Monday, January 1, 2018

KAMUS TOL LAUT 62

KAMUS TOL LAUT 62
GMDSS ( The Global Maritime Distress Safety System adalah kesepakatan internasional pada prosedur keamanan, jenis perlengkapan, dan protokol komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan untuk menolong bahaya kapal, boat dan pesawat.
Globe (Bola Bumi) adalah bola, yang mana letak berbagai titik pada permukaan bumi satu sama lain diberikan dalam perbandingan yang sebenarnya; sebuah bulatan yang melukisikan bumi dengan skala kecil
Greenwich Hour Angle (GHA) adalah sudut jam barat Greenwich, adalah sebagian busur katulistiwa angkasa diukur dari meridian angkasa Greenwich ke arah barat sampai meridian angkasa yang melalui benda angkasa dihitung dari 00 sampai 3600
Gyro Compass adalah pedoman yang di gunakan untuk menentukan arah di laut baik berupa haluan kapal atau baringan yang mengguna-kan prinsip pedoman gasing (gyroscope ) dan menggunakan tenaga listrik.
Gyro Error adalah kesalahan penunjukan pada system gyro terhadap arah utara/selatan bumi.
Haluan (garis pada peta) adalah garis lurus di peta yang ditarik dan direncanakan untuk di lalui kapal.
Haluan magnetis (Hm) adalah sudut antara garis lunas kapal dengan garis U-S magnetis, atau sudut yang dibentuk oleh arah utara magnetis (Hm) dengan haluan kapal (Um dan Hk)
Haluan Pedoman adalah
a.      Haluan yang ditunjukkan oleh mawar pedoman di kapal.
b.      Arah pedoman dari garis Horisontal yang terletak pada bidang lunas dan tinggi muka yang mengarah ke muka kapal.
c.       Sudut antara garis lunas dan garis utara/selatan di kapal (garis yang melalui titik utara dan titik selatan dan mawar pedoman di kapal di bawah pengaruh magnetisme bumi bersama – sama dengan magnetisme kapal)
d.     Haluan Sejati dikurangi Sembir
e.      Haluan Magnet dikurangi Deviasi
Haluan Sejati adalah haluan yang ditunjukkan oleh arah utara-selatan sejati; haluan magnetis + variasi; haluan pedoman + sembir
Haluan yang dikemudikan adalah haluan yang ada pada steering (kemudi) kompas.
Haluan yang dilayari adalah haluan yang dilalui kapal sesungguhnya.
Head Line adalah tali depan atau tali yang dipasang di haluan kapal, yang mengarah ke depan
IALA (International Association of Lighthouse Authorities) adalah suatu organisasi non-pemerintah yang anggotanya diwakili oleh masyarakat seluruh dunia yang berkecimpung dalam bidang Sarana Bantu Navigasi Pelayaran
IALA Maritime Bouyage System adalah sistem pelampungan Maritim IALA; ditetapkan 2 (dua) region yaitu region A dan region B
Ilmu Pelayaran adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengajarkan untuk melayarkan kapal dari suatu tempat ke tempat lain dengan aman, cepat, effisien dan ekonomis serta selamat sampai tujuan. Ilmu pelayaran (ilmu navigasi) dibagi menjadi 3 (macam) diantaranya: ilmu pelayaran datar, ilmu pelayaran astronomis, ilmu pelayaran elektronik
Ilmu Pelayaran Datar adalah ilmu pelayaran yang menggunakan benda-benda bumiawi; atau di dalam menentukan posisi kapal pada peta laut ditentukan berdasarkan penilikann-penilikan benda-benda bumiawi, misalnya: pulau, gunung, tanjung, suar, dll
Immediate Action Situation adalah situasi keadaan darurat yaitu adanya orang jatuh ke laut, dimana begitu korban jatuh ke laut, maka kejadian tersebut langsung diketahui oleh petugas anjungan dan tindakan menolongnya segera dilaksanakan (tanpa ditunda-tunda)
Improper Conor Look Out adalah pengamatan lingkungan terutama eksternal yang kurang baik, sehingga sering terlambat mendeteksi resiko darurat
In Adequacy & Confusion adalah kehilangan kontrol dan pikiran kalut karena dihinggapi perasaan kemungkinan penentuan posisinya salah dan tidak memperhitungkan apa akibat yang akan terjadi, biasanya karena kurang pengalaman
Inertia adalah suatu gaya yang dimiliki oleh sebuah benda yang berputar untuk mempertahankan kedudukannya terhadap angkasa
Inshore Traffic Zone adalah route yang dibuat antara batas daratan terhadap TSS dan daerah pantai disekitarnya
