KAMUS TOL LAUT 61
Buku Petunjuk Pelayaran adalah buku kepanduan bahari yang berisi petunjuk atau
keterangan-keterangan yang dipergunakan bagi para pelaut agar navigasi dapat
dilakukan dengan selamat
Bulatan Angkasa adalah sebuah bulatan dimana bumi sebagai pusat, dengan radius tertentu dan
semua benda-benda angkasa di proyeksikan padanya
Bumi adalah suatu
benda yang bergerak bebas di luar angkasa dan berbentuk seperti bola, yang
mengitari serta berputar pada porosnya satu kali putaran dalam jangka waktu 23
jam 56 menit 4 detik
Buoy / Pelampung adalah alat bantu navigasi yang terapung, guna menandai alur pelayaran,
beting (shoal), rintangan-rintangan dan memberi peringatan terhadap adanya
bahaya di perairan; digunakannya Buoy karena untuk memasang tanda yang permanen
akan sangat mahal, mengingat kedalaman perairan
Buoy Moorings adalah buoy
atau pelampung yang dipakai untuk mengikat kapal sehingga buoy tersebut harus
terikat dengan kuat di dasar laut dengan menggunakan rantai dan pemberat
seperti beton yang tenggelam atau jangkar. Biasanya panjang rantai yang dipakai
adalah 3 kali kedalaman air sehingga memungkinkan bouy tersebut bergerak bebas
sesuai gerakan yang mempengaruhinya, karena hal itulah posisi sebuah buoy
dikatakan "POSITION APPROXIMATE", dan setelah beberapa tahun Chain
Buoy harus segera diganti
Buoyant Beacon adalah
sebuah rambu yang mengapung dengan pemberat berada di dasar laut yang
dihubungkan dengan pipa-pipa, dilengkapi dengan BOUYANT CHAMBER. Walaupun cuaca
buruk atau adanya arus kuat beacon seperti ini bisa tetap tegak karena diatur
gerakannya oleh "Buoyant Chamber" 
Byliggen adalah cara
melayarkan kapal dengan pelan dan arah angin/ombak membentuk sudut antara 3 - 4
surat dimuka arah melintang
Catalogue of Chart and Publication adalah buku yang berisi tentang nomor-nomor peta di
daerah tertentu mulai dari skala besar dan skala kecil, yang diperlukan ketika
akan membuat rencana pelayaran (Passage Planning) dari satu pelabuhan ke
pelabuhan yang lain; serta berisi informasi yang lain yang berguna dalam
pelayaran
Communication Breakdown adalah kelemahan dalam berkomunikasi baik internal maupun eksternal karena
kemampuan bahasa atau pengetahuan tentang prosedur yang kurang
Crisis Management adalah senior level strategy (siasat yang lebih tinggi) dalam mengatasi
situasi emergency yang sudah tidak dapat diatasi lagi, dimana dalam
mengatasinya dibutuhkan waktu yang lama 
Chronometer adalah suatu alat/jam yang peka untuk menunjukkan jam greenwich
dan digunakan sebagai penunjuk waktu yang teliti diatas kapal, juga merupakan
unsur pokok dalam perhitungan penentuan tempat kedudukan kapal dengan benda
benda angkasa.
Cuaca Buruk adalah
keadaan laut yang buruk, yang disebabkan oleh angin, ombak dan lain-lain
Datum adalah posisi
paling mendekati dari target yang akan diselamatkan yang telah diperhitungkan
kemungkinan adanya drift (hanyut)
Deep Water Route adalah rpute yang dibuat dengan batas-batas tertentu, yang telah disurvey
dengan teliti terhadap kedalaman dan bahaya rintangan pelayaran yang tertera di
peta laut
Deklinasi (zawal) adalah sebagian busur lingkaran deklinasi, dihitung dari katulistiwa
angkasa kearah utara atau selatan hingga benda angkasa tersebut
Delayed Action Situation adalah situasi keadaan darurat yaitu adanya orang jatuh ke laut, dimana
kejadian tersebut dilaporkan oleh saksi mata yang melihatnya, ke anjungan
beberapa waktu setelah orang tersebut jatuh sehingga tindakan menolongnya tidak
segera dilaksanakan
Derajah adalah
lingkaran-lingkaran besar yang melaui kutub utara dan kutub selatan 
Derajah Nol adalah
derajah pertama, lingakaran bujur yang melalui kota Greenwich
Deviasi adalah sudut
penyimpangan yang dibentuk oleh Utara Magnet dan Utara pedoman. Cara menentukan
deviasi pedoman di kapal yaitu dengan membandingkan arah penunjukan pedoman di
kapal dengan penunjukan sejati. Hp – Hs = salah tunjuk, atau salah tunjuk = V +
D
Deviasi Positip adalah apabila arah utara pedoman (Up)
berada disebelah timur/kanan dari arah utara magnetis (Um).
