PERKEMBANGAN
PELABUHAN DUNIA
Kapasitas
perekonomian di suatu negara bisa diukur salah satunya dengan melihat besarnya
kapasitas pelabuhan laut di negera tersebut. Pelabuhan laut (seaport) yang
dimaksudkan adalah pelabuhan pemuatan barang untuk keperluan keluar dan masuk
ke pelabuhan. Fungsinya sangat strategis, karena menjadi penentu gerak perekonomian
di suatu negara. Berikut ini akan diulas mengenai 10 pelabuhan laut terbesar di
dunia. Di manakah ranking pelabuhan laut utama di Indonesia?
Pelabuhan laut yang dibahas di sini adalah jenis pelabuhan laut untuk perdagangan luar negeri (berdasarkan PP No 69 Tahun 2001). Aktivitasnya meliputi bongkar muat, penyimpanan kargo (transito), dan persinggahan kapal jenis petikemas. Pelabuhan laut semacam ini disinggahi oleh kapal-kapal berbendera nasional maupun internasional (berdasarkan persetujuan bilateral). Fasilitas yang tersedia berupa dermaga, crane (alat untuk bongkar muat petikemas), dan gudang (transito). Kapasitas pelabuhan laut diukur berdasarkan banyaknya muatan yang bisa disimpan yang dinyatakan dalam satuan twenty-foot equivalent unit atau disingkat TEU. Untuk satu kontainer dengan panjang 20 kaki (feet) adalah ekuivalen dengan 1 TEU. Satuan kapasitas lainnya yang digunakan berdasarkan volume kargo atau berdasarkan tonase bongkar muat pelabuhan.
Pelabuhan laut yang dibahas di sini adalah jenis pelabuhan laut untuk perdagangan luar negeri (berdasarkan PP No 69 Tahun 2001). Aktivitasnya meliputi bongkar muat, penyimpanan kargo (transito), dan persinggahan kapal jenis petikemas. Pelabuhan laut semacam ini disinggahi oleh kapal-kapal berbendera nasional maupun internasional (berdasarkan persetujuan bilateral). Fasilitas yang tersedia berupa dermaga, crane (alat untuk bongkar muat petikemas), dan gudang (transito). Kapasitas pelabuhan laut diukur berdasarkan banyaknya muatan yang bisa disimpan yang dinyatakan dalam satuan twenty-foot equivalent unit atau disingkat TEU. Untuk satu kontainer dengan panjang 20 kaki (feet) adalah ekuivalen dengan 1 TEU. Satuan kapasitas lainnya yang digunakan berdasarkan volume kargo atau berdasarkan tonase bongkar muat pelabuhan.
Kita mulai ulasannya
dengan 10 pelabuhan terbesar di dunia berdasarkan satuan TEU untuk tahun 2011.
Sayangnya penulis belum mendapatkan daftar lengkap dari sumber AAPA yang baru
merilis laporan untuk tahun 2010.
1. Port of Shanghai (China): 29 Juta TEUs
Cukup mengejutkan,
karena Port of Shanghai pada tahun 2011 masih mampu melampaui Port of Singapore
sejak tahun 2010. Pelabuhan Shanghai memiliki peran ganda, yaitu sebagai
pelabuhan laut dan sekaligus pelabuhan sungai (terletak di muara sungai
Yangtze). Pada tahun 2011 lalu, tercatat lalu lintas pemuatan kargo sebanyak 29
juta TEUs. Pelabuhan Shanghai menjadi urat nadi bagi perekonomian di kawasan
lain, seperti Propinsi Zhejiang, Propinsi Jiangsu, dan Propinsi Henan.
2. Port of Ningbo-Zhoushan (China)
2. Port of Ningbo-Zhoushan (China)
Pelabuhan laut ini
sebenarnya merupakan gabungan dua pelabuhan lama, yaitu Ningbo Port dan
Zhoushan Port. Penggabungan dilakukan pada tahun 2006 untuk memudahkan
pengelolaan perairan di dalam satu koordinasi pelabuhan laut. Pelabuhan Ningbo
sendiri senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut di dunia.
Dengan penggabungan tersebut, secara perlahan posisinya mulai merangkak, bahkan
mampu menggeser posisi Port of Singapore. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan sekaligus
mengakomodasi angkutan laut untuk tiga sungai utama, yaitu Sungai Yangtze,
Sungai Yong, dan Sungai Qaintang. Hingga saat ini, pelabuhan tersebut masih
dalam tahap perluasan dan renovasi yang akan rampung pada tahun 2014 nanti.
3. Port of Singapore (Singapore)
Pelabuhan Singapura
sebenarnya merupakan pelabuhan laut paling besar dan paling sibuk di kawasan
Asia Tenggara. Dalam rangking dunia, Port of Singapore senantiasa menempati
peringkat kedua dan ketiga sejak tahun 2008. Hebatnya lagi, Singapura merupakan
satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah paling kecil.
Pelabuhan Singapura terhubung dengan sebanyak 600 pelabuhan di seluruh dunia
dan ada sebanyak lebih dari 100 negara yang berhubungan dengan pelabuhan laut
Singapura. Pelabuhan ini juga difungsikan untuk mengelola kargo minyak di mana
terdapat sebanyak hampir 50% minyak mentah dunia transit di Singapura.