ISM (International Safety Management) Code adalah ketentuan Internasional tentang management untuk pengoperasian kapal secara aman, pencegahan pencemaran, dapat diubah (amended) oleh IMO
Isogone adalah garis yang menghubungkan tempat-tempat yang nilai variasinya sama
Isophase adalah sifat penerangan sebuah lampu pada buoy yang menyala hidup dan mati dengan interval tetap, dimana waktu menyalanya sama dengan waktu gelapnya
Jajar adalah lingkaran kecil yang sejajar dengan katulistiwa; sebuah lingkaran kecil di bumi yang ditarik sejajar dengan katulistiwa (evenaar, line, equator)
Jarak Henti  adalah waktu dan jarak yang ditempuh kapal mulai dari saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Jaringan Peta adalah gambaran derajah-derajah dan jajar-jajar di dalam peta, terdiri atas garis-garis lurus yang saling memotong tegak lurus
Kandas (Grounding) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan oleh kandasnya suatu kapal pada dasar perairan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan lingkungan
Katulistiwa adalah
a.      Lingkaran besar pada jarak 900 tegak lurus dari kutub-kutub.
b.      Irisan permukaan bumi dengan bidang yang melalui titik pusat bumi tegak lurus poros bumi .
c.       Sebuah lingkaran besar di bumi, dimana tiap titik dari padanya sama jauh dari kedua kutubnya.
Katulistiwa Angkasa adalah sebuah lingkaran besar di angkasa yang tegak lurus terhadap poros kutub utara dan kutub selatan angkasa
Kebakaran (Fire) adalah keadaan darurat yang disebabkan oleh kebakaran atau ledakan diberbagai tempat yang rawan di atas kapal yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan lingkungan
Kebocoran adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan karena masuknya air ke dalam ruangan kapal sehingga dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan lingkungan
Kecepatan Baling-Baling (s) adalah kecepatan teoritis dengan perhitungan putaran baling-baling dalam satu jam, dikalikan dengan kisar baling-baling (propeller pitch)
S = Kisar x RPM mesin x 60.
Kecepatan Ekonomis adalah besarnya tenaga pendorong yang dihasilkan efisien dengan besar dan kemampuan mesinya dengan bahan bakar yang sehemat mungkin.
Kepil, dikepil adalah ditambatkan; pengepilan =  penambatan
Kerangka Kapal adalah setiap kapal yang tenggelam atau kandas atau terdampar yang telah ditinggalkan
Kick (tendangan) adalah jarak dari garis haluan semula ketitik lintasan dari titik mana lingkaran putar mulai membelok kearah kemudian yang dikehendaki.
Kisar Baling-Baling (Propeller Pitch) adalah jarak yang ditempuh kapal, apabila baling-baling berputar 1 x 3600.
Kompas (Pedoman) adalah sebuah instrument navigasi untuk penunjuk arah; dikenal 2 jenis pedoman yaitu Pedoman magnet (Magnetic Compass) dan Pedoman Gasing (Gyro Compass)
Kutub Selatan adalah kutub yang mengarah ke sebelah selatan
Kutub Utara adalah kutub yang mengarah ke sebelah utara
Kutub-Kutub adalah titik potong poros bumi dengan permukaan bumi
Lalu adalah selisih duduk dari suatu waktu kewaktu yang ,lain misalnya duduk pw tanggal 20 dan duduk pw tanggal 25.
Lalu Lintas Damai (Innocent Passage) adalah pelayaran (melintasi laut wilayah dan perairan pedalaman dengan lintasan dari laut bebas ke suatu pelabuhan atau dari laut bebas ke laut bebas) yang tidak bertentangan dengan keamanan, ketertiban umum serta kepentingan lainnya yang menggaggu kepentingan dan perdamaian suatu negara.
LANDFALL adalah suatu tanda pengenal daratan
Langkah Harian adalah selisih duduk pw untuk 1 hari (24 jam).
LATA (Range) adalah selisih tinggi kedudukan air antara saat High Water dan saat Low Water yang selanjutnya

Laut Bebas adalah semua bagian laut yang tidak termasuk dalam laut territorial atau perairan pedalaman suatu negara

No comments:

Post a Comment

GUBERNUR SUMUT JANJILAH PADA RAKYAT SUMUT HARGA RUMAH DI BAWAH 50 JUTA

JIKA CALON GUBERNUR SUMUT PERIODE 2019 S.D 2024 BERJANJI ADA RUMAH HARGA DIBAWAH 50 JUTA DAN DP 0% MAKA DENGAN SUKA RELA SAYA BERJANJI ...