Deviasi negatip adalah apabila arah utara pedoman (Up)
berada disebelah barat/kiri darai arah Utara magnetis (Um)
Diamater Akhir adalah
diameter dari lingkaran putar setelah kapal berputar dengan lingkaran putar
yang bertitik tepat.
Diameter Taktis adalah jarak yang dihitung dari haluan semula sampai garis yang melalui
sebuah titik yang berada 1800 dari haluan semula. 
Distant Tables adalah buku
yang berisi mengenai jarak antara pelabuhan-pelabuhan
Distraction adalah
kebingungan atau kelabilan berfikir dan bertindak karena keletihan (Fatigue),
bekerja terlalu berat, keadaan darurat atau sering karena kurang perhatian atau
peduli terhadap keadaan lingkungan
Duduk Pengukur Waktu adalah selisih waktu antara ppw dan GMT atau selisih waktu yang harus
dijabarkan pada ppw untuk mendapat GMT.
Electronic Chart adalah suatu potret elextronic pada layar yang kelihatan
seperti peta diatas kertas. 
Emergency Ahead adalah dengan speed full astern, mesin stop kemudian maju penuh sampai
kapal berhenti dan akan bergerak maju.
Emergency Astern adalah dengan mesin full ahead, stop kemudian full astern sampai kapal
berhenti diair dan akan bergerak mundur.
Emergency Planning adalah rencana penanggulangan keadaan darurat yang dibuat pada insiden
level yang membutuhkan respon dengan segera dan perhatian khusus agar tidak
menimbulkan situasi krisis di atas kapal (situasi yang lebih tak terkendali)
Emergency Situation adalah suatu keadaab di luar keadaan normal yang terjadi di atas kapal yang
mempunyai tingkat kecenderungan akan dapat membahayakan jiwa manusia, harta
benda dan lingkungan dimana kapal berada
Error Compass adalah
kesalahan penunjukan arah utara/ selatan pada compass terhadap utara /selatan
bumi. 
Flashing adalah sifat
penerangan sebuah lampu pada buoy yang menyala hidup dan mati pada interval
yang tetap, dimana waktu menyalanya lebih kecil dari waktu gelapnya
Garis batas tanggal internasional adalah garis yang berada pada bujur 1800 E/W
dan mempunyai selisih waktu ± 12 jam terhadap GMT.
Garis batas tanggal Nautika adalah garis yang menggunakan tepat bujur1800 Timur/Barat,
setiap kapal atau kapal udara yang melewati garis ini harus merubah tanggalnya
satu hari jika berlayar dari bujur Timur ke bujur Barat maka hari mundur satu
hari dan jika berlayar dari dari bujur Barat ke bujur Timur hari maju 1 hari. 
Garis batas tanggal Sipil adalah garis yang arahnya dibelokkan jika melewati daratan, misalnya
Siberia Timur sampai laut Bering memakai “tanggal Asia” kepulauan Fiji memakai
“tanggal Asia” kepulauan Aleut memakai “tanggal USA”.
Garis baringan adalah garis lurus dipeta laut yang ditarik titik baringan
berlawanan dengan baringan sejati
Garis Batas Tanggal Sipil adalah yaitu garis bujur 1800 
Garis Tinggi adalah sebuah
garis lurus dipeta yang merupakan sebagian dari lengkung tinggi, dilukis pada
titik tinggi tegak lurus terhadap arah Azimuth benda angkasa.
Gelombang Berdiri (Standing Waves) adalah gelombang berjalan yang dipantulkan oleh tebing
yang tinggi atau 2 buah gelombang yang saling membentur tepat berhadapan.
Disebut gelombang berdiri karena poros panjang akan tegak berdiri sejajar
tebing. Kecepatan arus maksimum pada kedudukan air menengah, kecepatan nol pada
saat HW dan LW
Gelombang Berjalan (Progressive Waves) adalah suatu gelombang pasang yang tidaka mengalami
suatu rintangan apapun di lautan lepas. Rumus 
Kecepatan (V) :V = Ö g.h 
      dimana  g 
=  percepatan gravitasi;    h  =
kedalaman air. Kecepatan arus = 0 (Nol), terjadi pada saat kedudukan air menengah,
dan kecepatan maksimum terjadi pada saat High Water dan Low Water.
Geographical Range adalah jarak atau jangkauan sebuah lampu yang tergantung pada jarak tinggi
mata Navigator ke cakrawala + jarak tinggi lampu ke cakrawala
GHA Benda Angkasa adalah sebagian busur dari katulistiwa angkasa dihitung dari meridian
Greenwich hingga benda angkasa. 
GPS (Global Positioning Systim) adalah alat sistim navigasai satelit yang
berfungsi dengan baik. Sistim ini menggunakan 24 jam satelit yang mengirim
sinyal gelombang makro ke bumi digunakan untuk menentukan posisi kecepatan ,
arah dan waktu.
 
 
 
No comments:
Post a Comment