KAMUS TOL LAUT 62
GMDSS ( The Global Maritime Distress Safety System adalah kesepakatan
internasional pada prosedur keamanan, jenis perlengkapan, dan protokol
komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan untuk
menolong bahaya kapal, boat dan pesawat.
Globe (Bola Bumi) adalah bola, yang mana letak berbagai titik pada permukaan bumi satu sama
lain diberikan dalam perbandingan yang sebenarnya; sebuah bulatan yang
melukisikan bumi dengan skala kecil
Greenwich Hour Angle (GHA) adalah sudut jam barat Greenwich, adalah sebagian busur katulistiwa angkasa
diukur dari meridian angkasa Greenwich ke arah barat sampai meridian angkasa
yang melalui benda angkasa dihitung dari 00 sampai 3600
Gyro Compass adalah
pedoman yang di gunakan untuk menentukan arah di laut baik berupa haluan kapal
atau baringan yang mengguna-kan prinsip pedoman gasing (gyroscope ) dan
menggunakan tenaga listrik.
Gyro Error adalah kesalahan penunjukan pada system gyro terhadap arah utara/selatan bumi.
Haluan (garis pada peta) adalah garis lurus di peta yang ditarik dan direncanakan untuk di lalui
kapal.
Haluan magnetis (Hm) adalah sudut antara garis lunas kapal dengan garis U-S
magnetis, atau sudut yang dibentuk oleh arah utara magnetis (Hm) dengan haluan
kapal (Um dan Hk)
Haluan Pedoman adalah
a.
Haluan yang ditunjukkan oleh mawar pedoman di kapal.
b.
Arah pedoman dari garis Horisontal yang terletak pada bidang lunas dan
tinggi muka yang mengarah ke muka kapal.
c.
Sudut antara garis lunas dan garis utara/selatan di kapal (garis yang
melalui titik utara dan titik selatan dan mawar pedoman di kapal di bawah
pengaruh magnetisme bumi bersama – sama dengan magnetisme kapal)
d.
Haluan Sejati dikurangi Sembir
e.
Haluan Magnet dikurangi Deviasi
Haluan Sejati adalah
haluan yang ditunjukkan oleh arah utara-selatan sejati; haluan magnetis +
variasi; haluan pedoman + sembir
Haluan yang dikemudikan adalah haluan yang ada pada steering (kemudi) kompas.
Haluan yang dilayari adalah haluan yang dilalui kapal sesungguhnya.
Head Line adalah tali
depan atau tali yang dipasang di haluan kapal, yang mengarah ke depan
IALA (International Association of Lighthouse Authorities) adalah suatu organisasi non-pemerintah yang anggotanya
diwakili oleh masyarakat seluruh dunia yang berkecimpung dalam bidang Sarana
Bantu Navigasi Pelayaran
IALA Maritime Bouyage System adalah sistem pelampungan Maritim IALA; ditetapkan 2 (dua) region yaitu
region A dan region B
Ilmu Pelayaran adalah suatu
ilmu pengetahuan yang mengajarkan untuk melayarkan kapal dari suatu tempat ke
tempat lain dengan aman, cepat, effisien dan ekonomis serta selamat sampai
tujuan. Ilmu pelayaran (ilmu navigasi) dibagi menjadi 3 (macam) diantaranya:
ilmu pelayaran datar, ilmu pelayaran astronomis, ilmu pelayaran elektronik
Ilmu Pelayaran Datar adalah ilmu pelayaran yang menggunakan benda-benda bumiawi; atau di dalam
menentukan posisi kapal pada peta laut ditentukan berdasarkan
penilikann-penilikan benda-benda bumiawi, misalnya: pulau, gunung, tanjung,
suar, dll
Immediate Action Situation adalah situasi keadaan darurat yaitu adanya orang jatuh ke laut, dimana
begitu korban jatuh ke laut, maka kejadian tersebut langsung diketahui oleh
petugas anjungan dan tindakan menolongnya segera dilaksanakan (tanpa
ditunda-tunda)
Improper Conor Look Out adalah pengamatan lingkungan terutama eksternal yang kurang baik, sehingga
sering terlambat mendeteksi resiko darurat
In Adequacy & Confusion adalah kehilangan kontrol dan pikiran kalut karena dihinggapi perasaan
kemungkinan penentuan posisinya salah dan tidak memperhitungkan apa akibat yang
akan terjadi, biasanya karena kurang pengalaman
Inertia adalah suatu gaya
yang dimiliki oleh sebuah benda yang berputar untuk mempertahankan kedudukannya
terhadap angkasa
Inshore Traffic Zone adalah route yang dibuat antara batas daratan terhadap TSS dan daerah
pantai disekitarnya
ISM (International Safety Management) Code adalah ketentuan Internasional tentang management untuk
pengoperasian kapal secara aman, pencegahan pencemaran, dapat diubah (amended)
oleh IMO
Isogone adalah garis yang
menghubungkan tempat-tempat yang nilai variasinya sama
Isophase adalah sifat
penerangan sebuah lampu pada buoy yang menyala hidup dan mati dengan interval
tetap, dimana waktu menyalanya sama dengan waktu gelapnya
Jajar adalah lingkaran
kecil yang sejajar dengan katulistiwa; sebuah lingkaran kecil di bumi yang
ditarik sejajar dengan katulistiwa (evenaar, line, equator)
Jarak Henti adalah waktu dan jarak yang ditempuh kapal mulai dari
saat mesin mundur sampai kapal berhenti.
