara dua pelabuhan utama.
Line haul vessel
Kapal
dengan perjalanan yang tetap
Line
Service
Merupakan kapal yang mempunyai jadwal dan tujuan reguler
beroperasi pada wilayah tertentu biasanya dioperasikan kapal dengan ukuran
kecil dan sedang.
Liner
Transportasi yang melayani pengangkutan penumpang dan
kargo pada jalur tetap.
Liner
service
Jasa angkutan laut, dioperasikan di antara pelabuhan
tertentu secara regular
Liner
shipping
Jasa angkutan laut yang melayani pelabuhan-pelabuhan
internasional secara regular.
Liquid
ballast - Balas benda cair
Ballas yang menggunakan benda cair
Lloyds – of London
Asosiasi
perusahaan penjamin asuransi Inggris, asosiasi yang paling tua di dunia.
Lloyds’s registry
Suatu
organisasi yang melakukan survey dan pengklasifikasian kapal sehingga
perusahaan penjamin asuransi dan pihak-pihak lain dapat mengetahui kualitas dan
kondisi kapal yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi atau pekerja.
Load
Beban,
muatan, keberatan kerja
Loading
port
Pelabuhan tempat kapal memuat barang
Local
voyage
Pelayaran untuk pengangkutan antar pelabuhan seluruh
Indonesia yang menunjang pelayaran nusantara pada daerah yang lebih kecil.
Locker - Loker
Ruangan yang berukuran lebih kecil dari gudang, biasaqnya
digunakan untuk menyimpan barang/muatan dengan aman.
Loco - Harga
barang ditempat pembelian
Salah satu syarat penyerahan barang yang menetapkan bahwa
barang diserahkan penjual di tempat atau di gudang penjualan dengan demikian
semua ongkos muat, ongkos angkut dan lainnya menjadi tanggungan pembeli.
Log
Daftar
Log book - Buku harian kapal
1.
Buku harian yang menjadi tanggung jawab
Nahkoda yang berisi catatan harian, keadaan angin, cuaca dan semua kejadian
yang menyangkut kapalnya, atau di atas kapal selama pelayaran dan dipelabuhan.
Untuk bagian dek dan mesin mempunyai log book yang terpisah.
2.
Jurnal penjagaan
3.
Jurnal harian
Longshoreman
Pekerja
bongkar muat barang di pelabuhan.
Longterm
Contract
Merupakan kapal yang dikontrak untuk jangka waktu lama
(10 – 20 tahun), pada umumnya untuk mengangkut barang industri disamping biaya
tetap kontraktor biasanya menanggung biaya BBM dan biaya di Pelabuhan.
Loop, Hinge
Jerat
Lower low water - Surut yang terendah
Surut
yang terendah di antara dua sudut yang terjadi secara berturut-turut, biasanya
dalam satu hari.
Low water neap - Permukaan air terendah pasang
Surut
tertinggi yang diakibatkan karena bulan berada pada posisi yang sudut jam
bintangnya berbeda 90Ú terhadap sudut jam bintang matahari.
Low water spring - Permukaan air terendah purnama
Surut
terendah yang diakibatkan oleh bulan purnama atau bulan baru.
M = Metacentre = titik metasentrum adalah 1. sebuah titik yang tidak boleh dilalui oleh
titik G agar stabilitas kapal tetap positif. Meta berarti berubah-ubah, jadi
metacentre adalah titik pusat yang berubah-ubah tempatnya. Perubahan letak
titik M tergantung dari besarnya sudut senget, makin besar sudut senget,
perpindahan titik M makin jauh pula.
2. Titik potong antara perpanjangan gaya bouyancy dan
centre line, pada saat kapal miring
Man adalah awak
kapal, anak buah kapal
Manko adalah selisih
antara berat muatan yang dimuat dan dibongkar.
Marine Insurance Policy adalah
Polis Asuransi Laut
Mate Receipt (resi mualim) adalah
surat tanda terima sementara barang dikapal oleh perwira kapal atau mualim kapal
dan berdasarkan mate receipt inilah pengirim barang menukarkan dengan tanda
terima yang sah yaitu B/L.
Measurement Ton adalah
suatu ukuran muatan yang diperhitungkan 1 measurement ton sama dengan 40 cuft
atau 1,116 m3.
Melayang adalah keadaan kapal dimana gaya-gaya keatas
dan kebawah sama atau hampir sama, Buoyanci = Gravity.
Mengapung adalah keadaan kapal dimana gaya tekanan ke
atas masih mampu menahan gaya berat, atau gaya keatas lebih besar dari gaya
kebawah, Bouyancy > Gravity.
No comments:
Post a Comment