4. Port of Rotterdam (Belanda)
Pelabuhan Rotterdam
merupakan satu-satunya pelabuhan laut terbesar di Eropa. Nama Port of Rotterdam
sebelumnya sempat menjadi pelabuhan laut terbesar di dunia untuk kurun waktu 42
tahun lamanya, yaitu dari tahun 1962 hingga 2004. Pelabuhan ini pula
satu-satunya pelabuhan di Eropa yang masuk ke dalam daftar 10 besar pelabuhan
terbesar versi AAPA.
5. Port of Tianjin (China)
Pelabuhan Tianjin
terletak di sepanjang bagian ujung muara Sungai Haihe. Saat ini, pelabuhan ini
telah terhubung dengan lebih dari 400 pelabuhan laut di dunia dan dikunjungi
oleh kapal-kapal lebih dari 200 negara. Angka tersebut masih dimungkinkan untuk
mengalami kenaikan hingga 4 tahun mendatang, mengingat kapasitas pelabuhan ini
belum mencapai tahap optimal. Di China sendiri, Pelabuhan Tianjin merupakan
pelabuhan laut terbesar ketiga dan terbesar untuk kawasan China Utara.
6. Port of Guangzhou (China)
Propinsi Guangzhou
merupakan salah satu propinsi industri besar di China. Pelabuhan Guangzhou
sendiri merupakan pelabuhan laut terbesar di kawasan China bagian Selatan. Saat
ini, Pelabuhan Guangzhou telah terhubung dengan lebih dari 300 pelabuhan utama
di dunia dan dikunjungi oleh kapal yang berasal dari lebih 100 negara. Keberadaan
pelabuhan ini menjadi penopang bagi aktivitas perindustrian di Propinsi
Guangxi, Yunnan, Hunan, dan Jiangxi.
7. Port of Qingdao (China)
Pelabuhan Qingdao
terletak berselebahan dengan Sungai Kuning di Semenanjung Shandong. Letaknya
pula sebenarnya bisa dikatakan di antara dua raksasa bisnis Asia, yaitu Jepang
dan Korea Selatan. Saat ini, Pelabuhan Qingdao telah terhubung dengan lebih
dari 450 pelabuhan laut utama di dunia dan sebanyak lebih dari 130 negara.
8. Qinhuangdao Port (China)
8. Qinhuangdao Port (China)
Pelabuhan Qinhuangdao
merupakan pelabuhan utama masuk dan keluar batu baru di China selama lebih dari
tiga dekade. Pelabuhan ini dikenal pula pelabuhan pemuatan batu bara terbesar
di dunia. Hampir sebanyak 50% batu baru akan didistribusikan ke bagian Utara
dan Selatan China.
9. Hong Kong Port (China)
Hong Kong merupakan
sebuah pulau kecil yang letaknya terpisah dari China daratan. Lokasinya cukup
ideal untuk dibuatkan menjadi pelabuhan laut. Hong Kong pula termasuk berada di
tengah jalur lalu lintas perdagangan dunia. Pelabuhan Hong Kong selama
senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut terbesar versi AAPA
untuk berbagai kategori. Sebelum kembali ke China pada tahun 1997, Pelabuhan
Hong Kong merupakan jantung perekonomian di negara kecil tersebut.
10. Port of Busan
(Korea Selatan)
Pelabuhan yang
dikenal juga dengan nama Port of Pusan ini memiliki ukuran luas terbesar dari
ukuran luas wilayah kota di Korea Selatan. Letaknya persis di bagian muara
Sungai Naktong serta menghadap ke jalur lalu lintas perdagangan laut (Samudera
Pasifik). Port of Busan termasuk menjadi pelabuhan penghubung di Samudera
Pasifik. Kabar terakhir, pelabuhan ini akan dikembangkan perluasan dan
kapasitasnya yang baru akan rampung pada tahun 2015.
20 Besar Pelabuhan Laut Tahun 2010
Data terakhir yang
dirilis oleh AAPA mengenai perangkingan pelabuhan laut adalah tahun 2010.
Ulasan di atas untuk periode tahun 2011 berdasarkan perkiraan sementara laporan
AAPA yang belum meliputi seluruh pelabuhan laut di dunia. Berikut ini disajikan
daftar 20 besar pelabuhan laut berdasarkan satuan volume (tonase) dan tingkat
kepadatan lalu lintas (TEU).
Dari 20 besar pelabuhan laut tahun 2010 terlihat masih didominasi oleh Asia. Berdasarkan volume, terdapat sebanyak 14 pelabuhan laut di Asia yang masuk ke peringkat 20 besar di mana sebanyak 9 pelabuhan di antaranya berasal dari China. Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dan Australia masing-masing menempatkan sebanyak 2 pelabuhan ke dalam peringkat 20 besar. Begitu pula berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas, terdapat sebanyak 13 pelabuhan laut berasal dari Asia. China masih mendominasi dengan sebanyak 8 pelabuhan lautnya. Eropa dan Amerika Serikat masing-masing menempatkan 3 pelabuhannya ke dalam ranking 20 besar tersebut. Cukup mengejutkan, terdapat dua pelabuhan laut dari Malaysia yang menempatkan dirinya masuk ke dalam ranking 20 besar berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas pelabuhan (TEU).
Daftar lengkap World
Port Ranking 2010 yang dikeluarkan oleh AAPA bisa diunduh di sini (WPR AAPA 2010).
No comments:
Post a Comment