Jaringan Peta adalah
gambaran derajah-derajah dan jajar-jajar di dalam peta, terdiri atas
garis-garis lurus yang saling memotong tegak lurus
Kandas (Grounding) adalah suatu keadaan darurat yang disebabkan oleh kandasnya suatu kapal
pada dasar perairan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga dapat
membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan lingkungan
Katulistiwa adalah
a.
Lingkaran besar pada jarak 900
tegak lurus dari kutub-kutub.
b.
Irisan permukaan bumi dengan bidang
yang melalui titik pusat bumi tegak lurus poros bumi .
c.
Sebuah lingkaran besar di bumi, dimana
tiap titik dari padanya sama jauh dari kedua kutubnya.
Katulistiwa Angkasa adalah
sebuah lingkaran besar di angkasa yang tegak lurus terhadap poros kutub utara
dan kutub selatan angkasa
Kebakaran (Fire)
adalah keadaan darurat yang disebabkan oleh kebakaran atau ledakan diberbagai
tempat yang rawan di atas kapal yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta
benda, dan lingkungan
Kebocoran adalah
suatu keadaan darurat yang disebabkan karena masuknya air ke dalam ruangan
kapal sehingga dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda, dan lingkungan
Kecepatan Baling-Baling (s) adalah kecepatan teoritis dengan perhitungan putaran baling-baling dalam
satu jam, dikalikan dengan kisar baling-baling (propeller pitch)
S = Kisar x RPM mesin x 60.
Kecepatan Ekonomis adalah besarnya tenaga pendorong yang dihasilkan efisien dengan besar dan
kemampuan mesinya dengan bahan bakar yang sehemat mungkin.
Kepil, dikepil adalah
ditambatkan; pengepilan = penambatan
Kerangka Kapal adalah
setiap kapal yang tenggelam atau kandas atau terdampar yang telah ditinggalkan
Kick (tendangan) adalah jarak dari garis haluan semula ketitik lintasan dari titik mana
lingkaran putar mulai membelok kearah kemudian yang dikehendaki.
Kisar Baling-Baling (Propeller Pitch) adalah jarak yang ditempuh kapal, apabila baling-baling
berputar 1 x 3600.
Kompas (Pedoman) adalah sebuah instrument navigasi untuk penunjuk arah; dikenal 2 jenis
pedoman yaitu Pedoman magnet (Magnetic Compass) dan Pedoman Gasing (Gyro
Compass)
Kutub Selatan adalah kutub
yang mengarah ke sebelah selatan
Kutub Utara adalah kutub
yang mengarah ke sebelah utara
Kutub-Kutub adalah titik
potong poros bumi dengan permukaan bumi
Lalu adalah selisih
duduk dari suatu waktu kewaktu yang ,lain misalnya duduk pw tanggal 20 dan
duduk pw tanggal 25.
Lalu Lintas Damai (Innocent Passage) adalah pelayaran (melintasi laut wilayah dan perairan
pedalaman dengan lintasan dari laut bebas ke suatu pelabuhan atau dari laut
bebas ke laut bebas) yang tidak bertentangan dengan keamanan, ketertiban umum
serta kepentingan lainnya yang menggaggu kepentingan dan perdamaian suatu
negara.
LANDFALL adalah suatu
tanda pengenal daratan
Langkah Harian adalah
selisih duduk pw untuk 1 hari (24 jam).
LATA (Range) adalah
selisih tinggi kedudukan air antara saat High Water dan saat Low Water yang
selanjutnya
Laut Bebas adalah semua
bagian laut yang tidak termasuk dalam laut territorial atau perairan pedalaman
suatu negara
No comments:
Post a Comment